Skip to main content

Kelebihan SSD dibandingkan HDD

Kelebihan SSD dibandingkan HDD


Sumber foto: Midasforce

Kelebihan SSD dibandingkan HDD - Pada artikel kali ini, Saya mau mengajak Kamu untuk mulai menggunakan SSD. Paling tidak, SSD ini dapat Kamu gunakan untuk Sistem Operasi dulu dan Saya mempunyai 3 alasan kenapa kita harus menggunakan SSD. 

 

1. Harga terjangkau

Sekarang harga SSD sudah mulai terjangkau dibandingkan dulu. Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa harga SSD itu masih tetap mahal jika dibandingkan dengan harga harddisk, apabila kita hanya melihat dari kapasitas saja. Tapi, untuk saat ini harga SSD ini tidak semahal dulu. Contohnya SSD yang Saya beli untuk Komputer di kantor yaitu Midasforce 512 GB, ini SSD SATA berkapasitas 512 GB yang memiliki harga sekitar 900 ribuan, ini tergantung belinya dimana atau ada promo atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa cek spesifikasinya di website resmi Midasforce.

Dulu, harga seperti itu paling Kamu dapat SSD dengan kapasitas 250 atau 256 GB saja, itupun dengan spesifikasi chip, yang biasa-biasa saja. Tapi dengan harga yang cukup dibilang murah, SSD ini memiliki spesifikasi seperti berikut

3D NAND

TLC HI-SPEED

SMART & TRIM SUPPORTED

Include SATA III 6GB/S

Read Up to 550 MB/s

Write Up to 500 MB/s

Jadi, kita sudah sepakat bahwa SSD di jaman sekarang itu sudah lebih terjangkau. Bahkan NVME SSD yang lebih kebut saja sekarang bisa kalian dapatkan dengan harga 1,2 juta sampai 1,5 juta dengan kapasitas 250 atau 256 GB. Bahkan apabila kita melihat ke SSD SATA sendiri, itu yang 120 atau 128 GB harganya sudah 300 ribuan. Jadi Saya rasa sudah tidak ada alas an lagi Sistem Operasi kita tidak menggunakan SSD.

 

2. Kecepatan

Lalu, yang kedua itu adalah soal kecepatan. Buat yang belum merasakan yang Namanya SSD, mendingan Kamu cobain dulu seberapa kencangnya SSD dan bedanya bagaimana Ketika Kamu menggunakan harddisk untuk Sistem Operasinya dan setelah Kamu menggunakan yang Namanya SSD. Saya jamin SSD akan mengubah pekerjaan Kamu menjadi lebih cepat dalam penggunaan komputer.

Coba dulu, paling tidak Kamu menggunakan SSD SATA. Untuk merknya bisa apa saja yang harganya lebih terjangkau. Karena SSD yang Saya gunakan ini budgetnya dari kantor, jadi tidak ada masalah dalam segi harga, karena yang terpenting adalah pekerjaan lebih efisien tanpa adanya hambatan.

Apalagi untuk Kamu yang menggunakan Sistem Operasi Windows 10, itu sebabnya jika Kamu masih menggunakan harddisk untuk Sistem Operasi, akan terasa lambat. Bukan soal booting saja, tapi missal start up, buka Google Chrome, itu bisa saja lama. SSD adalah hal konkrit, agar Sistem Operasi pada komputer atau laptop Kamu terasa sangat ringan.


3. Efisien

Yang ketiga adalah soal efisiensi. Pada SSD SATA 2,5 inch mungkin Kamu merasa ini cukup umum ukurannya. Tapi, ini tetap lebih kecil daripada harddsik konvensional 3,5 inch yang bahkan tebalnya jauh di atas ini. Ditambah lagi, SSD lebih durable dibanding harddisk. Apabila Kamu pengguna laptop, jadi tidak perlu merasa khawatir, karena sering terkena guncangan saat dibawa pergi, karena ini adalah chip bukan piringan seperti harddisk.

Kemudian, jika Kamu menggunakan SSD juga tentu konsumsi daya dari PC Kamu itu akan jauh lebih irit. Karena konsumsi daya antara SSD dan juga harddisk itu memang lebih irit SSD. Lalu bisa saja komputer atau laptop Kamu itu jadi jauh lebih sunyi alias tidak berisik, karena SSD itu tidak ada piringan yang berputar. Sementara harddisk memiliki piringan yang berputar dan menghasilkan suara noise.

 

Baiklah, coba bagikan pengalaman Kamu di kolom komentar Ketika sebelum dan sesudah menggunakan SSD atau mungkin buat Kamu yang baru saja nih merasakan kencangnya menggunakan SSD.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar