Tuan Rumah Piala Dunia 2026 dan 2030

Tuan Rumah Piala Dunia 2026 dan 2030

Tuan Rumah Piala Dunia 2026 dan 2030 - Setelah berakhirnya Piala Dunia 2022 di Qatar, ternyata FIFA sudah menyiapkan rencana untuk turnamen selanjutnya yaitu di tahun 2026 dan bahkan rencana tersebut sudah dirangkai hingga tahun 2030, rencana yang telah dirangkai tentunya akan berpotensi menimbulkan kontroversi.


Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Timur Tengah dan secara geografis paling padat sejak edisi perdana turnamen pada tahun 1930. Piala Dunia FIFA 2022, bisa dikatakan unik dalam banyak hal, dengan jenis peluangnya dan tantangan terkait keberlanjutan tidak terkecuali.


Namun, untuk Piala Dunia FIFA 2026 akan menjadi yang pertama dipentaskan bersama oleh tiga negara, yaitu di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko, dan juga akan menyediakan panggung untuk ekspansi kontroversial ke 48 negara. 


Dengan melihat lebih jauh ke depan, kemungkinan besar tren menjadi tuan rumah yang diselenggarakan dibeberapa negara dapat berlanjut lagi pada tahun 2030.


Kapan Piala Dunia berikutnya?

Piala Dunia FIFA ke-23 diperkirakan akan diselenggarakan pada bulan Juni dan Juli 2026, dengan format diperpanjang karena penambahan tim menjadi 48 negara.


Keputusan untuk menambah jumlah tim kualifikasi awalnya mendapatkan kritik dari berbagai pihak, terutama dari negara-negara UEFA. Akan tetapi FIFA mendukung keputusannya di semua aspek turnamen Amerika Utara.


Aturan FIFA saat ini menyatakan bahwa pintu terbuka bagi negara mana pun untuk mengajukan tawaran di Piala Dunia 2030, asalkan sebelumnya belum pernah menjadi tuan rumah kompetisi dua kali, dengan Eropa dan Amerika Latin opsi yang paling mungkin untuk mengambil alih.


Di mana Piala Dunia 2026?

Tiga negara tuan rumah Piala Dunia 2026 yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Ketiga negara tersebut akan membagi pertandingan di antara mereka dengan pertandingan penyisihan grup tertentu yang berbasis di satu negara untuk mengurangi perjalanan.


Kanada telah mengkonfirmasi dua tempat, yaitu Commonwealth Stadium di Edmonton dan BMO Field di Toronto, ditambah tiga di Meksiko ditetapkan sebagai Estadio Azteca di Mexico City, Estadio BBVA di Monterrey dan Estadio Akron di Guadalajara.


Amerika Serikat juga akan mencakup sebagian besar pertandingan dengan Atlanta, Los Angeles, Bay Area, Seattle, Dallas, Houston, Kansas City, New York/New Jersey, Boston, Philadelphia, dan Miami dipilih dari 17 pilihan potensial yang diajukan oleh ketua turnamen.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url