Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya

Insomnia

Penyebab Insomnia dan Cara Mengatasinya - Kamu yang saat ini sedang membaca artikel ini, mungkin sedang mengalami susah tidur atau insomnia. Kamu harus mengetahui 5 penyebab insomnia. Untuk itu baca artikel ini sampai dengan selesai. Karena pada artikel ini, sudah Saya rangkum mengenai penyebab insomnia secara rinci yang bersumber dari dr. Sungadi Santoso.

1. Faktor Lingkungan

Jadi yang perlu Kamu perhatikan adalah dari faktor lingkungan di sekitar Kamu, diantaranya seperti berikut ini:

  • Tempat tidur atau Kamar

Yang pertama adalah kondisi tempat tidur  atau Kamar Kamu. Mungkin saja kamar Kamu dalam keadaan berantakan atau kamar Kamu kotor sekali. Jadi, saat kamar Kamu berantakan atau kotor, tentu membuat Kamu tidak nyaman untuk tidur di dalamnya.  Jadi Kamu harus membersihkan dan menata kamar dengan rapi.

  • Bermain HP

Lalu, sebelum tidur mungkin Kamu bermain HP. Saran saya sebaiknya Kamu tidak menggunakan HP 1 jam sebelum tidur. Karena hal itu akan membuat Kamu semakin susah untuk tidur karena otak Kamu dirangsang terus untuk berpikir.

  • Lampu kamar terlalu terang

Kemudian yang ketiga, kamar tidur Kamu terlalu terang. Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa tidak bisa tidur karena takut gelap. Point pentingnya adalah saat Kamu tidur dengan lampu kamar yang masih terang dan menyala, itu tidak baik bagi kualitas tidur Kamu. Jadi Kamu harus mematikan lampu atau menggunakan lampu tidur yang kecil, jangan terlalu terang.

  • Nonton Televisi

Yang keempat, banyak dari mereka yang sesaat sebelum tidur ditemani televisi. Tentu hal tersebut tidak baik, sehingga mempengaruhi kualitas tidur Kamu. Kenapa? Karena televisi biasanya menayangkan tontonan yang tidak semuanya baik. Lalu apabila ada kekerasan dan sebagainya, itu tidak baik untuk otak Kamu. Terutama untuk anak-anak. Jangan biasakan untuk menonton televisi sebelum tidur atau tidur di temani etelavisi karena itu tidak baik bagi alam bawah sadar mereka.

Baca juga:

5 Cara Atasi Insomnia Parah


2. Mengonsumsi Obat-obatan

Yang kedua, konsumsi obat-obatan. Beberapa obat dapat menyebabkan Kamu sulit tidur di malam hari. Contohnya yaitu obat-obatan seperti asma, obat darah tinggi dan obat-obatan lainnya. Jadi saran saya, Kamu harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Seperti berolahraga dan makan makanan yang bergizi. Dengan mengubah itu semua, akan menjadi lebih baik. Dan Kamu bisa mengurangi dosis obat-obatan yang diberikan.

 

3. Pola Hidup

Jadi yang perlu Kamu perhatikan adalah dari pola hidup di sekitar Kamu, diantaranya seperti berikut ini:

  • Begadang

Disini banyak dari mereka yang “bukan sebagai manusia, tetapi sebagai kelelawar”. Kenapa? Karena tidur di pagi hari sampai sore hari, lalu malamnya begadang. Jadi mengerjakan tugas di malam hari atau bekerja di malam hari.

  • Makan terlalu kenyang sebelum tidur

Kemudian, makan terlalu kenyang sebelum tidur. Faktor pola hidup yang kedua adalah makan terlalu kenyang sebelum tidur. Akhirnya saat berbaring, rasanya tidak enak. Terutama untuk mereka yang punya masalah dengan gangguan pencernaan, maka akan mudah seklai naik makannya. Jadi Kamu tidak boleh makan sebelum tidur, apalagi sampai terlalu kenyang.

  • Mengkonsumsi Kafein

Pola hidup ketiga yang membuat Kamu susah untuk tidur adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi. Seperti minum kopi di malam hati yang pemilihan jenis kopinya juga mungkin tinggi kadar kafeinnya. Pada akhirnya, sampai di rumah tidak bisa tidur. Gelisah, bolak balik, dipaksakan untuk tidur malah tidak bisa tidur.

  • Merokok

Pola hidup tidak baik keempat yang dapat mengganggu tidur Kamu adalah merokok. Banyak orang yang pada malam hari masih merokok. Akhirnya otak mereka tetap terjaga sampai malam hari. Ini juga tidak baik untuk Kamu.

 

4. Stress

Setiap orang di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia pasti pernah menghadapi yang Namanya stress. Tetapi masalahnya buka seberapa stress yang Kamu hadapi. Melainkan bagaimana caranya Kamu merespon stress tersebut. Yaitu bagaimana mengelola stress Kamu. Itu jauh lebih penting. Selain mengganggu pola tidur Kamu, stress juga dapat mengganggu Kesehatan Kamu.

Banyak sekali mahasiswa atau pelajar yang apabila akan menghadapi ujian, mereka tidak bisa tidur di malam hari sebelumnya.

Solusinya adalah Kamu harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk belajar. Mungkin banyak anak-anak mahasiswa sekarang atau pelajar yang melakukan system kebut semalam.

 

5. Masalah Kesehatan

Orang-orang yang bermasalah dengan Kesehatan, mereka cenderung untuk sulit tidur. Beberapa contoh penyakit yang membuat seseorang sulit untuk tidur diantaranya adalah Menderika penyakit kronis, Gangguan pernafasan, gangguan jantung dan penyakit lainnya. Jadi mereka yang mengalami masalah dalam Kesehatan, tentu menjadi salah satu penyebab yang menjadikan seseorang tidak bisa tidur.

 

Demikian artikel tentang 5 Penyebab Insomnia. Semoga Kamu dapat mengerti dan memperbaiki pola hidup sehingga menjadi lebih baik. Apabila Kamu menyukai artikel ini, Kamu boleh unuk share artikel ini kepada teman atau rekan kerja Kamu. Agar mereka juga dapat menghindari hal yang menjadi faktor seseorang susah untuk tidur di malam hari.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url