Skip to main content

Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?

businessman


Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda? - Sesuai dengan pengalaman, saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini ketika menghadapi wawancara ketika melamar pekerjaan sebagai Tenaga Ahli Pengelola Web di Instansi Pemerintah. Jika seandainya saat itu saya tidak mempersiapkan dan cari-cari informasi dulu mengenai pertanyaan itu, pastinya saya hanya bisa diam saja, karena memang bingung.


Namun, untungnya saya masih sempat untuk searching dulu di internet mengenai pertanyaan itu. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya. Ya meskipun tidak sama persis, paling tidak kita bisa paham mengenai apa yang akan kita jawab.


Nah, yang saya ingat, ketika diberi pertanyaan "Mengapa perusahaan harus menerima Anda?", pasti semua kandidat akan berusaha menjawab bahwa dia adalah kandidat yang terbaik dengan menyebutkan keahlian dan pengalamannya. Tapi tidak banyak yang berusaha menjawab bahwa dia adalah kandidat yang paling cocok untuk perusahaan.


Kandidat yang cocok itu seperti apa sih? Saya akan beri contoh ya, sesuai dengan pengalaman saya ketika diberi pertanyaan seperti judul di atas.


Untuk Bidang IT

Berhubung saya berada pada jalur bidang IT, jadi yang bisa dijawab adalah seperti ini, bahwa kamu suka tantangan, terutama jika ada error atau bug dan sudah terbiasa dengan itu.


Untuk Desainer

Nah, apabila kamu merupakan Desainer, kamu dapat menjawab bahwa kamu bisa desain dengan cepat ketika diminta revisi atau memang gaya desain kamu cocok dengan identitas perusahaan.


Nah pertanyaannya sekarang yaitu, bagaimana cara mengetahui cocok atau tidak?


Bisa kamu cek di job requirements atau job desc dari Posisi yang sedang kamu labar. Biasanya ada tulisan "detail-oriented", "good comm.skills", "able to do multo-tasking", "good analytical skills", dan yang lainnya.


Jadi, kamu bisa menjawab dengan menyebutkan kelebihan, sekaligus kecocokan (soft skills) kamu terhadap perusahaan dan pekerjaannya.


Kandidat bagus tapi nggak bisa multi-tasking atau terbiasa dengan deadline, hasil kerjanya belum tentu bagus. Karena itu, kata-kata seperti "siap bekerja dibawah tekanan" di iklan lowongan itu ditulis bukan tanpa tujuan. Itu merupakan kata-kata yang selalu saya ingat. Kata-kata itu saya dapatkan dari JobstreetIndonesia.


Nah, kalau nanti kamu diinterview, ditanya kenapa perusahaan harus terima kamu, selain jawab keahlian dan pengalaman, disarankan juga untuk menjawab bahwa kamu memang cocok dengan pekerjaan dan perusahaannya.


Semoga berhasil ya! Semangat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar