Apa itu Jaringan LAN, Kelebihan, dan Kekurangannya?


Apa itu Jaringan LAN, Kelebihan, dan Kekurangannya? - LAN (Local Area Network) adalah beberapa kumpulan komputer yang saling terhubung pada satu area, misalnya di ruangan divisi tempat kerja, di ruangan lab, lingkungan sekolah, atau bahkan di rumah.

Ini adalah jaringan umum untuk berbagi berkas, printer, permainan, dan perangkat lunak lainnya. Jaringan area lokal yang menghubungkan PC dan printer di rumah atau kantor seseorang adalah jenis yang paling dasar. Secara umum, jaringan area lokal akan digunakan sebagai media komunikasi.

Jaringan LAN tidak hanya menghubungkan computer saja, tetapi juga memfasilitasi komunikasi antar perangkat seperti router, hub, dan switch. Tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan LAN telah membuat komunikasi jauh lebih efisien. Namun, LAN bukannya tanpa kekurangan. Sebelum memasang LAN, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Tombol Pintas Pada Keyboard Komputer yang Perlu Anda Ketahui


Kelebihan Jaringan LAN

Berikut kelebihannya :

  • Komunikasi – LAN dapat mengirim dan menerima pesan dan data dengan cara yang nyaman. Karena data disimpan di server, pengguna LAN dapat mengaksesnya kapan saja. Ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan setiap pengguna LAN dengan pengguna lain di jaringan. Hasilnya, hal ini tidak hanya menghemat waktu, namun juga menjamin bahwa komunikasi sampai ke penerima yang dituju.
  • Berbagi sumber daya – Jika Anda berada di tempat kerja yang sehari-harinya mengoperasikan computer dan printer. Namun terkendala printer yang hanya tersedia 1 saja. Sekarang, Anda bisa menggunakan jaringan LAN untuk berbagi koneksi dalam mengakses printer. Tentunya dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran tanpa perlu menambah printer baru di tempat kerja. 
  • Berbagi Internet – LAN memiliki kemampuan untuk berbagi satu koneksi internet dengan beberapa komputer yang terhubung dalam sebuah ruangan kerja.
  • Berbagi perangkat lunak – Bagi sebagian orang, mungkin hal ini belum banyak yang tahu. Dengan menggunakan jaringan LAN, Anda dapat berbagi perangkat lunak yang sudah berlisensi dari satu komputer. Jadi, Anda tidak perlu membeli lisensi terpisah untuk setiap komputer yang digunakan.
  • Keamanan – Data mungkin terjamin keamanannya karena disimpan di server lokal. Ketika data di server diperbarui, semua pengguna LAN memiliki akses ke data tersebut. Selain itu, host memiliki kekuatan untuk membatasi atau menerima pengguna di jaringan tertentu.
  • Data terpusat – Data seluruh pengguna jaringan dapat disimpan di hard disk komputer pusat/server. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data dari komputer mana pun di jaringan.

Kekurangan Jaringan LAN

Berikut ini adalah beberapa kerugiannya:

  • Karena sumber daya komputer yang digunakan bersama, LAN akan menghemat uang, namun biaya awal untuk menyiapkan LAN biayanya cukup mahal.
  • Karena administrator LAN memiliki akses ke file data pribadi setiap pengguna LAN, hal ini tidak memberikan privasi yang memadai.
  • Pengguna komputer yang tidak diizinkan untuk mengakses, bisa saja memperoleh akses ke data penting organisasi jika administrator LAN gagal mengamankan penyimpanan data terpusat.
  • Jika ada masalah dengan pengaturan perangkat lunak dan kegagalan perangkat keras, diperlukan seorang admin jaringan LAN yang bisa stand by kapan saja diperlukan untuk memperbaiki.

Demikian artikel tentang definisi jaringan LAN beserta kelebihan dan kekurangannya. Terimakasih yang sudah berkunjung ke rendiriansyah.com. Semoga artikel yang disajikan dapat bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url