5 Contoh Kecerdasan Buatan

5 Contoh Kecerdasan Buatan

Contoh Kecerdasan Buatan - Kecerdasan buatan (AI) sedang mengubah bisnis seperti yang kita ketahui, tetapi yang tidak disadari banyak orang atau setidaknya tidak terpikirkan adalah bagaimana AI juga dapat mempengaruhi kehidupan kita di luar kantor.


Di bawah ini Admin mempertimbangkan beberapa contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Admin dapat melihat bagaimana teknologi memengaruhi dunia pribadi kita setiap hari.


Baca juga:

Apa itu AI (Artificial intelligence) atau Kecerdasan Buatan?


5 Contoh Kecerdasan Buatan


1. Kendaraan Mengemudi Sendiri dan Parkir


Kendaraan Mengemudi Sendiri dan Parkir

Mobil self-driving dan parkir menggunakan deep learning, bagian dari AI, untuk mengenali ruang di sekitar kendaraan. Perusahaan teknologi Nvidia menggunakan AI untuk memberi mobil "kekuatan untuk melihat, berpikir, dan belajar, sehingga mereka dapat menavigasi kemungkinan skenario mengemudi yang hampir tak terbatas," jelas Nvidia di situs webnya.


Teknologi bertenaga AI perusahaan sudah digunakan di mobil yang dibuat oleh Toyota, Mercedes-Benz, Audi, Volvo, dan Tesla, dan pasti akan merevolusi cara orang mengemudi dan memungkinkan kendaraan untuk mengemudi sendiri.


2. Asisten Digital


Asisten Digital
Sumber Foto: https://www.wallpaperflare.com/round-blue-lightfixture-cortana-windows-10

Cortana dari Microsoft adalah salah satu contoh utama AI dalam kehidupan sehari-hari. Asisten digital ini membantu pengguna melakukan berbagai tugas, mulai dari memeriksa jadwal dan mencari sesuatu di web, hingga mengirim perintah ke aplikasi lain.


AI adalah bagian penting dari cara kerja aplikasi ini karena mereka belajar dari setiap interaksi pengguna. Hal ini memungkinkan mereka mengenali pola ucapan dengan lebih baik dan menampilkan hasil yang disesuaikan dengan preferensi pengguna. 

Pihak Microsoft memberikan pernyataan bahwa Cortana akan "terus belajar tentang penggunanya" dan pada akhirnya akan mengantisipasi dari setiap kebutuhan pengguna.


3. Identifikasi Pengenal Kendaraan


Identifikasi Pengenal Kendaraan
Sumber Foto: https://github.com/MaryamBoneh/Vehicle-Detection

Perusahaan seperti PlateSmart, IntelliVision, dan Sighthound, antara lain, menggunakan visi komputer, suatu bentuk AI yang dapat melihat dan memahami gambar, bersama dengan pembelajaran mendalam untuk mengubah pengawasan konvensional menjadi pemantauan kendaraan.


Ini adalah bagian yang sangat penting dari sistem lalu lintas terintegrasi dan juga sangat membantu pihak berwenang, karena video pengawasan sekarang dapat dicari untuk nomor plat tertentu. Itu akan membuat Kamu berpikir dua kali untuk menerobos lampu merah itu.


4. Penyedot Debu Robot


Penyedot Debu Robot

Kita semua harus bersih, kan? Jadi, penyedot debu robot adalah contoh bagus AI yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Penyedot debu model Roomba 980 (yang membersihkan lantai Anda sendiri) menggunakan AI untuk memindai ukuran ruang tamu, mencari objek yang mungkin menghalangi, dan mengingat rute terbaik untuk membersihkan karpet.


Bot vakum juga dapat mengidentifikasi berapa banyak pembersihan yang perlu dilakukan berdasarkan ukuran ruangan, mengulangi siklus pembersihan tiga kali di ruangan yang lebih kecil atau membersihkan dua kali di ruangan berukuran sedang.


5. Deteksi Wajah dan Teknologi Pengenalan


Deteksi Wajah dan Teknologi Pengenalan

Filter virtual di Snapchat dan buka kunci FaceID di iPhone atau Android adalah dua contoh aplikasi AI saat ini. Sementara yang pertama menggunakan teknologi deteksi wajah untuk mengidentifikasi wajah apa pun, yang terakhir mengandalkan pengenalan wajah.

Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Kamera TrueDepth di perangkat Apple memproyeksikan lebih dari 30.000 titik tak terlihat untuk membuat peta kedalaman wajah Kamu. Itu juga menangkap gambar inframerah dari wajah pengguna.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url