Skip to main content

Perbandingan AMD dan INTEL

Perbandingan AMD dan INTEL
Sumber foto: AMD Radeon Graphics dan INTEL


Perbandingan AMD dan INTEL - Apabila Kamu diberikan pilihan, lebih pilih AMD atau INTEL? Ya, mungkin pertanyaan itu yang sering muncul ketika Kamu hendak merakit sebuah komputer. Karena kedua platform inilah yang paling banyak di pasaran. Processor adalah bagian yang paling penting dari sebuah komponen komputer, sehingga dalam menentukan pilihan pasti banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. 

Dan pada artikel kali ini, Saya akan coba sedikit jelaskan sesuai kemampuan, mengenai perbandingan antara processor AMD dan processor INTEL, mulai dari performa, kekurangan dan kelebihannya, kemudian generasi processor hingga dari harganya.

Baca juga:

Kelebihan SSD dibanding HDD

Tips Merawat Laptop yang Baik

Cara Cek Spesifikasi Komputer

Partisi Harddisk Hilang Saat Install Ulang

Cara Menyembunyikan File di Windows 10


Perbedaan antara AMD dan INTEL


Tipe Socket

Perbedaan yang paling utama antara processor AMD dengan processor INTEL adalah tipe socket yang digunakan. AMD pada kebanyak processor generasi terbarunya menggunakan tipe socket PGA (Pin Grid Array), yakni sebuah socket yang pin penghubung antara processor dengan motherboard terletak pada processornya itu sendiri.

Berbeda dengan INTEL yang kebanyakkan processor generasi terbarunya menggunakan socket tipe LGA (Land Grid Aray), dimana pada socket ini, pin penghubung antar processor dengan motherboard berada pada motherboardnya.

Kesimpulan yang paling mendasar adalah pada bentuk fisik processor dan juga socket dari motherboard itu sendiri.

 

Generasi Processor AMD dan INTEL

Selanjutnya adalah generasi dari processor. Dalam merakit sebuah komputer, pasti Kamu menginginkan sebuah sistem dengan processor generasi terbaru. Dengan menggunakan processor generasi terbaru, maka Kamu akan mendapatkan keuntungan seperti sudah supportnya RAM DDR4 Memory, dukungan storage generasi terbaru yang paling cepat dan masih banyak keuntungan lainnya, seperti komputer Kamu akan sangat kompatibel dengan aplikasi atau game keluaran terbaru.

Untuk generasi terbaru dari AMD, ada seri processor APU yang berada di generasi ke 7 dan yang paling terbaru ada di seri AMD RYZEN dan seterusnya. Kemudian di processor INTEL, ada di generasi 8 dan generasi terbarunya yaitu ke 9.

 

Performa, Grafis dan Harga AMD dan INTEL

Dibagian ini Saya akan mencoba menjelaskan alasan kenapa Kamu harus memilih antara AMD atau INTEL dari segi performa grafis dan harga dalam merakit sebuah komputer.

INTEL dan AMD sama-sama memproduksi beberapa varian processor dengan VGA yang terintegrasi. Perbedaanya adalah AMD menanamkan grafik processing unit ke dalam processor yang mereka produksi. Sehingga di dalam processor sudah terdapat VGA terintegrasi meski tanpa sebuah VGA tambahan sekalipun. Pemrosesan grafis akan tetap dikerjakan oleh sebuah processor tersendiri di dalamnya.

Sedangkan pada processor INTEL, mereka hanya memberikan kemampuan kepada chipset yang ada dalam motherboard. Agar processor bisa mengelola grafis tanpa membutuhkan VGA add ons. Inilah yang disebut dengan VGA onboard.

Untuk masalah performa grafis, tentu saja dalam hal ini AMD lebih powerful karena walaupun tanpa VGA tambahan, Kamu sudah bisa merasakan game terbaru. Namun processor INTEL sangat unggul Ketika digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas berat yang menyiksa processor. Secara umum, processor INTEL bisa jauh lebih baik dibanding processor AMD, jika digunakan untuk gaming. Dengan catatan, bila dipasangkan dengan VGA card tambahan.

 

Untuk urusan harga, AMD menawarkan jumlah core dan performa yang baik dengan harga yang jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan processor kompetitor yakni INTEL.

 

Kesimpulan AMD dan INTEL

Setelah Kamu meyimak beberapa penjelasan di atas, maka Kamu akan mengetahui bahwa INTEL sekarang ini memang lagi digempur habis-habisan oleh AMD dengan varian-varian processor generasi terbarunya.

Processor AMD generasi terbaru menawarkan jumlah core dan performa yang sangat baik dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan processor INTEL. Selain murah, processor AMD terbaru, misal RYZEN series sudah bisa dioverclocking semua. Kemudian dari komponen lain, yaitu motherboard dengan socket AMD A4 juga murah dan juga pilihan processor AMD lebih beragam dibanding INTEL.

 

Jika Kamu ingin merakit sebuah komputer dengan biaya yang sangat efisien, maka Kamu bisa pilih AMD sebagai platform. Namun, jika Kamu ingin merakit sebuah komputer dengan stabilitas sistem yang cukup tinggi, maka Kamu bisa memilih INTEL sebagai platform.

Artikel ini bersumber dari Nongkrong Gadget.

 

Demikian sedikit perbandingan antara processor AMD dengan processor INTEL. Tentu saja kesimpulan dan penjelasan pada artikel ini masih jauh dari kata sempurna. Apabila Kamu punya pertanyaan dan ingin berdiskusi, bisa ditulis pada kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar