Skip to main content

Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape di Word 2007

Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape di Word 2007 – Ketika Penulis sedang mengerjakan tugas, dan mengharuskan untuk mengetik di Microsoft Word, memang secara tampilan awal pasti posisi dokumennya itu potrait. Namun, dalam tugas yang sedang Penulis kerjakan ada beberapa data yang mengharuskan posisinya landscape. Contohnya seperti data yang menunjukkan tabel, grafik, gambar dan lain sebagainya.

Sebelum Penulis mengetahui cara untuk menggabungkan dokumen dalam posisi potrait dengan dokumen dalam posisi landscape, Penulis memanfaatkan fitur gabung file secara online. Itu memang cukup mudah, Kita dapat tarik dokumen yang akan digabung, kemudian dilepas. Setelah itu, akan segera di export dan dapat secara langsung diunduh.

Jika dibandingkan dengan tutorial yang sedang dibahas dalam artikel ini, menurut Penulis pribadi, cara ini lebih mudah. Tentunya Kamu juga bisa lebih hemat dalam penggunaan kuota internet, kecuali jika Kamu adalah seorang Sultan. Tentunya tidak akan peduli dengan kalimat barusan. Hehe

Kamu dapat membuat dokumen yang sudah diketik pada Microsoft Word dengan posisi Potrait dan Landscape, walaupun dalam satu data dokumen. Bukan hanya posisi dokumen, Kamu juga dapat mengatur pada kertas yang memiliki ukuran berbeda. Penulis berikan contoh, misalnya dalam lembar ke 1 ukuran kertasnya F4 dan lembar ke 2 ukuran kertasnya A4.

Baiklah, langsung simak saja ya. Berikut adalah cara untuk menggabungkan potrait dan landscape dalam satu file dokumen di Microsoft Word.

Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape dalam Satu File Dokumen di Microsoft Word

Pada poin yang Pertama, Kamu klik Page Layout > Page Setup, Kamu klik anak panah yang mengarah ke bawah (posisi berada di sebelah pojok kanan bawah tools Page Setup). Untuk lebih jelasnya, Kamu dapat lihat pada gambar dibawah.

 


Untuk poin yang Kedua, setelah Kamu mengikuti langkah poin Pertama dengan benar seperti gambar diatas, Lanjutkan dengan memilih posisi lembar dokumen yang ingin Kamu ubah posisinya menjadi Landscape (Kamu dapat melihat gambar, seperti nomor 3). Setelah itu, pada bagian kiri bawah ada menu drop down Apply to, Kamu pilih saja This point forward, Kemudian akhiri dengan menekan tombol OK pada jendela Page Setup.


Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Ketika Kamu selesai mengetik pekerjaan pada lembar yang pertama dalam posisi Potrait. Sebelum mengatur Page Layout pada Page Setup di lembar yang kedua, jangan lupa untuk klik Insert > Blank Page. Baru Kamu mengatur  posisi lembar yang ingin Kamu ubah posisinya menjadi Landscape.

Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa lihat video berikut ini.

Dalam pembuatan Artikel ini, Penulis menggunakan Microsoft Office versi 2010. Meskipun begitu, jika Kamu menggunakan Microsoft Office dengan versi yang berbeda seperti Microsoft Office versi 2007, 2013 dan yang lainnya, langkah-langkah dalam mengatur posisi atau orientasi Potrait dan Landscape, tentunya tidak jauh berbeda.

Itulah Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape dalam Satu File Dokumen di Microsoft Word. Semoga dapat membantu pekerjaanmu dan bermanfaat. Penulis sangat senang, jika Kamu memberikan komentar atau semacam testimoni, apabila Kamu berhasil mengikuti langkah-langkah diatas.

Jangan lupa untuk bagikan Artikel ini, sehingga akan lebih banyak orang yang terbantu dengan cara sederhana ini.

Terimakasih J

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar