Skip to main content

Review Printer Epson L120 series + Spesifikasinya

printer



Review Printer Epson L120 – Sebagaimana telah diketahui, bahwa printer sebenarnya termasuk ke dalam output device berjenis hardcopy device yang mampu menampilkan hasil pengolahan data berbentuk hasil cetakkan diatas media kertas atau lainnya. 

Sebelumnya, anda pasti telah mengenal beberapa jenis teknologi printer secara umum, yaitu seperti dot matrix, inkjet dan laser.

Sebelum membahas inti dari artikel kali ini, saya akan membahas sedikit cara kerja dari printer inkjet. Kenapa inkjet? Karena merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Inkjet adalah teknologi cetak non-impact. Butiran tinta disemprotkan dari head catridge yang secara langsung menuju posisi tertentu pada sebuah media kertas untuk menciptakan suatu gambar (image).

Head printer men-scan halaman secara horizontal, menggunakan motor untuk menggerakkannya ke kanan dan ke kiri, sementara motor lainnya memutar kertas secara vertikal.

Setelah satu garis gambar dicetak, kemudian kertas bergerak dan siap untuk garis berikutnya. Untuk mempercepat pencetakkan, head printer tidak hanya mencetak satu baris (row) horizontal pixel tiap gerakkan, namun juga mencetak row vertical pada saat yang sama.

Cara Instalasi Printer
Cara menginstal sebuah printer pada laptop sangatlah mudah. Anda tinggal menghubungkan konektor kabel data printer ke port USB yang sesuai.

Pada umumnya, kabel data printer berjenis paralel port atau USB port. Untuk beberapa tipe printer, dianjurkan terlebih dahulu untuk tidak menyambungkan kabel data (atau menyalakan printer) pada I/O port sebelum diminta oleh sistem operasi.

Untuk praktik kali ini, printer yang digunakan adalah Epson L120 series. Untuk printer ini jangan sambungkan kabel USB kecuali diperintahkan. Anda bisa langsung masukkan CD, lalu ikuti petunjuk pada layar.

Namun, jika anda tidak memiliki CD/DVD drive, kunjungi situs web Epson untuk menginstal aplikasi.
https://support.epson.net/setupnavi/

Anda bisa membuka User’s Guide (Panduan Pengguna) dalam format pdf dari ikon pintasan, atau mengunduh versi terbaru dari situs web berikut.
https://www.epson.eu/en_EU/support

Printer Epson L120 series, memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Metode Cetak
:
InkJet
Maks. Besaran kertas
:
A4
Maks. Resolusi
:
720
Effective print resolution
:
720 x 720 dpi
Kecepatan cetak B/W
:
8.5 ipm
Kecepatan cetak warna
:
4.5 ipm ppm
Konektivitas
:
USB
Kesesuaian sistem operasi
:
Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7/8/8.1/10
Mac OS X 10.5.8, 10.6.x, 10.7.x, 10.8.x, 10.9.x
Input Tray #1
:
50 sheets, A4 Plain paper (75g/m²)
Duplex printing
:
Manual
Power consumption
:
Printing: Approx. 10W
Standby: Approx. 2.0W
Sleep: Approx. 0.6W
Power Off: Approx. 0.3W
Dimensi
:
461 x 215 x 130 mm (W x D x H)
Berat
:
2.4 kg
Consumables
:
Black Ink Catridge (T6641)
Cyan Ink Catridge (T6642)
Magenta Ink Catridge (T6643)
Yellow Ink Catridge (T6644)

Seperti dilansir pada halaman resmi Epson yang memiliki slogan berikut.

PRINTER DOKUMEN CEPAT DAN EFEKTIF DALAM UKURAN KOMPAK 

Printer sistem tangki tinta Epson L120 menghadirkan kinerja cepat dengan biaya operasional yang rendah untuk semua proyek pribadi dan pekerjaan Anda. 

Botol tinta hasil tinggi Kecepatan cetak hingga 8,5ipm untuk hitam-putih dan 4,5ipm untuk warna Ukuran yang kompak Garansi 2 Tahun atau 20.000 Halaman, mana yang lebih dulu.


Demikian review Printer Epson L120 series, semoga dapat bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar