Skip to main content

Cara Mencetak Dokumen menggunakan Tinta Hitam saja



Cara Mencetak dokumen menggunakan tinta warna hitam saja - Jika kamu pernah mengalami kondisi tinta printer yang sudah habis dan hanya tersisa tinta warna hitam, kemudian kamu berniat untuk mencetak dokumen yang tidak memerlukan tinta warna selain warna hitam, tetapi ketika proses mencetak hanya dengan menggunakan warna hitam, ternyata tinta warna hitampun tidak keluar. Tidak perlu panik.

Maka dari itu, saya membuat artikel ini untuk menjawab dan memberi solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Saat itu, tinta warna biru, kuning dan merah sudah habis, dan untuk tinta warna hitam masih ada. Memang, ketika waktu itu saya lupa untuk membeli tinta.

Untuk menjaga keawetan printer yang digunakan, sangat disarankan untuk selalu mengecek ketersediaan tinta pada catridge. Banyak sekali informasi yang menyatakan bahwa hal tersebut sangat penting. Bisa kamu baca dari buku panduan yang sudah tersedia dalam dus printer ketika kamu membeli printer baru atau dari grup dan juga komunitas teknisi printer di Facebook.

Selain mengecek ketersediaan tinta, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, supaya keawetan printer yang kamu gunakan bisa tahan lama. Salah satunya, yang sering saya praktikan yaitu selalu membersihan printer dari debu secara berkala. Jika kamu belum mempunyai alat-alat pembersih atau berupa cairan khusus untuk membersihkan printer, kamu juga bisa menggunakan alat yang cukup sederhana dan mudah didapatkan. Seperti yang biasa saya lakukan, cukup dengan menggunakan kain halus yang bersih, untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada bagian luar atau dalam printer, usahakan untuk membersihkannya dengan hati-hati.

Itulah sedikit berbagi tips yang sedikit menyimpang dari pembahasan artikel ini. Oke, sekarang kembali lagi ke topik. Kamu bisa langsung ikuti langkah-langkah dibawah ini!

Cara Mencetak Dokumen menggunakan tinta warna hitam saja!

Pertama, kamu buka Control Panel > pada Hardware and Sound, pilih View Devices and Printers.

Kedua, ketika Devices and Printers sudah tampil, disana akan terdapat perangkat dan printer yang yang kamu gunakan. Kemudian, klik kanan pada printer dan pilih Printing preferences.

/div>

Ketiga, jika jendela Printing preferences sudah terbuka, sekarang lihat pada bagian color. Apabila masih dalam keadaan color, sekarang ubah menjadi Grayscale. Nah dengan begitu, dijamin tinta warna hitam akan keluar.

Keempat, langkah terakhir langsung saja klik ok.

Sekarang, apabila cara-cara diatas sudah kamu lakukan, waktunya untuk mempraktikan dengan cara mencetak dokumen yang kamu inginkan.

Cara tersebut merupakan pengalaman saya pribadi, sudah saya lakukan dan BERHASIL. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu dan memberikanmu solusi. Senang rasanya, jika kamu memberikan tanggapan atau komentar terhadap artikel ini. Mudah-mudahan bermanfaat!

Terimakasih.  

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar