Skip to main content

Tips Merawat Laptop yang Baik

Tips Merawat Laptop yang Baik


Tips Merawat Laptop yang Baik - Tips yang akan Saya sampaikan pada artikel kali ini, merupakan pengalaman Saya sendiri dan juga pengalaman teman-teman dekat di sekitar Saya. Jadi, dikarenakan ini berdasarkan kisah nyata, seharusnya dengan adanya tips ini dapat membantu Kamu dalam merawat laptop biar awet.

Baca juga:

Cara Cek Spesifikasi Komputer

Cara Aktivasi Windows 7 32 Bit

Cara Menampilkan Partisi Harddisk yang Hilang


Simak! Tips Merawat Laptop yang Baik

1. Hindari guncangan saat membawa laptop

Satu hal yang seharusnya tidak Kamu lakukan dan tidak boleh menjadi kebiasaan adalah berjalan terburu-buru saat membawa laptop. Terutama jika laptop Kamu ini masih menggunakan harddisk, meskipun laptop berada di dalam tas, itu tidak menjamin laptop Kamu aman, karena laptop yang masih menggunakan harddisk, lebih rentan mengalami kerusakan disbanding dengan yang sudah menggunakan SSD.

Akibat guncangan saat dibawa jalan terburu-buru atau berlari seperti data yang corrupt, yang pada akhirnya mengharuskan Kamu untuk menggantinya dengan harddisk yang baru. Sebaiknya di hindari ya!


2. Jaga Suhu Laptop

Jaga suhu laptop agar tetap dingin. Karena pada dasarnya, Sebagian besar barang elektronik tidak dibolehkan dalam keadaan suhu yang panas. Karena hal tersebut akan membuat masa daya batre menjadi lebih pendek. Salah satu hal yang membuat suhu laptop menjadi lebih panas adalah Ketika ventilasi terhalang oleh sesuatu.

Contohnya, seperti saat menggunakan laptop dan menyimpannya diatas Kasur atau bantal. Itu seharusnya Kamu hindari saat menggunakan laptop. Karena dengan begitu ventilasi yang terhalang, akan mengakibatkan laptop menjadi panas. Sehingga nanti mengakibatkan batre cepat rusak.


3. Simpan Laptop di tempat yang bersih

Terkadang Kita sering mengabaikan kebersihan tempat untuk menyimpan laptop, contohnya membiarkan meja dengan kondisi berdebu. Padahal, meja itu sebenarnya merupakan tempat utama yang harus dijaga kebersihannya. Karena lama kelamaan, debu akan terakumulasi, masuk ke dalam kipas laptop, dan itu yang membuat laptop Kamu menjadi panas.


4. Cabut Perangkat yang tersambung pada Laptop dengan baik dan benar

Maksudnya adalah jangan mencabut Flashdisk atau kabel HDMI yang tertancap ke port laptop dengan cara digoyang-goyang. Karena itu akan mengakibatkan port menjadi lebih longgar dan efeknya akan membuat sebuah perangkat yang hendak ditancap, susah terdeteksi oleh laptop Kamu.

Untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk menarik Flashdisk atau kabel HDMI dengan posisi lurus, kemudian tarik sekuat tenaga.


5. Boleh saja di Sleep. Tapi..

Sebenarnya sleep itu tidak akan membuat laptop Kamu menjadi rusak. Karena sleep itu hanya membiarkan RAM “punya tenaga”. Karena Ketika RAM itu tidak mendapatkan arus listrik, maka otomatis akan terhapus isisnya. Dalam kondisi sleep, satu-satunya komponen yang menyerap tenaga dalam laptop adalah RAM. Jadinya saat kita menyalakannya Kembali, semuanya akan Kembali seperti semula.

Namun ternyata, apabila Kamu sering melakukan mati-hidupkan-mati-hidupkan laptop, justru itu yang lebih membahayakan laptop dibanding dengan Kamu membiarkan laptop dalam keadaan sleep.

Saran Saya, Ketika ada pekerjaan yang belum Kamu selesaikan, dalam jangka waktu yang tidak lama, dan mengharuskan Kamu untuk mengerjakan hal lain, itu tidak masalah jika laptopnya Kamu sleep. Akan tetapi, jika laptop Kamu ditinggal dengan waktu yang cukup lama, misalnya tidur, sebaiknya shutdown saja. Jadi intinya, jangan sleep terlalu lama juga, meskipun sleep itu tidak masalah dan sesekali shutdown laptop Kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar