9 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar

family

9 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar - Berikut ini merupakan beberapa hal kecil yang berpengaruh besar. Terkadang hal yang terlihat sepele dan diremehkan, ternyata itu adalah sesuatu yang sangat berarti. Coba sekarang kamu simak poin-poin dibawah ini!


1. “Maaf, tolong , terima kasih”

 


Biasakan berkata maaf, tolong dan terima kasih. Karena hal tersebut, akan berpengaruh besar terhadap kehidupan seseorang.

 

2. Menatap Lawan Bicara

 


Usahakan untuk sesekali menatap mata lawan bicara, karena hal itu merupakan tanda bahwa kamu menghargainya.

 

3. Lebih banyak mendengar

 


Maksudnya adalah dengarkan terlebih dahulu lawan bicaramu. Meskipun kamu belum bisa untuk memberikan solusi, itu tidak masalah. Karena pada dasarnya,seseorang yang sedang mencurahkan isi hati, lebih membutuhkan ceritanya untuk didengarkan.

 

4. Berkata baik atau diam

 


Nah ini nih yang susah, terkadang kita lebih banyak membicarakan hal-hal yang tidak penting, dibandingan dengan memilih diam. Padahal Rosululloh S.A.W telah bersabda , sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Kebijaksanaan terdiri atas 10 bagian. Sembilan diantaranya berasal dari mengasingkan diri (‘uzlah), sedangkan satu sisanya terdapat dari sikap diam.

 

5. Mengingat nama orang

 


Pada poin ini, merupakan hal yang sering dilupakan. Terkadang, Ketika kita bertemu dengan orang baru dan mencoba untuk berkenalan, menanyakan nama dan tempat tinggal. Tetapi beberapa jam kemudian kita lupa nama orang tersebut. Apa yang harus dilakukan?

 

Ini nih, cara paling ampuh untuk mengetahui nama dari orang yang baru kita temui. Cara ini sudah saya praktikan dan berhasil. Kamu coba minta nomor kontaknya dengan alasan ingin menjadi teman atau alasan apa saja yang menurutmu orang tersebut akan memberikannya. Kemudian tanyakanlah nama lengkapnya.

 

Dengan begitu, kamu tidak perlu bertanya nama dari orang yang baru kamu kenal, yang terlihat seolah kamu lupa namanya.

 

6. Tepat waktu saat janjian

 


Waktu adalah uang. Apapun definisinya, berusahalah untuk tepat waktu saat janjian. Jangan ada yang menunggu atau ditunggu. Apabila kamu ternyata tidak bisa tepat waktu sampai ditempat yang telah dijanjikan, paling tidak kamu memberi kabar kepada orang yang sudah ada janji untuk ketemu, beritahu orang itu bahwa kamu akan telat.

 

7. Dokumentasikan keberhasilanmu

 


Saat kamu berhasil menjadi ranking pertama di kelas atau jabatanmu naik di kantor, coba deh dokumentasikan keberhasilanmu itu. Karena, suatu saat nanti kamu akan ingat kembali saat Kamu berjuang untuk meraih keberhasilanmu itu.

 

8. Apresiasi rekan kerja

 


Rekan kerja sudah membantumu dalam sebuah pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawabmu, coba berikan apresiasi apapun yang semisalnya dapat membuatnya senang.

 

9. Makan siang Bersama

 


Untuk menambah kekompakkan dilingkungan pekerjaan, cobalah sesekali agendakan untuk makan siang Bersama. Salah satu manfaat dari hal ini adalah kita dapat mengenal satu sama lain dengan rekan kerja.


Itulah 9 hal kecil yang sering kita anggap sepele, namun ternyata malah berpengaruh besar. Coba sebutkan tambahan, apabila ada kekurangan dari poin-poin diatas menurutmu! Terimakasih

Next Post Previous Post
2 Comments
  • ismailia
    ismailia April 18, 2021 at 4:03 AM

    Abis baca ini ngerasa diingetin, thanks kak

  • Son
    Son April 18, 2021 at 9:15 AM

    bener juga ya

Add Comment
comment url