Skip to main content

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah

Tips Agar Tetap Produktif di Rumah
Gambar oleh Elf-Moondance dari Pixabay


Tips Agar Tetap Produktif di Rumah - Saat Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan "stay at home", masyarakat Indonesia dituntut untuk tetap produktif meskipun masih dalam keadaan pandemi yang belum usai. Kebijakan seperti ini dilakukan sebagai cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun demikian mengakibatkan perubahan terhadap semua aktivitas atau kegiatan yang hanya dapat dilakukan di rumah, semuanya menjadi terbatas jarak dan waktu apabila harus diluar rumah.


Walaupun sekarang melakukan aktivitas diluar dibatasi, sehingga lebih lama beraktivitas di rumah, kita diharuskan tetap produktif, jangan sampai membuatmu malas karena alasan harus belajar di rumah. Entah alasan karena tidak ada teman. Justru ambil saja sisi positifnya yaitu kamu bisa belajar dengan lebih tenang dan fokus.


Berikut ini beberapa tips agar kamu tetap produktif saat belajar dari rumah


1. Persiapan Media Pembelajaran

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan media untuk pembelajaran. Dikarenakan masih ada kebijakan untuk belajar secara online. kamu harus memastikan bahwa perangkat seperti komputer atau laptop, alat tulis dan internet sudah berjalan dengan baik.


2. Ruang belajar yang nyaman

Salah satu sisi positif dari belajar di rumah yaitu kamu bisa menata ruang belajar sesuka hatimu, agar dapat digunakan dengan nyaman. Seperti menentukan ruangan yang  tenang dan bersih. Akan tetapi, kamu harus menghindari belajar di tempat tidur, karena hal itu dapat membuatmu mudah ngantuk, sehingga tidak akan fokus belajar.


3. Manajeman waktu

Buatlah jadwal dan tempel di dinding. Mulai dari jam bangun pagi, mandi, melakukan aktivitas hingga istirahat. Karena hal tersebut, akan membuat waktumu lebih teratur dan disiplin.


Kalau perlu, buatlah quotes-quotes dan resolusi di tahun ini yang membuat harimu menjadi lebih semangat, kemudian tempelkan di dinding. 



4. Buat jadwal harian

Hal ini saling berhubungan dengan manajemen waktu. Karena dengan kamu membuat jadwal harian, tentunya setiap kegiatan atau aktivitas kita akan lebih teratur. Mulai dari merencanakan terlebih dahulu jadwal sekolah, berikut tugas yang harus dikerjakan disetiap harinya. 


Agar proses ini tidak membebanimu, pilihlah dulu tugas yang menurutmu mudah untuk dikerjakan. Dan utamakanlah tugas dan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.


5. Stop membuka Sosial Media

Apabila saat ini kamu belajar online menggunakan hp, usahakan untuk tidak membuka sosial media dalam beberapa waktu, hingga proses belajar online mu selesai. Dikarenakan sosial media akan menjadi salah satu pengaruh yang dapat membuatmu hilang konsentrasi. Sehingga akan membuat fokusmu dalam belajar menjadi hilang, yang pada akhirnya akan lebih memilih scroll sosial media dibanding melanjutkan belajar.


6. Jaga Kesehatan

Hal yang paling utama saat dalam keadaan apapun, entah belajar di rumah atau di sekolah atau kampus, tetaplah untuk selalu menjaga kesehatan. Jaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Bisa dengan cara menjaga pola makan, berjemur di waktu pagi, olahraga ringan di rumah. Karena hal tersebut dapat menjadikanmu lebih konsentrasi dalam belajar.


7. Reward my self

Reward my self adalah menghadiahi diri sendiri, entah itu berupa barang, makanan atau liburan ke pantai, dikarenakan kita telah berhasil melaksanakan suatu pekerjaan dengan sangat baik. Reward my self ini bertujuan untuk membuat diri kita semakin semangat dan disiplin lagi dalam melaksanakan suatu tugas dan pekerjaan. 

Sebenarnya untuk poin ini hanya saran saja, dan jika lebih memilih untuk menabung uang dibanding membeli sesuatu, maka itu merupakan sebuah pilihan dari masing-masing orang. 


Jadi, itulah tips agar kamu selalu produktif meskipun harus belajar online dari rumah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar