5 Tips Mengatasi Masalah Laptop Cepat Panas

tips-atasi-laptop-cepat-panas

5 Tips Mengatasi Masalah Laptop Cepat Panas - Perusahaan Teknologi selalu memberikan inovasi produk terbaru mereka, hal itu bertujuan untuk mempermudah pekerjaan, misalnya seperti laptop. Sebagai perangkat yang mudah untuk dibawa kemana-mana, teknologi yang terdapat pada laptop dibekali dengan berbagai fitur canggih dan spesifikasi mumpuni. Dengan begitu, kini laptop menjadi salah satu kebutuhan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

Akan tetapi, penggunaan laptop yang cukup lama nantinya bisa menyebabkan laptop cepat panas. Tentunya hal tersebut akan mengakibatkan performa laptop menurun. Sehingga keawetan dan daya tahan laptop akan semakin berkurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, silakan Simak penjelasannya dibawah ini!

5 Tips Mengatasi Masalah Laptop Cepat Panas


1. Bersihkan Ventilasi  Udara

Salah satu penyebab mengapa laptop akan terasa lebih cepat panas yaitu diakibatkan karena jarang membersihkan ventilasi udara, sehingga banyak kotoran dan debu yang menempel, akhirnya akan memperangkap panas pada laptop.

Disarankan untuk membersihkan ventilasi udara dengan menggunakan kuas, lakukan pembersihan tersebut minimal 3 sampai 5 kali dalam satu tahun, lakukan secara rutin dan terjadwal.

Namun apabila kamu merasa takut laptop menjadi rusak dalam pembesihan, kamu bisa meminta bantuan kepada ahli di bidangnya untuk membersihkan ventilasi udara pada laptop.


2. Kurangi Intensitas Pemakaian Laptop

Kadang kita tidak memperhatikan sudah berapa lama menggunakan laptop di setiap harinya. Pemakaian laptop yang intensitasnya cukup lama akan mengakibatkan laptop menjadi lebih cepat panas. Apalagi menggunakan laptop saat melakukan pengisian daya, hal tersebut sangatlah tidak disarankan.

Berilah jeda beberapa menit untuk membiarkan suhu mesin pada laptop menjadi sedikit lebih dingin.


3. Penggunaan Aplikasi

Membuka beberapa aplikasi sekaligus juga merupakan penyebab mengapa suhu pada laptop menjadi lebih panas. Tentunya hal tersebut akan membuat prosesor pada laptop bekerja lebih ekstra. 

Cek kembali aplikasi yang digunakan, dan usahakan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Kemudian kamu juga bisa mengatur tingkat kecerahan layar, untuk mengurangi suhu pada laptop supaya tidak cepat panas.


4. Gunakan Cooling pad atau sejenisnya

Tips berikutnya untuk mengatasi supaya laptop tidak cepat panas yaitu bisa dengan menggunakan cooling pad atau penyangga, kamu bisa membelinya di toko komputer atau di online store.

Lalu apa manfaat cooling pad atau penyangga laptop?

Dengan kamu menggunakan cooling pad atau penyangga laptop, akan membuat sirkulasi udara tidak terhalang dan menjadi lebih lancar, sehingga membuat laptop tidak mudah cepat panas.


5. Letakan Posisi Laptop Secara Benar

Kebiasaan seperti meletakkan laptop di atas bantal atau Kasur, justru akan membuat proses sirkulasi udara bisa terganggu. Lubang sirkulasi bisa tertutup oleh bantal, sehingga mengakibatkan terhalang karena bahan kasur sendiri jenis material yang dapat menyerap energi panas dari laptop. 

Selain itu, untuk kamu yang kegiatannya diluar ruangan, usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari yang langsung mengarah ke laptop. Karena hal tersebut akan membuat laptop cepat rusak dikarenak sinar matahari yang memiliki suhu panas tinggi.

Demikian 5 tips untuk mengatasi supaya laptop tidak cepat panas. Dengan memperhatikan penyebab kenapa laptop bisa cepat panas dan mempraktikan untuk mengatasinya dengan baik dan benar, maka sudah dipastikan laptop akan lebih awet dan tentunya dapat memberikan performa yang terbaik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url