Skip to main content

4 Pertanyaan Jebakan Interview HRD

job
Wawancara Kerja


4 Pertanyaan Jebakan Interview HRD - Dalam tahapan seleksi penerimaan pegawai  karyawan, tentunya staff HRD akan mempersilahkan para pelamar kerja untuk memperkenalkan dirinya dan memberikan beberapa pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan kepada para kandidat atau para pelamar kerja. Termasuk pertanyaan jebakan yang terkadang kita masih bingung untuk menjawabnya.


Maka dari itu, sebelum kamu melakukan interview atau wawancara kerja, utamakan untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan benar-benar yakin atas jawaban yang nantinya akan kamu berikan kepada HRD.


Jawabanmu tidak perlu sama dengan jawaban yang ada pada artikel ini, kamu bisa melakukan improvisasi dengan gaya kamu sendiri, tentunya dengan sopan dan penuh percaya diri.


4 Pertanyaan Jebakan Interview HRD


Coba Sebutkan KELEBIHAN Anda!

Maksud dan tujuan HRD adalah:

- HRD ingin melihat apakah kamu adalah orang yang mengena potensi diri masing-masing atau tidak.


Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik:

HRD: Coba sebutkan kelebihan Anda!

Pelamar Kerja: Kelebihan saya dalam bidang pekerjaan, saya termasuk orang yang disiplin dan tepat waktu. Saya bisa mengerjakan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diberikan.


Maksudnya adalah kelebihan dalam bidang pekerjaan, dan tipsnya adalah ceritakan kelebihan kamu yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.


Coba sebutkan kelemahan Anda!

Maksud dan Tujuan HRD adalah:

- HRD ingin melihat apakah kamu adalah yang mengenal kelemahan diri kamu masing-masing atau tidak.

- HRD ingi mengetahui cara kamu dalam mengatasi kelemahan atau kekurangan pada diri kamu.

- HRD ingin melihat apakah kamu memiliki solusi dari masalah yang kamu hadapi


Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik

HRD: Coba sebutkan kelemahan Anda!

Pelamar Kerja: Kelemahan saya adalah orang yang pelupa. Namun, untuk mengatasinya, Saya selalu membuat catatan-catatan atau biasanya saya tulis dalam buku agenda saya.


Apa Motivasi Anda dalam bekerja?

Maksud dan Tujuan HRD:

- HRD ingin memeriksa besarnya motivasi kalian dalam bekerja

- HRD ingin melihat apakah kalian adalah orang yang termotivasi karena kebutuhan hidup semata atau karena hal lain


Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik

HRD: Apa motivasi Anda dalam bekerja?

Pelamar kerja: Tentunya dari bekerja, saya bisa mendapatkan penghasilan, selain itu saya juga termotivasi karena punya kesempatan belajar serta mengembangkan diri dalam karir dan bisa menjadi bagian dari perusahaan bapak/ibu.


Nah, itu adalah jawaban terbaik yang bisa kamu berikan kepada HRD, karena hakikatnya kita bekerja memang untuk mendapatkan penghasilan, namun selain itu kamu bisa memberikan keyakinan kepada HRD bahwa kamu adalah orang yang dicari untuk bisa mengembangkan perusahaan mereka.


Apa yang ingin Anda cari dalam 5 Tahun kedepan?

Maksud dan Tujuan HRD:

- HRD ingin mengetahui visi dan misi kamu dalam jangka panjang.

- HRD ingin melihat apakah kamu memiliki potensi untuk bekerja dalam waktu yang lama atau tidak dalam perusahaan yang kamu lamar.


Contoh Ilustrasi JAWABAN terbaik

HRD: Apa yang ingin Anda capai dalam 5 tahun kedepan?

Pelamar Kerja: Dengan kehadiran saya dalam 5 tahun kedepan, saya ingin perusahaan ini lebih maju, dan saya berharap diberikan kepercayaan untuk memegang jabatan dan tanggung jawab yang lebih.

***

Itulah 4 pertanyaan jebakan dari HRD saat interview kerja, semoga pengalaman yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Artikel ini saya kutip dari jurnalkerja, karena sangat sesuai dengan pengalaman yang sudah saya alami ketika melakukan test wawancara kerja. Terimakasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar