Skip to main content

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

bawang-putih
Garlic


RENDIRIANSYAH.COM - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan | Di bedah buku kali ini, saya akan membahas mengenai Bawang Putih karya dari Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid yang diterbitkan oleh almahira "Mewarnai Dunia dengan Ilmu".

Kenapa saya kembali mengutip buku karangan Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid? Karena, yang membuat pertama kali saya tertarik adalah judulnya yaitu Pola Makan Rasulullah. Masha Allah, ternyata keunggulan dari memakan makanan yang bersifatnya alami dan tata cara makan yang baik dan benar sudah dianjurkan oleh Rasulullah dan itu bermanfaat bagi kita semua yang mempraktikannya.

Mungkin dari artikel ini, Saya hanya akan membahas secara ringkas. Namun alangkah lebih baiknya jika Kamu langsung saja membeli bukunya, karena pada buku yang berjudul Pola Makan Rasulullah dijelaskan secara lengkap. Pada buku itu juga dijelaskan apa saja makanan dalam al-qur'an dan al-hadits yang berfungsi sebagai obat.

Tampilan Cover bukunya seperti ini:

Buku Pola Makan Rasulullah


Baca juga:

Makanan Sehat dalam Islam (Bedah Buku)


Dalam Bahasa Arab disebut dengan fum. Ada sebuah hadits yang menyebutkan,

“Makanlah bawang putih dan berobatlah dengannya, karena di dalamnya terkandung obat untuk 70 penyakit.”

 

Manfaat Bawang Putih Menurut Ilmu Kedokteran

Bawang putih adalah buah yang biasa digunakan untuk kepentingan pengobatan. Bawang putih memiliki khasiat pengobatan yang besar, karena di dalamnya terkandung unsur minyak yang mudah menguap dan unsur sulfat. Daud al-Antaqi menyebutkan, “Bawang putih memiliki 40 manfaat kedokteran.” Ungkapan ini, sekalipun terkesan sedikit berlebihan, tetapi terdapat bukti konkret yang menunjukkan manfaat dan khasiatnya sejak zaman dulu.

 

Bahkan kebanyakan orang dari bangsa-bangsa yang tengah berkembang biasa menggantungkan bawang putih dan dijadikan sebagai kalung pada anak-anaknya. Konon, hal itu dilakukan untuk menjaga agar anak tidak mudah terkena penyakit, untuk mengobati cacing di lambung dan diare.

 

Melihat perannya yang sangat penting, tumbuhan ini ditinjau dari ilmu kedokteran, maka di beberapa buku rujukan kedokteran disebutkan tentang khasiat tanaman obat ini. Berikut ini uraiannya.

 

15 Manfaat Bawang Putih

  1. Untuk merangsang pencernaan.
  2. Membersihkan lambung.
  3. Untuk menghentikan diare yang disebabkan oleh mikroba.
  4. Digunakan untuk menghentikan disentri.
  5. Bermanfaat bagi saraf.
  6. Menghindari pembusukan di lambung.
  7. Jika dicampur dengan susu yang sudah diasamkan, maka bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal dan meringankan sakit ginjal.
  8. Bisa meringankan sesak nafas dan gatal-gatal. Yaitu dengan cara membuat minuman bawang putih yang ditambah dengan dua sendok madu hitam dan bawang putih tersebut sudah dikupas dan digiling lalu dibiarkan antara 2-3 jam. Ramuan itu diminum 1 sendok pada saat mulai batuk.
  9. Berfungsi pula untuk mengobati penyakit saluran pernafasan seperti yang diakibatkan oleh batuk rejan. Bisa juga diberikan kepada anak-anak sekitar 10-12 tetes dari air bawang putih ini yang dicampur dengan air jeruk, berikan setiap 4 jam sekali.
  10. Memelihara dan menjaga tekanan darah, mengaktifkan gerakan jantung, merangsang peredaran darah dan bermanfaat untuk mengobati pengerasan di pembuluh darah.
  11. Bawang putih, peterseli, minyak zaitun dan jeruk nipis dapat digunakan untuk menghancurkan batu ginjal.
  12. Bawang putih juga memiliki khasiat melembutkan. Oleh karena itu, biasa digunakan untuk mengobati sulit buang air besar.
  13. Baru-baru ini dari bawang putih berhasil dikeluarkan satu obat yang disebut dengan aniodul yang dimasukkan ke dalam kapsul dan ditutup rapat agar mudah dikonsumsi untuk mengobati penyakit tifus.
  14. Minyak bawang putih yang mudah menguap dan airnya memiliki khasiat membunuh berbagai jenis mikroba yang menyebabkan beberapa penyakit. Bahkan lebih berpengaruh daripada bawang merah.
  15. Bawang putih juga dapat membunuh cacing di perut anak-anak sekaligus membersihkan lambung. Oleh karena itu, dianjurkan memberi satu gelas susu kepada anak di waktu pagi hari. Disusui kemudian dengan memanaskan beberapa butir bawang putih dalam air mendidih dan memberikannya kepada anak-anak sebagai obat pencahar. Hal itu terbukti dapat membunuh cacing yang keluar bersama (maaf) tinja.


Bagaimana Menghilangkan Bau Bawang Putih? 

Untuk menghilangkan bau bawang putih, ada cara yang bisa ditempuh, yaitu dengan memakan buah apel atau meminum satu sendok madu lebah 1/2 jam setelah memakan bawang putih, atau dengan cara mengunyah biji-bijian kopi, cumin, atau anise (tanaman jenis wortel), atau dengan memakan daun peterseli.

Sebelum mengakhiri pembahasan mengenai manfaat bawang putih dan khasiatnya bagi kesehatan, perlu kiranya ditegaskan bahaya yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi bawang putih secara berlebihan. Dimana mengonsumsi bawang putih secara berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan berbahaya bagi ibu hamil.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar