Skip to main content

Hal yang Penting Diajarkan Ayah untuk Anak Laki-lakinya

Hal yang Penting Diajarkan Ayah untuk Anak Laki-lakinya - Dikutip dari sebuah postingan dari akun instagram @muslim_santun , terdapat inspirasi yang sangat bermanfaat mengenai perilaku seorang kepala keluarga terhadap anggota keluarganya. 

Tentunya kasih sayang dari orangtua itu merupakan kasih sayang yang tidak akan pernah terbalas sampai kapanpun. Sebagian besar orangtua memiliki sikap dan sifat yang berbeda antara ayah dengan ibu. 

Contohnya saja, ayah cenderung memiliki sikap dan sifat yang keras atau bisa dikatakan tegas, namun ibu cenderung memiliki sikap dan sifat yang lembut. Meskipun tidak semuanya seperti itu, ada juga yang kebalikannya. 

Yang paling terpenting dan harus diingat, semua orangtua pasti sayang terhadap anak-anaknya, hanya saja cara dari masing-masing orangtua untuk mengungkapkan rasa sayangnya yang sedikit berbeda.

Berikut ini adalah sebagian kecil yang sudah dirangkum dan diberi penjelasan mengenai hal yang penting diajarkan ayah untuk anak laki-lakinya.

📌 Mengajarkan bagaimana harus menghargai perempuan

Seorang ayah selalu mengajarkan caranya untuk menghargai perempuan, meskipun tidak dengan cara terang-terangan, secara tidak langsung seorang ayah mengajarkan anak laki-lakinya untuk menghargai perempuan sebagaimana seorang ayah memperlakukan ibu.

📌 Mengajarkan pentingnya cara untuk menang dan menerima kekalahan

Tentunya semua orang termasuk seorang ayah menginginkan anak-anaknya untuk selalu melakukan setiap kegiatan secara optimal, dengan memperoleh kemenangan. Namun orangtua juga perlu “menanamkan” sikap lapang dada terhadap sebuah kekalahan.

📌 Bantu dan beri contoh untuk anak laki-lakinya buat mengajarkan tugas domestik dirumah

Biasanya peran domestik ini berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga yang melibatkan anak perempuan. Namun peran domestik bisa dilakukan oleh siapa saja, terlepas dari anak perempuan ataupun laki-laki. Melakukan pekerjaan domestik mengajarkan anak laki-laki untuk berbakti kepada orangtua.

📌 Ajarkan anak laki-lakinya kapan harus fight back dan membela dirinya

Pada poin ini, bukan berarti seorang ayah harus mengajarkan kekerasan. Namun dalam setiap permasalahan ajarkan anak laki-laki kapan waktunya untuk melawan dan membela diri dengan tidak harus dilakukan dengan kekerasan. Bisa dengan cara dihadapi dengan “kepala dingin”.

📌 Ajarkan anak laki-lakinya untuk sopan santun, tanggung jawab, dan tumbuhkan jiwa pemimpinnya

Selain mengajarkan untuk menghargai perempuan, ajarkan untuk sopan santun, tanggung jawab dan tumbuhkan jiwa kepemimpinan.

📌 Dorong anak laki-lakinya untuk mengekspresikan emosinya untuk menghindari ledakan emosi.

Salah satu contohnya adalah dengan tidak melarang anak laki-laki menangis. Karena menangis adalah hal yang wajar dan manusiawi.

Itulah Hal yang Penting Diajarkan Ayah untuk Anak Laki-lakinya, semoga dapat bermanfaat!
Untuk diskusi, bisa langsung lewat komentar atau dapat menghubungi lewat akun sosial media saya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar