Skip to main content

Hal-hal yang perlu diperhatikan Seputar Perawatan Processor

Hal-hal yang perlu diperhatikan Seputar Perawatan Processor

Hal-hal yang perlu diperhatikan Seputar Perawatan Processor - Processor merupakan komponen yang sangat penting dan bertindak sebagai otak sistem komputer dan berfungsi melakukan perhitungan dan menjalankan sebuah tugas. Semakin cepat processor dalam mengolah data, maka semakin banyak pula panas yang dikeluarkan.

Oleh sebab itu, pemantauan terhadap panas ini mutlak harus Kamu perhatikan. Jika tidak, bisa berakibat fatal, yaitu processor akan rusak total. Terkadang Kita mengabaikan kebersihan dari setiap komponen komputer. Membiarkan jika ada kotoran seperti debu menempel pada perangkat yang digunakan. Padahal debu yang melekat kuat merupakan masalah utama pada komponen ini. Debu dapat mengganggu proses pelepasan panas dari processor. 


Baca juga:


Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan seputar perawatan processor.

  1. Gunakan fan serta heatsink yang sesuai peruntukkannya. Pilihlah fan yang berputar kencang dan memiliki putaran minimal 5400 rpm.
  2. Jika memungkinkan, gunakan heatsink dan fan yang lebih besar.
  3. Pastikan tangan tidak basah oleh keringat ketika menangani komponen ini. Jika memungkinkan, gunakan sarung tangan khusus.
  4. Bersihkan debu dengan menggunakan kuas kecil atau vacum cleaner.
  5. Akan lebih baik jika heatsink dan fan dilepas agar proses pembersihan berlangsung sempurna. Namun, lakukan dengan hati-hati.
  6. Bersihkan bilah-bilah fan bagian atas dan bawah dengan menggunakan cotton buds yang telah dibasahi cairan pembersih.
  7. Lumasi poros fan agar putaran berjalan lancar.
  8. Pasang kembali heatsink dan fan-nya dengan benar. Jangan lupa mengoleskan thermal paste antara permukaan processor dan heatsink agar proses konduksi panas berjalan sempurna. Pastikan keduanya melekat erat.
  9. Pastikan konektor catu daya fan telah terhubung dengan baik.

Itulah 9 hal yang perlu Kamu perhatikan saat melakukan perawatan Processor. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar