Apa itu Pengayaan Data Facebook Ads?

Apa itu Pengayaan Data Facebook Ads?
Pengayaan Data

Apa itu Pengayaan Data Facebook Ads? - Seorang Digital Marketer saat ini memiliki akses ke data dalam jumlah besar, namun data tersebut tidak ada gunanya jika tidak relevan dan terkini. Dan masalahnya bukan hanya pada data yang kedaluwarsa. 


Informasi pelanggan dapat berasal dari berbagai sumber berbeda, termasuk formulir perolehan prospek, media sosial, dan panggilan penjualan. Ini berarti mungkin sulit untuk Kamu mendapatkan data, terutama jika Kamu tidak memiliki banyak informasi tentang pelanggan, seperti hanya nama atau alamat email mereka.


Apa itu Pengayaan Data? 

Pengayaan data adalah jenis integrasi data yang mengisi detail yang hilang untuk memberikan gambaran lengkap tentang pelanggan. Seringkali, Kamu hanya dapat mengetahui nama calon pelanggan, alamat email, dan data lainnya yang mungkin Kamu perlukan. Namun hal ini tidak cukup untuk menciptakan pesan terpersonalisasi yang benar-benar sesuai dengan mereka. 


Pengayaan data bekerja dengan menambahkan satu atau beberapa kumpulan data dengan atribut dan nilai lain dari titik dan sumber pengumpulan data yang berbeda. Misalnya, mungkin menggabungkan informasi pelanggan yang diperoleh dari panggilan penjualan dengan informasi perolehan prospek atau data dari media sosial dan analisis situs web. 


Pada intinya, pengayaan data memberikan Kamu kelompok data yang lebih baik, sehingga Kamu dapat membuat kampanye yang lebih berwawasan luas dan menjangkau orang yang tepat pada waktu yang tepat.

Baca juga:

Kumpulan Interest FB Ads


Pengayaan data Facebook Ads

Dilansir dari situs resmi Meta Business, Tahap pengayaan data merupakan periode ketika sistem penayangan masih harus mempelajari banyak hal tentang set iklan. Jadi, Selama tahap pengayaan data, sistem penayangan akan mencari cara terbaik untuk menayangkan set iklan, yaitu secara aktif bereksperimen dengan beragam audiens, dan penempatan iklan yang akan diterbitkan.


Pengayaan data CRM

Memasukkan pengayaan data dalam CRM akan meningkatkan pengalaman konsumen dan memungkinkan pendekatan yang lebih bertarget dan akurat dengan prospek. Selain itu, dengan data yang diperkaya, konsumen yang ada dapat dibina dengan lebih efisien dan efektif. 


Misalnya, setelah Kamu menyegmentasikan audiens di CRM, Kamu dapat menggunakan data tersebut untuk menargetkan ulang mereka dengan kampanye iklan yang dipersonalisasi.


Manfaat Pengayaan Data 

Manfaat pengayaan data cukup jelas, namun dapat membantu banyak aspek dalam menjalankan bisnis. Faktanya, perusahaan yang menggunakan pengayaan data mengalami pertumbuhan penjualan dan kepuasan pelanggan hingga 50% , sedangkan perusahaan yang memperkaya data dengan rencana pengelolaan data seluruh perusahaan dapat mencatat peningkatan ROI (Return on Investment) sebesar 2x. 


1. Kumpulkan Data Berharga

Yang pertama dan terpenting, data yang diperkaya membantu tim penjualan mengajukan pertanyaan yang tepat dan mengumpulkan informasi yang penting. Jika Kamu mengetahui bahwa jabatan atau nama perusahaan calon pelanggan sangat penting bagi upaya pemasaran, Kamu dapat memasukkannya ke dalam panggilan penjualan untuk memastikan Kamu mendapatkan datanya. 


2. Meningkatkan Akurasi Data

Pengayaan data memverifikasi informasi yang Kamu miliki agar data tetap mutakhir. Selain memantau informasi yang Kamu miliki dan melacaknya terhadap informasi baru yang Kamu dapatkan dari pelanggan, pengayaan juga dapat membantu memperbaiki kesalahan ketik dan menghapus entri ganda dengan membandingkan data dari sumber berbeda. 


3. Menghemat Waktu

Pengayaan data secara manual bisa sangat memakan waktu dan membosankan. Untungnya, ada banyak alat otomatisasi yang dapat membantu. Mengotomatiskan proses berarti Kamu tidak perlu memperkaya data secara manual dengan menjelajahi saluran dan sumber data yang berbeda, dan sebagai gantinya Kamu dapat mengumpulkannya secara autopilot dari berbagai tempat. Faktanya, 55% bisnis percaya bahwa manfaat terbesar otomatisasi terletak pada pengumpulan data.


Demikian penjelasan mengenai apa itu Pengayaan Data Facebook Ads. Dapatkan update terbaru terkait Digital Marketing dengan selalu kunjungi rendiriansyah.com. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Terimakasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url