Cara Menjawab Gaji yang Diharapkan Fresh Graduate

man
Salary

Cara Menjawab Gaji yang Diharapkan Fresh Graduate - Sebelum Anda menghadapi interview kerja, alangkah baiknya Anda mencari informasi mengenai 4 Pertanyaan Jebakan Interview HRD. Karena HRD di setiap perusahaan akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang tidak biasa. Sebenarnya HRD tidak melihat jawabannya benar atau salah, hanya ingin mengetahui seberapa logis jawabannya dan seberapa yakin atas jawaban dari kandidat.

Mungkin bagi sebagian orang yang sudah berpengalaman dalam bekerja, sudah tidak ragu lagi dalam menjawab pertanyaan saat interview kerja, misalnya Mengapa Perusahaan Harus Menerima Anda?. Dari pertanyaan itu, HRD ingin mengetahui kepercayaan diri dan keahlian apa yang kandidat miliki.

Lalu, bagaimana jika yang di Interview kerja baru lulus kuliah atau Fresh Graduate?

Misalnya, Anda saat ini adalah seorang Fresh Graduate yang beberapa hari lagi dijadwalkan akan interview kerja di perusahaan, namun masih bingung cara menjawab pertanyaan dari HRD, apalagi jika ditanya soal gaji yang diharapkan. Berikut ini, cara menjawab gaji yang diharapkan untuk Fresh Graduate

Cara Menjawab Gaji yang Diharapkan Fresh Graduate

1. Melakukan Riset

riset
Melakukan Riset

Melakukan Riset sebelum interview sangatlah penting dan memang sangat disarankan. Anda bisa menggunakan kalkulator gaji, atau dengan mengunjungi situs seperi salary.com, hingga melakukan kalkulasi manual berdasarkan komponen penunjang kehidupan sehari-hari.

2. Berikan Kisaran Gaji

kisaran-gaji
Berikan Kisaran Gaji

Lebih baik hindari memberikan jawaban dengan menyebutkan angka yang pasti. Sebenarnya bukan tidak boleh, hanya saja akan jauh lebih baik jika Anda memberikan jawaban dengan kisaran gaji. Misalnya seperti ini, "Setelah saya melakukan riset, kisaran gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp 4.500.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan."

Kenapa harus memberikan jawaban dengan kisaran gaji? Karena dengan Anda memberikan jawaban kisaran gaji, akan membuat kesan fleksibilitas kedua kedua belah pihak dan menunjukkan bahwa Anda terbuka untuk negosiasi dalam hal ini.

3. Jangan Memberikan Angka Gaji Terlalu Rendah

angka
Jangan Memberikan Angka Gaji Terlalu Rendah

Memberikan jawaban angka gaji yang terlalu rendah mungkin akan membuat Anda terlihat kurang percaya diri di mata HRD atau HRD akan berpikir bahwa Anda tidak memahami nilai pasar. Selain itu, jika Anda memberikan jawaban gaji yang terlalu rendah, hal tersebutakan berdampak negatif terhadap semangat dan motivasi kerja Anda di kemudian hari. Sebaliknya, usahakan untuk tetap berada dalam kisaran yang wajar dan sesuai dengan standar industri. Anda juga dapat menambahkan informasi mengenai nominal gaji yang diharapkan, tentu saja dengan didukung penjelasan mengenai latar belakang pendidikan, dan kemampuan.

4. Percaya Diri

percaya-diri
Percaya Diri

Berbicara mengenai gaji, memang harus disampaikan dengan penuh kepercayaan diri. Hal tersebut menandakan bahwa Anda memang layak mendapatkan nominal dan apresiasi tersebut berdasarkan informasi yang disampaikan pada poin sebelumnya.

5. Fokus Terhadap Nilai Tambah Anda

keahlian-membuat-desain
Fokus Terhadap Nilai Tambah Anda

Sudah menjadi hal yang wajar, apabila sebagai fresh graduate, Anda mungkin merasa kurang pengalaman. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah lihat sudah sejauh mana Anda berjuang sampai saat ini. Fokuslah ke hal yang membuat Anda semakin tumbuh. 

Bentuk pribadi yang memiliki nilai tambah dibandingkan dengan kandidat lain. Berilah jawaban dengan mempertimbangkan juga pendidikan, sertifikasi, dan keterampilan tambahan yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki kemampuan menguasai Bahasa Inggris atau keahlian membuat desain dan keahlian lainnya yang bisa menjadi nilai tambah sehingga Anda layak untuk diapresiasi lebih tinggi.


Demikian artikel mengenai cara menjawab gaji yang diharapkan untuk Fresh Graduate. Dapatkan informasi terbaru mengenai edukasi karir dengan selalu kunjungi rendiriansyah.com. Semoga artikel yang disajikan dapat bermanfaat. Terimakasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url