Skip to main content

5 Cara Atasi Insomnia Parah

Cara Atasi Insomnia Parah


RENDIRIANSYAH.COM - Cara Atasi Insomnia Parah | Mungkin Kita semua pernah mengalami susah tidur di malam hari atau bahkan bangun tidur di waktu yang belum saatnya bangun. Sehingga itu semua mengganggu aktivitas Kamu di siang hari, mengganggu proses berpikir Kamu yang pada akhirnya tidak dapat fokus dalam bekerja, maka sebenarnya Kamu telah mengalami insomnia.

Gangguan susah tidur ini sendiri di Indonesia sangat banyak kasusnya. Saya mendapatkan data dari Google Knowledge Graph bahwa Indonesia terdapat kurang lebih 2 juta kasus per tahunnya. Dan ini menurut saya cukup banyak. Dan inilah yang terdaftar di data. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak terdata? Pasti jumlahnya lebih daripada ini.

Insomnia yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pencernaan seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Kemudian dapat menyebabkan penyakit kronis, dapat menyebabkan cemas berlebihan, bahkan dapat menyebabkan kecanduan obat-obatan. Nah, untuk itu, Saya akan membahasnya di artikel ini agar kita semua dapat mengubah pola hidup Kita.

Ada satu kondisi dimana seseorang yang tidur di malam hari tiba-tiba terbangun. Dan Ketika mereka terbangun, nafas mereka terasa terengah-engah. Hal ini disebut dengan Sleep Apnea. Dan menurut data yang Saya dapatkan, ada lebih dari 150.000 kasus di Indonesia tentang orang yang mengalami Sleep Apnea. Dimana Sleep Apnea ini mereka mengalami nafas berhenti saat tidur kurang lebih selama 60 sampai 90 detik. Dan ini sangat berbahaya sekali bagi Kamu yang menderita penyakit jantung.

Bayangkan jika jantung Kamu tidak mendapatkan supply oksigen. Otomatis bisa meninggal secara mendadak. Dan saran Saya bagi Kamu yang mengalami hal-hal seperti ini, terbangun di malam hari dengan nafas tersenggal-senggal atau terengah-engah, Kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Atau Kamu harus segera ke rumah sakit untuk memeriksa Kesehatan Kamu.

Untuk mencapai tidur yang nyenyak dan nyaman, Kamu memerlukan hati dan spiritual yang tenang. Dimana jika hati dan spiritual tenang, maka organ-organ Kamu dapat bekerja dengan baik. Dapat mencerna dan memproses nutrisi yang Kamu makan pada hari itu. Depresi, khawatir dan cemas berlebihan akan berdampak pada organ-organ di dalam tubuh Kamu. Dan organ-organ yang rentan mengalami kerusakan atau terbebani adalah organ-organ seperti hati, limpa dan jantung.

Baca juga:

 5 Penyebab Insomnia


1. Makanan Sehat

Makanan Sehat


Yang pertama adalah seperti biasanya, yaitu pilihlah makanan yang sebenarnya atau real food. Maksudnya adalah makanan tanpa proses pengolahan, tanpa diberi pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Jadi makanan yang dimaksud adalah seperti buah-buahan, sayur-sayuran segar dan biji-bijian itu baik untuk Kesehatan Kamu. Kamudian Kamu juga boleh melakukan tips berikut ini:

Kamu jangan makan 3 jam sebelum tidur

Jadi, 3 jam sebelum tidur Kamu sudah berhenti makan. Karena jika Kamu terlalu kenyang, Kamu sulit untuk tidur. Kamu sulit untuk berbaring, rasanya sesak di dada jika Kamu terlalu kenyang.

 

2. Melakukan Meditasi

Melakukan Meditasi


Kemudian yang kedua adalah Kamu boleh melakukan meditasi Ketika Kamu sulit tidur. Jernihkan pikiran Kamu, karena pikiran manusia bila Saya ibaratkan seperti monyet yang liar. Jadi pikiran bisa berkeliaran. Mungkin Kamu sedang mencoba menutup mara, tetapi pikiran Kamu kesana kemari.  Lalu, Kamu juga boleh melakukan hal-hal ini yaitu cobalah 1 jam sebelum tidur, Kamu tidak lagi bermain HP, tidak lagi menonton televisi, tidak lagi mengerjakan tugas di depan Komputer Kamu. Karena sebenarnya semua cahaya menghambat hormone melantonin.

 

Hormon ini bertugas untuk membuat Kamu tidur lelap. Semua cahaya tersebut bisa menghambat pengeluaran hormone melantonin. Nah celakanya lagi, layer pada HP atau monitor Kamu mempunyai efek lebih kuat daripada cahaya lampu untuk menghambat pengeluaran hormon melantonin.

 

3. Mengkonsumsi Suplemen

Mengkonsumsi Suplemen


Kemudian Langkah ketiga adalah Kamu bisa mengkonsumsi suplemen-suplemen seperti kalsium, magnesium, vitamin B kompleks dan vitamin E. Suplemen-suplemen ini dapat membantu tubuh Kamu lebih relaksasi dan dapat membantu Kamu tidur lebih baik di malam hari.

 

4. Melakukan Olahraga

Melakukan Olahraga


Tips keempat adalah lakukanlah olahraga setiap hari, 30 menit setiap Kamu berolahraga dan lakukan minimal 3-5 kali per minggu. Dengan demikian, metabolism Kamu lebih baik, tingkat stress Kamu menurun dan Kamu bisa tidur lebih baik di malam hari.

 

5. Hal yang perlu dihindari

Hal yang perlu dihindari


Kemudian, tips yang kelima adalah hal-hal yang perlu Kamu hindari. Yang pertama adalah obat-obatan yang membuat Kamu terjaga di malam hari. Obat-obatan seperti apa? Contohnya seperti obat diet, obat darah tinggi seperti Beta-blocker, anabolic steroid, ephedrine dan sebagainya. Kemudian, makanan-makanan berkafein seperti kopi, the, soda dan cokelat sebaiknya Kamu hindari.

 

Demikian 5 tips agar membuat Kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Dan beberapa obat anti depresi juga dapat menganggu pola tidur Kamu. Sebaiknya Kamu berkonsultasi kepada dokter Kamu. Semoga 5 tips ini dapat Kamu terapkan di rumah dan dapat membuat pola tidur Kamu lebih baik lagi. Disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi obat tidur, apalagi tanpa pengawasan dokter. Karena obat-obatan tersebut jika dikonsumsi dalam jangka Panjang akan mempengaruhi kinerja otak Kamu.

Artikel ini bersumber dari dr. Sungadi Santoso

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar