Bahaya Bermain HP saat Hujan Petir

Bahaya Bermain HP saat Hujan Petir

Bahaya Bermain HP saat Hujan Petir  - Saat hujan turun, biasanya mengakibatkan koneksi internet menjadi tidak stabil, dan jaringan telepon seluler memburuk apalagi jika Kamu tinggal di daerah pedesaan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?


Untuk memahami bagaimana kita berkomunikasi atau mengirimkan sebuah pesan hari ini melalui Internet di seluruh dunia, dan kemudian bagaimana komunikasi ini terganggu?


Ketika ponsel Kamu terhubung ke Internet, gelombang elektromagnetik merambat dari perangkat Kamu melalui udara ke menara seluler. Kamu bisa menganggap ini sebagai antena raksasa. Elektron di antena ini memantul ke atas dan ke bawah sehingga menghasilkan gelombang elektromagnetik mereka sendiri, yang berjalan ke lokasi pusat yang dikelola oleh penyedia layanan internet.


Ada berbagai macam pemrosesan yang mungkin terjadi. Misalnya, satu perbedaan penting antara gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari ponsel Kamu dan gelombang laser yang merambat dalam serat optik adalah panjang gelombangnya. 


Gelombang radio yang dipancarkan dari dan diterima oleh telepon Kamu, panjangnya kira-kira satu meter. Sebaliknya, gelombang inframerah yang merambat melalui jaringan serat panjangnya kira-kira sepersejuta meter. Perhatikan bahwa tidak satu pun dari panjang gelombang ini mempengaruhi elektron di mata Kamu, karena mereka bukan panjang gelombang yang terlihat (panjangnya sekitar 500 miliar meter).


Bahayakah menggunakan HP saat hujan petir?


Mungkin dari kejadian internet yang tidak stabil saat hujan, Kita sebagai orang yang kesehariannya menggunakan ponsel. Cobalah untuk simpan sejenak ponsel sampai hujan reda. Karena para ahli cuaca memperingatkan mengenai bahayanya menggunakan ponsel saat hujan lebat atau badai petir.


Karena aktivitas guntur dan kilat di langit menghasilkan partikel bermuatan listrik bertegangan sangat tinggi, ada kemungkinan ledakan telepon, yang menyebabkan kematian pengguna. Partikel bermuatan yang dipancarkan dari awan cumulonimbus menyentuh bumi dengan kecepatan dan intensitas yang tinggi. 


Sehingga mengalami berbenturan dengan medan magnet yang diciptakan oleh ponsel yang dihidupkan, yang menyebabkan konsekuensi fatal. Juga tidak disarankan untuk menggunakan ponsel saat berjalan atau berdiri di bawah kabel tegangan tinggi, di dekat menara transmisi telepon atau bahkan di bawah pohon selama badai petir, kata para ahli.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url