Cara Cek Spesifikasi Komputer

computer


Cara Cek Spesifikasi Komputer - Pada artikel kali ini, Saya akan menjelaskan tentang cara mengetahui spesifikasi pada sebuah Komputer atau laptop. Oke kita langsung saja ke Langkah-langkahnya!

Pertama, Kamu buka dulu Windows Explorer. Kemudian cari This PC atau Komputer. Namun pada tutorial ini, Saya menggunakan sistem operasi Windows 10 jadi menunya adalah This PC, tetapi jika Kamu menggunakan Windows 7 atau Windows 8, menunya adalah Computer.

Nah klik kanan pada menu This PC atau Komputer. Kemudian klik Properties, sehingga muncul tampilan seperti berikut ini.

 

About Device Spesifications

Nah dari sini Kita bisa mengetaui, bahwa komputer yang Saya gunakan ini adalah spesifikasinya:

Processor: Intel® Core™ i3-9100F CPU @ 3.60GHz 3.60 GHz

Installed RAM: 8 GB

Sistem operasi: Windows 10 Pro

System type: 64-bit operating system


Nah itu merupakan informasi dasar tentang spesifikasi. Jika kita menginginkan sebuah informasi tambahan, maka kita bisa melakukan langkah tambahan ini, yaitu dengan cara:

Menekan tombol windows+R pada keyboard, secara bersamaan. Kemudian ketikkan dxdiag, lalu OK atau tekan Enter. Untuk lebih jelasnya, nanti Kamu dapat melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

 

dxdiag

Nah disini juga Kamu dapat melihat spesifikasi dari sebuah Komputer yang sedang Kamu gunakan.

Kemudian jika Kamu ingin mengetahui kapasitas harddisknya berapa, maka Kamu cukup dengan mengklik kanan lagi pada menu This PC atau Computer, kemudian pilih manage, lalu klik storage dan pilih disk management. Maka nanti Kamu tinggal cek kapasitas dari sebuah harddisk pada komputer yang sedang Kamu gunakan.

 

Computer Management

Jadi, dari hasil pengecekkan itu, Kamu bisa tahu spesifikasi komputer atau laptop mulai dari sistem operasi, processor, RAM hingga kapasitas harddisk pada sebuah komputer atau laptop yang sedang Kamu gunakan.

Itulah cara mengecek spesifikasi dari sebuah komputer atau laptop. Mudah-mudahan apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Kita semuanya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url