Skip to main content

Apa Manfaat Air Hangat Untuk Tubuh?


Apa Manfaat Air Hangat Untuk Tubuh?

RENDIRIANSYAH.COM - Apa Manfaat Air Hangat Untuk Tubuh? | Saat perut terasa kembung, biasanya akan Kembali terasa enak setelah meminum segelas air hangat. Air hangat memang dipercaya masyarakat memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Air hangat biasanya dinikmati setelah makan dan tak jarang dicampur dengan bahan minuman lain, seperti the atau kopi.

Selain digunakan untuk minum, mandi dengan menggunakan air hangat juga memberi efek rileks bagi tubuh, apalagi saat kondisi badan terasa Lelah seharian beraktivitas. Lalu apa saja manfaat lain air hangat?

Dr. Rita Kumalasari, Sp. KFR

Spesialis Rehab Medik

Jadi apabila berendam dengan menggunakan air hangat memang itu mempunyai efek seperti:

1. Melebarkan Pembuluh Darah

Jadi Ketika pembuluh darah itu melebar, berarti aliran darahpun akan menjadi lancar. Kalau aliran darah menjadi lancar, berarti penyaluran ke otot-ototpun jadi lebih bagus lagi.

2. Memberikan Efek Relaksasi

Jadi panas itu memberikan efek relaksasi. Misalnya, Kamu habis jalan-jalan agak jauh atau menggunakan sepatu hak tinggi, biasanya ototnya agak mengkerut. Nah itu diberikan hangat yang nantinya akan membuat otot menjadi lebih relaksasi.

Yang jelas, dengan air hangat itu membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, kemudian otot-otot menjadi lebih relaksasi dan kita pun Ketika menggunakan air hangat itu secara psikis kita juga akan merasakan lebih nyaman. Jadi efek nyamannya itu yang kita harapkan nantinya.

Ketika kita seharian sudah beraktivitas, pasti badan kita akan lelah. Kemudian otot-otot kita akan mengalami thickness, dengan menggunakan air hangat jadi kita harapkan nanti tubuh akan menjadi lebih relaksasi. Ketika relaksasi, tidurpun akan lebih enak.

Baca juga:

5 Cara Atasi Insomnia Parah

5 Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya


dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK

Spesialis Gizi Klinik

Jadi intinya air hangat itu kan sifatnya melebarkan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah menjadi lebih lancar ke organ-organ termasuk juga ke otot. Jadi memang efek akhirnya, air hangat itu akan menyebabkan relaksasi, akan menyebabkan orang jadi lebih santai atau lebih rileks.

Memang ada satu penelitian juga yang menyebutkan Ketika air hangat dikonsumsi, akan menyebabkan Gerakan usus menjadi lebih bisa di stimulasi, bisa merangsang pergerakkan usus. Sehingga akan lebih melancarkan buang air besar. Air hangat bisa meredakan sakit saat menstruasi, karena merupakan bagian dari efek relaksasi.

Itulah manfaat air hangat untuk tubuh. Informasi tersebut sudah Saya rangkum ketika dr. Rita Kumalasari, Sp. KFR dan dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK menjadi narasumber dalam acara Ayo Hidup Sehat. Semoga artikel yang Saya sajikan dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar