Skip to main content

Waktu Makan yang Baik

Breakfast


Waktu Makan yang Baik - Mengonsumi makanan tiga kali sehari adalah pola makan terbaik untuk memberi nutrisi pada tubuh. Dan kita tidak tahu kalau "alam" menghendaki hal seperti itu. Sementara manusia menemukan apa yang menjadi tujuan alam melalui beberapa percobaan selama berabad-abad. Atau barangkali alam telah menempatkan dirinya secara bertahap untuk menerima kebiasaan yang dijalani seseorang.

Sebab, hal itu sesuai dengan kondisinya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah makan tiga kali untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Bagaimanapun disarankan agar kamu tidak memulai aktivitas atau meninggalkan rumah sebelum makan. Dan jangan sekali-kali kesibukkan kamu membuat kamu lupa makan tepat waktu. Usahakan supaya kamu makan pada waktu-waktu yang telah ditentukan.

Dan hendaklah jarak antara satu makan dengan makan lainnya tidak kurang dari 4 atau 5 jam. Inilah barangkali waktu yang dibutuhkan oleh pencernaan untuk mencerna makanan. Jarak antara waktu makan malam kamu dengan waktu tidur tidak kurang dari dua jam. Disarankan agar tidak mengonsumsi makanan apapun antara dua waktu makan. Aturan ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah dewasa dan dalam kondisi normal. Sedangkan bagi anak-anak tidak dilarang untuk memiliki waktu makan yang banyak dalam sehari. Demikian juga orang sakit yang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak.

Tidak masuk akal bila seseorang selalu tergoda untuk mengonsumsi makanan antara dua waktu makan, atau makan malam di tengah malam umpamanya, atau hanya makan satu kali dalam sehari, karena dia sibuk bekerja. Hal itu mungkin tidak berbahaya apabila dilakukan satu dua kali saja, tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, maka lambat laun akan mulai muncul keluhan di bagian pencernaan.

Dalam keadaan sakit, keluar dari pola makan sehat diatas mungkin tidak menjadi masalah karena biasanya orang sakit harus mengikuti aturan-aturan tertentu selama beberapa minggu atau beberapa bulan lamanya.

Demikian penjelasan mengenai waktu makan yang dilansir dari buku karya Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid yang berjudul "Pola Makan Rasulullah". Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Silahkan beli buku tersebut, karena disana dijelaskan lebih jelas mengenai makanan sehat berkualitas menurut al-qur'an dan as-Sunnah. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar