Pengalaman Test dan Wawancara Kerja

Semua berawal saat saya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan sebagai Tenaga Ahli IT, kalau lebih spesifiknya yaitu ke pengembangan Website, dengan kualifikasi diantaranya adalah familiar dengan CMS dan suka menulis. Tidak tahu ini kebetulan atau tidak, saat itu memang saya sedang semangat-semangatnya menulis dan otak atik CMS.

Oh iya, informasi rekrutmen tenaga ahli IT tersebut saya dapatkan dari seorang ketua dari sebuah organisasi pemerintahan. Kebetulan satu tahun yang lalu, beliau juga yang memberikan informasi saat saya lulus seleksi administrasi pada instansi yang saya apply lamaran kerja dan di instansi yang sama pula, hanya saja waktu itu saya tidak lolos saat tes praktek kompetensi. 

Ok, Tak perlu berpikir lama-lama untuk melamar pekerjaan, saya langsung mempersiapkan lamaran pekerjaan beserta cv, lengkap dengan surat keterangan sehat dan SKCK. Saat itu juga, saya langsung bergegas pergi ke tempat instansi yang membuka lowongan pekerjaan untuk menyerahkan CV.

3 hari kemudian, tepatnya tanggal 25 Januari 2020 hari sabtu, saya cek website penuh rasa antusias mengklik tab pengumuman Hasil Seleksi Administrasi. Alhamdulillah nama saya adalah salah satu peserta yang lulus dari sekian banyak peserta lulus seleksi administrasi, ada 44 orang.

Hari selasa tanggal 28 Januari 2020 merupakan jadwal pelaksanaan seleksi rekrutmen dengan 3 tahapan, yaitu ujian tertulis, ujian praktek dan wawancara.

Singkat cerita, dimulailah ujian tertulis kurang lebih selama 60 menit, dan saya mendapatkan peringkat ke 3 dari 6 peserta. Dikarenakan dari sekian banyak peserta yang lulus seleksi administrasi, hanya 6 peserta yang hadir.

Setelah proses ujian tulis selesai, ada waktu istirahat 30 menit, kemudian saya bersama 2 orang teman yang kebetulan seangkatan waktu kuliah pergi makan dan sholat dulu.

30 menit berlalu, saya dan peserta yang lain bersiap-siap menyalakan laptop untuk test praktek. Di sela-sela waktu mempersiapkan, saya berdo'a semoga apa yang diujiankan bisa saya kerjakan dengan benar.

Test praktekpun berlangsung, para peserta test praktek diberi satu lembar kertas prototype, skema membuat sebuah website. Saya bisa senyum, penuh dengan rasa keyakinan bahwa saya pasti bisa mengerjakan soal ini dengan benar.

Dan memang iya, semua yang saya harapkan ternyata berjalan sebagaimana mestinya, dari 7 peserta diambil 3 terbaik, tak disangka saya mendapat peringkat pertama terbaik dari 3 peserta ujian saat itu.

Waktunya test wawancarapun tiba, saya mendapat giliran ke 4. Saat saya dipanggil, dipersilahkan duduk dan perkenalkan diri. Alhamdulillah proses perkenalan berjalan lancar. Saat tanya jawab pun saya bisa menjawab, walaupun ada beberapa pertanyaan yang mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Saat semua peserta ujian selesai melakukan test wawancara, tiba saatnya pengumuman hasil akhir. Hasil dimana hanya satu kandidat yang terpilih menjadi tenaga ahli. Semua peserta masuk ruangan, hanya saja ada 1 orang peserta yang mengundurkan diri, tersisa menjadi 5 orang peserta, saya duduk paling tengah, siap mendengarkan keputusan akhir.

Saya berdo'a dan mengadu, "Saya sudah melakukan yang terbaik, semampu saya. Jika saya diterima, berikanlah jalan agar saya dapat menjalankan kewajiban dengan lancar. Dan jika saya tidak diterima, berikan saya ketabahan untuk menghadapi semuanya." selesailah do'a saya saat itu.

Pada akhirnya, "Selamat kepada *****, besok hadir ya untuk tanda tangan kontrak."
Saat itu saya memang kecewa, hanya saja saya sanggup menerima. Saya bersyukur atas apa yang sudah saya usahakan. 

Pelajaran yang bisa saya dapatkan, sekeras apapun usaha dan setulus apapun berdo'a, kalo memang bukan rejekinya kita bisa apa. Tetap tambah lagi 1000% usahanya, tambah lagi 1000% do'a nya, pasti ada yang lebih baik dari ini!
Next Post Previous Post
8 Comments
  • xxyourbay
    xxyourbay February 10, 2020 at 9:33 PM

    Serasa terinspirasi dari artikel ini min.

    • Rendi Riansyah
      Rendi Riansyah February 14, 2020 at 1:08 AM

      Terimakasih :)

  • WINDI YUNIARTI BADRIAH
    WINDI YUNIARTI BADRIAH February 16, 2020 at 8:03 PM

    Terbentur terbentur terbentur terbentuk, inspiratif min;')

    • Rendi Riansyah
      Rendi Riansyah February 23, 2020 at 12:31 AM

      Terimakasiiiiih

  • Unknown
    Unknown February 22, 2020 at 9:22 PM

    Semangat! Sangat menginspirasi :)

    • Rendi Riansyah
      Rendi Riansyah February 23, 2020 at 12:32 AM

      Terimakasih yaa ;)

  • Unknown
    Unknown May 5, 2020 at 12:27 PM

    Semangat kakak

    • Rendi Riansyah
      Rendi Riansyah May 5, 2020 at 12:38 PM

      Ahhhsiiaaapppp!

Add Comment
comment url