Skip to main content

Bagaimana Cara Merawat Motor Matic?

Cara Merawat Motor Matic


RENDIRIANSYAH.COM - Bagaimana Cara Merawat Motor Matic | Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan tips bagaimana caranya menjaga motor matic Kamu supaya tetap awet. Nah bagaimana caranya? Simak terus artikel ini sampai dengan selesai. Nah agar motor matic Kamu tetap awet, perhatikan tujuh langkah berikut ini.

1. Cek Kondisi CVT

Yang pertama, selalu cek kondisi CVT motor matic motor Kamu. Pastikan untuk selalu rutin menyervis motor Kamu, supaya motor terbebas dari misalkan gredek atau tarikannya menjadi loyo.

2. Cek Pelumas

Yang kedua, selalu cek pelumas. Khususnya untuk matic itu adalah oli gardan. Selalu periksa kondisinya, itu biasanya interval pergantiannya adalah 2 kali oli mesin. Jadi penggantian 2 kali oli mesin, dibarengi penggantian 1 kali oli gardan.

3. Jangan Tahan Rem sambil menarik Gas

Yang ketiga, pastikan saat Kamu berkendara, jangan menahan rem sambil menarik gas. Jadi posisi tuas gas terbuka, tetapi rem tetap ditahan. Itu efeknya akan membuat kopling ganda motor Kamu masa pakainya akan lebih cepat dari yang seharusnya.

4. Perawatan Aki

Yang keempat, perawatan aki. Sedikit susah mengetahui kondisi aki motor matic yang sudah terpasang pada sebuah motor matic. Sehingga pengguna motor matic tersebut, kebanyakan mengalami mati aki. Jika sudah seperti itu, Kamu akan kehilangan power dari sebuah motor matic Kamu dan yang menjengkelkan adalah disaat motor matic Kamu mati harus menghidupkannya dengan kick starter.

5. Hidupkan Motor Setiap Hari

Yang kelima, rutin untuk menghidupkan motor setiap hari. Menghidupkan motor matic adalah sebuah cara merawat motor agar oli di dalam mesin bisa bersikulasi dengan baik. Sehingga performa mesin akan lebih maksimal. Menghidupkan motor matic hanya 5 sampai dengan 10 menit saja, sudah lebih dari cukup di setiap harinya untuk menjaga mesin dan aki agar selalu dalam kondisi baik.

6. Sesuaikan kecepatan RPM mesin

Yang keenam, sesuaikan kecepatan dengan RPM mesin. Nah ini kebiasaan buruk yang sering  kita jumpai di lampu merah. Jika sudah lampu hijau, kebanyakkan motor matic langsung gaspol. Namun itu tidak kita sadari dapat merusak komponen mesin dan juga penggerak motor matic Kamu.

7. Perhatikan kondisi tangki bensin

Yang keenam, jangan kehabisan BBM. Kebiasaan buruk yang sering terjadi pada pengguna motor matic adalah kehabisan bahan bakar. Kehabisan bahan bakar bisa merusak mesin serta merusak sistem pembakaran motor tersebut. Maka dari itu motor matic tidak boleh menunjukkan indikator bahan bakar “E” atau indicator bahan bakar berkedip.

Nah itulah artikel mengenai cara merawat motor matic supaya tetap awet. Baik terimakasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk share artikel ini ke semua akun sosial media Kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar