Cara Dapat Kerja Sebelum Lulus Kuliah

Cara Dapat Kerja Sebelum Lulus Kuliah - Jangan tunggu kesempatan karir setelah Kamu lulus kuliah, jika ada kesempatan karir meskipun Kamu masih menempuh pendidikan, segera ambil kesempatan itu. Bisa jadi hal tersebut merupakan langkah awal Kamu mendapatkan pengalaman yang nantinya dapat mengantarkan Kamu kepada kesuksesan.

Tentunya itu bukan merupakan hal yang mudah, selain Kamu harus bisa membagi waktu antara pendidikan dan pekerjaan, Kamu juga harus bisa konsisten terhadap apa yang Kamu lakukan.


Berikut ini cara agar dapat kerja sebelum lulus kuliah yang bisa Kamu terapkan dari sekarang.

1. Kumpulin Portofolio

Portofolio itu adalah sebuah hasil karya yang dikumpulkan dan disusun, biasanya dibuat dalam sebuah desain yang menarik. Tujuan dibuatnya sebuah portofolio yaitu untuk memberikan sebuah bukti atas pencapaian, keahlian dan pengalaman baik itu dalam bidang pendidikan atau karir.

Jadi pas kuliah, usahakan untuk selalu mencatat setiap tugas atau projek kelompok yang sudah di selesaikan. Tugas-tugas yang sudah dikerjakan tersebut, dapat Kamu masukkan ke dalam Portofolio.

Oh iya, desain portofolio juga bisa berbentuk file dan dokumen pdf. Kamu bisa membuat portofolio dengan mudah menggunakan Canva, disana sudah disediakan banyak template. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk bilang tidak punya portofolio karena tidak bisa desain.

Atau biar lebih kekinian, kamu juga bisa membuat portofolio online seperti ini My Portofolio.

2. Jalin Koneksi

Jangan lupa untuk jalin hubungan baik dengan siapapun, terutama kepada Dosen pas kuliah. Karena mereka bisa membantu karir Kamu nanti. Terus, jangan gengsi untuk menambah pertemanan diluar jurusan yang kita tekuni. Karena tidak ada yang tahu, ke depannya mungkin saja kamu akan bekerja di perusahaan atau instansi yang tidak sesuai dengan jurusan kamu sekarang.

Bahkan orang pintar sekalipun tidak cukup mengandalkan kepintarannya saja, perlu koneksi untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

3. Kerja Freelance

Salah satu pilihan kerja freelance untuk mahasiswa yang dapat saya rekomendasikan adalah dengan menjadi reseller. Kamu bisa mencobanya dengan berjualan online di Marketplace. Hal tersebut akan mengasah kemampuan Kamu dalam bernegosiasi, marketing dan hal positif lainnya.

Selain itu kamu bisa belajar Digital Marketing, mulai dari membuat copywriting atau menjalankan sebuah iklan berbayar. Untuk memulai belajar iklan berbayar, kamu bisa memahami terlebih dahulu tentang Istilah dalam Facebook Ads.

Demikian 3 cara agar Kamu dapat bekerja sebelum lulus kuliah. Terimakasih sudah berkunjung ke rendiriansyah.com. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini, semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url