Cara Meningkatkan Manajemen Waktu

Manajemen Waktu


 Cara Meningkatkan Manajemen Waktu - Manfaat dari meningkatkan keterampilan manajemen waktu pasti mengalahkan aturan bekerja di bawah tekanan. Kemudian, jika Kamu tidak bisa menguasai waktu Kamu sendiri, maka peluang, efisiensi, dan keseimbangan kehidupan kerja mungkin hanya akan melewatimu saja.


Meskipun demikian, manajemen waktu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Seperti kebanyakan soft skill, dibutuhkan banyak latihan untuk menguasainya.


Ada beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu, dan dalam artikel ini, Admin akan berbagi sedikit ilmu tentang cara untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu.


7 Tips Terbaik untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu


1. Mengatur Hari

Sebuah tujuan tidak lebih dari sebuah keinginan tanpa rencana yang solid untuk mendukungnya di tempat. Dan, tanpa organisasi sehari-hari yang tepat, meningkatkan keterampilan manajemen waktu Kamu dapat berubah menjadi tugas yang menakutkan.


Namun, jika Kamu sudah bisa mengatur hari, memprioritaskan tugas, dan mengukur kemajuan, Kamu akan tahu persis di mana Kamu berdiri saat Kamu bekerja menuju tujuan yang lebih besar.


Sekarang, ada beberapa cara efektif untuk mengatur hari dan mendapatkan hasil langsung. Misalnya, dari segi pekerjaan, Kamu bisa mulai menulis daftar tugas harian dengan mempertimbangkan setiap interupsi yang mungkin muncul, atau meluangkan lebih sedikit waktu untuk mengulang tugas.


2. Tentukan Prioritas

Dalam kegiatan sehari-hari, beberapa tugas lebih penting daripada yang lain. Misalnya, tugas mungkin memiliki waktu yang telah ditentukan, lebih dekat daripada yang lain, atau kasusnya mungkin Kamu harus menyelesaikan tugas A sebelum Kamu dapat menyelesaikan tugas B secara efektif.


Hal yang sama dapat dikatakan tentang mencapai tujuan jangka panjang, apakah itu promosi atau menginvestasikan lebih banyak waktu dalam hobi.


Menentukan apa prioritas Kamu merupakan langkah awal menuju manajemen waktu yang efektif. Jika Kamu seorang karyawan, Kamu harus memiliki gambaran yang jelas tentang prioritas utama. Lagi pula, bagaimana Kamu bisa mulai mencapai tujuan sampai bisa ke tahap mengidentifikasinya dengan jelas?


Salah satu metode efektif untuk memprioritaskan tugas harian Kamu yaitu dengan mengkategorikan dan memisahkan tugas paling penting dari tugas yang dapat Kamu delegasikan atau hilangkan seluruhnya.


3. Belajar Mengatakan "Tidak"

Banyak orang akan mengambil banyak tanggung jawab baik untuk membuat kesan yang baik dan menunjukkan dedikasi mereka untuk bekerja atau karena mereka tidak bisa mengatakan tidak. Namun, sejumlah besar tugas dapat mempengaruhi efisiensi kerja dan pola pikir Kamu.


Menetapkan batasan berapa banyak beban kerja yang bersedia Kamu terima dapat membantu Kamu mengatur waktu dan berkonsentrasi pada tugas-tugas terpenting. Pada akhirnya, Kamu akan lebih fokus dan menjadi lebih produktif dalam tugas-tugas yang paling mendesak.


Mulailah dengan menentukan berapa banyak pekerjaan yang ideal untuk Kamu, kemudian pastikan Kamu lebih berani untuk menolak setiap beban kerja yang ditawarkan yang melampaui batas kemampuan. Jika Kamu merasa tidak enak karena tidak dapat membantu, jelaskan saja kepada siapa pun yang meminta Kamu bahwa Kamu memiliki tenggat waktu lain yang lebih penting untuk dipenuhi.


4. Hindari Multitasking

Sementara banyak orang memuji kemampuan mereka untuk melakukan banyak tugas, ada banyak alasan untuk percaya bahwa itu benar-benar dapat menghalangi peningkatan keterampilan manajemen waktu Kamu.


Yang lebih penting, multitasking bisa saja berlebihan. Apa yang membuatnya benar adalah kenyataan bahwa ternyata pada kenyataannya Kamu tidak pernah benar-benar melakukan banyak tugas. Berbagai tugas yang Kamu kerjakan dapat diselesaikan sampai batas kemampuan tertentu, tetapi tidak ada yang sesuai dengan kemampuan.


Penting untuk dipelajari cara mencurahkan seluruh perhatian Kamu terhadap tugas yang ada jika Kamu ingin meningkatkan keterampilan manajemen waktu. Produktivitas Kamu hanya dapat meningkat jika Kamu lebih menguasai fokus dan usaha yang berkelanjutan.


5. Hindari Gangguan 

Kehidupan kita sehari-hari pasti serba cepat dan tidak menutup kemungkinan terhadap gangguan dari sekitar, hal tersebut menghalangi peningkatan keterampilan manajemen waktu. Jika Kamu bekerja dari rumah, misalnya, mungkin sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan karena memiliki lebih banyak gangguan daripada di kantor dan sebelum Kamu menyadarinya, maka Kamu akan kehilangan waktu berjam-jam.


Cara hebat untuk menghindari gangguan yaitu dengan meletakkan Smartphone Kamu atau mematikan notifikasi, kemudian memiliki ruang kantor walaupun Kamu bekerja dari rumah, dan jangan sungkan untuk meminta anggota keluarga atau tamu untuk tidak mengganggu Kamu dengan hal-hal yang tidak terkait dengan pekerjaan.


6. Gunakan Aplikasi Manajemen Waktu

Jika Kamu tidak dapat mengingat jadwal atau tugas apa saja yang akan Kamu kerjakan, dengan menggunakan aplikasi manajemen waktu, Kamu dapat dengan mudah mengatur semuanya dalam satu ruang dan melacak waktu Kamu untuk berbagai tugas.

Dalam hal ini Kamu bisa mencoba berbagai aplikasi yang tersedia di toko aplikasi pada Smartphone. Pilihlah aplikasi yang dapat menunjukkan berapa banyak waktu yang sebenarnya telah Kamu habiskan untuk berbagai tugas yang telah Kamu kerjakan.


7. Istirahat

Meskipun Kamu mungkin masih kepikiran terhadap tugas untuk menyelesaikan banyak pekerjaan sebelum istirahat, strategi ini bisa sangat membahayakan kesehatan mental Kamu.


Sebagai permulaan, sering melewatkan istirahat pendek dapat menyebabkan kelelahan yang cepat dan stres yang luar biasa. Satu studi menemukan bahwa karyawan bahkan cenderung berkompromi dengan istirahat makan siang mereka , memilih untuk bekerja sebagai gantinya. Hal ini, pada gilirannya, telah terbukti berdampak buruk pada kesehatan mental mereka.


Membiarkan pekerjaan Kamu untuk beberapa menit setiap beberapa jam dapat membantumu mencapai lebih banyak dengan kenyamanan dan kenikmatan yang lebih besar, meningkatkan efisiensi Kamu secara keseluruhan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url