Skip to main content

Cara Mengkilapkan Batu Akik dengan Alat Sederhana


Gambar: Batu Akik Kecubung Wulung

Cara Mengkilapkan Batu Akik dengan Alat Sederhana - Hobi terhadap batu akik memang sudah menjadi tradisi orang-orang di Indonesia. Tidak hanya disukai oleh bapak-bapak saja, namun tidak sedikit anak muda yang mulai menyukai dan hobi menggunakan batu akik.

Bahkan kegemaran untuk menggunakan dan mengoleksi batu akik sudah ada dari jaman dahulu kala. Bagi sebagian orang, banyak yang menganggap menggunakan batu akik mendapatkan banyak manfaat atau dapat dibilang terdapat khasiat ketika menggunakannya.

Contohnya adalah khasiat dalam pengasihan, kewibawaan dan meningkatkan kepercayaan diri.Namun terlepas dari itu semua, batu akik akan terlihat lebih bagus apabila benar dan tahu cara merawatnya agar terlihat mengkilap.

Berikut ini, saya akan memberi tahu cara untuk mengkilapkan batu akik dengan sempurna. Tentunya hanya dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana serta sangat mudah ditemui.

Alat dan bahan yang digunakan:
  • Siapkan batu akik yang akan dibuat mengkilap
  • Siapkan bambu
  • Air
  • Sabun pencuci piring yaitu sunlight (jika ada)
  • Kain halus atau tisu

Cara penggunaan:
  1. Basahi bambu dengan air dan sabun pencuci piring seperlunya saja
  2. Mulai menggosokkan batu akik pada permukaan bambu yang sudah dibasahi air dan sabun pencuci piring
  3. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama, namun proses ini sudah digunakan oleh orang tua jaman dahulu, yang dipercayai dengan metode ini dapat mengkilapkan batu akik lebih bagus dan lebih awet
  4. Ulangi langkah menggosokkan batu akik ke permukaan bambu, tetapi setelah ada sedikit perubahan mengkilap, gosok ke permukaan bambu yang kering
  5. Sesekali lap batu dengan kain atau tisu untuk melihat perubahan batu
  6. Ulangi langkah menggosok batu, sampai terlihat hasilnya dengan sempurna
Menggosok Batu akik pada bambu

Sesuai dengan pengalaman, metode ini memang sangat ampuh untuk mengkilapkan batu akik. Hanya saja prosesnya yang memakan waktu cukup lama. Perlu usaha dan kesabaran yang extra.

Percaya saja, bahwa tidak ada proses yang mengkhianati hasil.
Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat untuk para pecinta batu akik. Semoga berhasil!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar