Cara Membuka Presentasi Kelompok

Cara Membuka Presentasi Kelompok
Menyampaikan Informasi Grafik

Cara Membuka Presentasi Kelompok - Apakah saat ini Anda ditunjuk sebagai seorang moderator dalam sebuah kelompok presentasi? Lalu bingung bagaimana cara membuka presentasi kelompok dengan baik dan benar?

Tenang, Anda tidak perlu khawatir! Karena rendiriansyah.com akan memberi tahu Anda bagaimana cara membuka presentasi kelompok.

Sebelum ke pembahasan inti, mari simak terlebih dahulu definisi dari apa itu presentasi?

Presentasi merupakan sarana komunikasi yang dapat disesuaikan dengan berbagai situasi berbicara, misalnya saat hendak berbicara dengan kelompok tugas saat kuliah atau bahkan di sekolah, berpidato di pertemuan rapat atau pada saat Anda ingin memberikan pengarahan kepada tim.

Supaya presentasi Anda berjalan dengan lancar, persiapkan dan pahami semua materi serta perhatikan cara penyajian informasi harus dipertimbangkan dengan cermat. 

Jika Anda adalah seorang moderator, Anda harus bisa berkomunikasi dengan audiens. Penyampaian informasi dari seorang moderator, seringkali mengandung unsur "persuasif", karena disini Anda lah yang mengontrol keadaan. Ingat, bagaimanapun, ini juga termasuk menyerahkan kontrol kepada Anda, terutama jika Anda menginginkan interaksi.

Oleh karena itu, pada saat membuka presentasi, buatlah hal itu menjadi lebih menarik, supaya audiens tertarik dengan apa yang Anda sampaikan.

Lalu, Siapa disini yang ketika mau membuka presentasi masih seperti ini:

“Selamat pagi, saya Rizky Abdillah. Hari ini Saya akan presentasi tentang...”?

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kalimat di atas. Hanya saja, terkesan biasa dan terlihat membosankan. Supaya audiens terpukau dengan pembawaan Anda, cobalah menggunakan Teknik KaBiSa yaitu Kata Bijak, Topik, dan Salam.


Cara Membuka Presentasi Kelompok

1. Kata Bijak

Mulailah presentasi atau pemaparan dengan memberikan kata-kata bijak atau quote yang berkaitan dengan topik, untuk bisa menarik perhatian audiens di detik-detik pertama.

2. Topik

Setelah itu, sambungkan kata-kata bijak dengan topik utama yang akan dibawakan dalam presentasi. Berikan penekanan jika perlu.

3. Salam

Kemudian berikan salam pembuka dengan sapaan hangat dan perkenalan diri. Jangan lupa untuk memberikan senyuman dan antusiasme.

Contohnya:

“Ada peribahasa yang mengatakan bahwa Anda tidak punya kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama, seringkali kesan pertama ini datang dari kata-kata. Inilah topik pembahasan Saya pada hari ini. Selamat pagi, Saya Rendi Riansyah, salam kenal teman-teman semua.”


Keberhasilan dari sebuah kelompok presentasi dapat Anda lihat dan rasakan bagaimana reaksi audiens pada saat Anda menyampaikan pesan secara efektif, dan apakah itu memenuhi harapan mereka atau tidak. Bisa dilihat dengan cara mereka bertanya dan memberikan tanggapan.

Demikian informasi mengenai cara membuka presentasi kelompok. Terimakasih yang sudah berkunjung ke rendiriansyah.com. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url