Skip to main content

Manfaat Madu untuk Wajah

Manfaat Madu untuk Wajah
Madu

Manfaat Madu untuk Wajah - Madu adalah cairan kental yang lengket dengan rasa manis. Cairan ini dihasilkan dan disimpan oleh lebah dalam sarangnya, tidak hanya enak dicampurkan ke dalam masakkan maupun minuman tetapi madu juga memiliki berbagai manfaat untuk wajah. 

Caranya sangat mudah, hanya dengan menggunakannya sebagai masker madu. Madu mengandung antimikroba, antioksidan serta dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit kamu.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu sangat dibutuhkan oleh kulit. Berikut ini kami tim penulis telah merangkum 5 manfaat madu untuk wajah.


Baca juga:

Penyebab Kulit Menjadi Kering


5 Manfaat Madu untuk Wajah


1. Mencerahkan wajah

Manfaat madu yang pertama adalah menjadi salah satu alami terbaik dalam memutikan kulit wajah. Khasiat antibakteri yang terkandung didalamnya membantu menenangkan peradangan dan melindungi kulit dari kuman, sehingga membuat kulit menjadi lembab dan bergizi.

Mencampurkan madu dengan bahan alami lain seperti lemon dan yogurt dapat membuat warna kulit menjadi lebih putih.

Caranya yaitu dengan mencampurkan saja satu sendok makan yoghurt segar dengan satu setengah sendok makan madu. Lalu oleskan dengan rata campuran ini ke seluruh wajah kamu dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Jika biasanya kamu rutin menggunakan krim dan serum anti penuaan sangat baik juga untuk memanjakan kulit wajah kamu dengan berbagai manfaat kandungan alami yang terdapat dalam madu.

Manfaat madu untuk wajah juga dapat membantu mengurangi munculnya keriput secara merata. Karena madu syarat dengan antioksidan termasuk flavonoid dan polifenol yang dapat melawan kerusakan kolagen. Sehingga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang terlihat.


2. Membersihkan pori-pori

Madu mengandung sifat antioksidan, antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu membuka pori-pori kulit, membersihkan dan membantu menghilangkan komedo.

Dengan menggunakan madu pada wajah secara teratur akan menjaga kulit kamu tetap terhidrasi. Sehingga membuat kulit menjadi lebih bersih, cerah dan awet muda. 

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai eksfoliasi. Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Eksfoliasi kulit dilakukan untuk membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga akan membuat kulit beregenerasi alias merangsang sel-sel baru tumbuh. 

Madu bertindak sebagai eksfoliasi alami yang lembut pada kulit dan membuat kamu memiliki kulit yang lebih cerah. Namun ingatlah untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kamu.

Lakukan eksfoliasi manggunakan madu tidak lebih dari tiga kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih efektif.


3. Menghidrasi kulit

Hilangnya kelembaban dari kulit kamu dapat menyebabkan bercak kering yang kasar dan gatal. Madu akan membantu melembabkan kulit kamu, sehingga terasa lebih halus, bersih dan bercahaya. Humektan dan Emolin alami yang terkandung dalam madu dapat meningkatkan kadar air di kulit kamu dan mengurangi kekeringan.

Menggunakan masker wajah yang berbahan dasar madu dapat menghidupkan Kembali kelembaban cahaya pada kulit kamu.

Selain itu, madu dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Karena madu syarat dengan enzim, antioksidan, probiotik dan nutrisi yang bisa membantu dalam anti-aging. Madu juga dapat membantu melembabkan dan mengenyalkan kulit yang pada saat bersamaan juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.


4. Memudarkan bekas jerawat

Manfaat madu untuk wajah yang tak kalah ampuh adalah meminimalkan peradangan dan menyembuhkan kulit secara lebih cepat. Sifat antiseptik dan antioksidan tidak hanya dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga dapat mempercepat prose penyembuhan bekas luka dari jerawat atau jerawat itu sendiri.

Kamu dapat mencampurkan satu sendok madu dengan dua sendok gel lidah buaya, kemudian campurkan dan oleskan secara merata ke bagian kulit wajah yang terdapat bekas jerawat.


Baca juga:

Manfaat Air Hangat untuk Tubuh


5. Mengatasi bibir yang kering

Saat kamu fokus merawat kulit wajah, kadang terlupakan untuk merawat Kesehatan pada bibir. Bibir juga dapat dipengaruhi oleh sinar UV yang berbahaya. Oleh karena itu kamu juga perlu melakukan perawatan pada bagian yang satu ini. Misalnya, dengan penggunaan lipstick secara terus menerus juga dapat membuat bibir kamu mengalami pecah-pecah dan dehidrasi.

Dengan mengoleskan madu murni ke bagian bibir secara teratur dapat membuat bibir menjadi lebih halus dan lembut. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengoleskan madu ke bibir setiap malam sebelum tidur, karena obat alami untuk bibir pecah-pecah ini dapat meningkatkan Kesehatan pada bibir kamu.

Jadi, itulah 5 manfaat madu untuk wajah. Setelah kamu mengetahui berbagai manfaat yang terkandung dalam madu, kamu dapat mencoba menggunakan masker madu untuk wajah atau menggunakan madu untuk rambut, bibir dan bekas luka.

Namun, kamu juga perlu berhati-hati karena kadang pemakaian madu dapat menyebabkan reaksi alergi.

Terimakasih telah membaca artikel ini sampai dengan selesai, semoaga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini ya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar