Sejarah Peaky Blinders

Peaky Blinders


Sejarah Peaky Blinders - Inspirasi di balik Peaky Blinders yang tayang di Netflix merupakan geng laki- laki Irlandia yang kehabisan haknya ini meneror jalan- jalan Birmingham dengan kejahatan kecil serta pencurian.


Kala Peaky Blinders disiarkan perdana pada tahun 2013, penonton terpesona. Drama kriminal BBC mencatat geng jalanan tituler di dasar bayang- bayang Perang Dunia I serta bawa penonton ke gang- gang penuh kabut asap serta kejahatan di Birmingham, Inggris. Itu membuat pemirsa tercengang bingung:

"Apakah Peaky Blinders didasarkan pada cerita nyata?"

Sedangkan pencipta Steven Knight mengakui kalau klan protagonis Shelby merupakan fiksi, Peaky Blinders memanglah geng nyata yang dengan kejam bersaing buat memahami jalan- jalan Birmingham dari tahun 1880- an sampai 1910- an. Mereka tidak ragu tentang tata cara mereka— mulai dari pemerasan, perampokan serta penyelundupan, sampai pembunuhan, penipuan, serta penyerangan.

The Peaky Blinders secara visual membedakan diri mereka dengan menggunakan jaket yang disesuaikan, mantel kerah, serta topi datar berpuncak. Sedangkan kegiatan itu mengklaim kalau mereka menyembunyikan pisau silet di topi mereka buat kepala- pantat serta membutakan saingan mereka, para sarjana yakin bagian" Blinder" dari nama mereka cuma menggambarkan seorang yang berpakaian bagus, serta" Peaky" cuma menampilkan topi mereka.


Tetapi, keluarga Shelby tidak sempat terdapat. Peaky Blinders yang sesungguhnya tidak terpaut namun terdiri dari sebagian geng yang berbeda. Sedangkan Knight mengambil kebebasan kreatif yang luas, potret kehidupannya di Inggris Victoria serta kota- kota industri pada pergantian abad sangat akurat- dan Peaky Blinders sempat jadi ancaman nyata.


Cerita Peaky Blinders yang Nyata


“ Peaky Blinders yang sesungguhnya bukan cuma geng tahun 1920- an,” kata sejarawan Birmingham, Carl Chinn.“ Peaky Blinders yang sesungguhnya merupakan orang- orang yang tergabung dalam banyak geng backstreet di Birmingham pada tahun 1890- an serta pergantian abad ke- 20, namun pangkal mereka jauh lebih jauh.”


Tidak semacam Thomas Shelby fiktif serta saudara dan kohortnya yang kaya, Peaky Blinders yang asli miskin, tidak berhubungan, serta jauh lebih muda. Terlahir dari kesusahan ekonomi di Inggris kelas dasar, gerombolan pencuri berseragam keliling ini mulai mencopet penduduk setempat serta memeras owner bisnis pada tahun 1880- an.

Tetapi, Peaky Blinders berasal dari barisan geng yang panjang. Kelaparan Besar tahun 1845 membuat populasi Irlandia Birmingham nyaris 2 kali lipat pada tahun 1851, serta geng- geng timbul selaku asumsi terhadap sentimen anti- Irlandia serta anti- Katolik yang membuat mereka masyarakat negeri kelas 2 diturunkan ke wilayah dalam kota di mana air, drainase, serta sanitasi terletak. sangat kurang.


Ujaran kebencian tanpa henti cuma memperparah kondisi kala pengkhotbah Protestan semacam William Murphy berkata kepada umat mereka kalau orang Irlandia merupakan kanibal yang pemimpin agamanya pencopet serta pembohong. Pada Juni 1867, 100. 000 orang turun ke jalur buat menghancurkan rumah- rumah Irlandia. Polisi tidak hirau— serta memihak para penyerang.

Dampaknya, orang Irlandia membentuk geng“ slogging” buat membela diri serta mulai kerap membalas terhadap polisi yang menggerebek pembedahan perjudian mereka. Tetapi, pada tahun 1880- an ataupun 1890- an, geng- geng slogging itu dimasukkan oleh generasi muda dalam wujud Peaky Blinders— yang tumbuh sampai tahun 1910- an ataupun 1920- an.


Umumnya antara 12 serta 30 tahun, geng jadi permasalahan sungguh- sungguh untuk penegakan hukum Birmingham.


“ Mereka hendak menargetkan siapa saja yang nampak rentan, ataupun yang tidak nampak kokoh ataupun fit,” kata David Cross, kurator Museum Polisi West Midlands." Apa juga yang dapat diambil, mereka hendak mengambilnya."


Kebangkitan Serta Kejatuhan Geng Irlandia

Peaky Blinders yang sesungguhnya jauh lebih tidak terorganisir daripada yang ditunjukkan oleh kegiatan tv eponymous. Sejarawan senantiasa tidak percaya siapa yang secara formal mendirikan geng tersebut, namun sebagian yakin kalau itu merupakan Thomas Mucklow ataupun Thomas Gilbert, yang terakhir secara teratur mengganti namanya.


Mucklow secara populer mengetuai satu serbuan yang sangat mengusik pada bertepatan pada 23 Maret 1890, di pub Rainbow di Adderley Street. Mendengar seseorang pelindung bernama George Eastwood memesan bir jahe non- alkohol, ia serta rekan- rekannya Peaky Blinders menjaga laki- laki itu di rumah sakit. Geng pula kerap memancing polisi yang tidak curiga ke dalam perkelahian.


Pada 19 Juli 1897, misalnya, polisi George Snipe menciptakan 6 ataupun 7 Peaky Blinders di Bridge West Street. Geng sudah minum selama hari serta meletus kala Snipe berupaya menangkap anggota berumur 23 tahun William Colerain sebab memakai bahasa cabul. The Blinders dampaknya retak tengkorak Snipe dengan batu bata, membunuhnya.


Anggota terkemuka yang lain semacam Harry Fowler, Ernest Bayles, serta Stephen McHickie merupakan panorama alam universal di penjara lokal. Sedangkan pelanggaran mereka umumnya kecil serta berpusat pada pencurian sepeda, Peaky Blinders tidak menjauh dari pembunuhan- dan menewaskan polisi Charles Philip Gunter 4 tahun sehabis Snipe.


Dengan sabuk gesper, pisau, serta senjata api, Peaky Blinders ikut serta dalam pertempuran publik dengan hukum serta geng saingan semacam Birmingham Boys. Suatu pesan anonim kepada The Birmingham Daily Mail pada 21 Juli 1889, menyesalkan meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh Peaky Blinders- dan bertujuan buat menggembleng masyarakat buat berperan.


“Pastinya seluruh masyarakat negeri yang terhormat serta taat hukum muak dengan nama bajingan di Birmingham serta serbuan terhadap polisi,” bunyi pesan itu.“ Tidak hirau bagian kota mana yang dilalui seorang, geng- geng penyihir buta hendak nampak, yang kerap kali tidak menyangka remeh orang yang melalui, baik itu laki- laki, perempuan, ataupun kanak- kanak.”


Apakah Peaky Blinders Bersumber pada Cerita Nyata?


The Peaky Blinders kandas di dini 1900- an sehabis berupaya memaksakan diri ke bisnis pacuan kuda serta pemimpin Birmingham Boys dikala itu mengusir mereka ke luar kota. Pada 1920- an, geng penjahat yang bergaya sudah menghilang— serta nama mereka jadi identik dengan seluruh tipe gangster Inggris.


Dalam perihal ini, pertunjukan Knight tidak akurat— semacam yang terjalin pada tahun 1920- an.


“Mereka sudah ditafsirkan selaku kultus pemuda modern awal serta aku pikir itu betul- betul masuk ide,” kata Andrew Davies dari Universitas Liverpool." Baju mereka, selera style mereka, bahasa mereka sendiri, mereka betul- betul nampak semacam cikal bakal kultus pemuda abad ke- 20 semacam punk."


Jadi, apakah Peaky Blinders didasarkan pada cerita nyata? Cuma dengan longgar. Thomas Shelby semacam yang diperankan oleh Cillian Murphy, dan keluarganya serta bermacam kelompok, diciptakan buat kepentingan hiburan. Di sisi lain, kenyataan kalau bermacam kepribadian merupakan pensiunan Perang Dunia I dengan kendala tekanan pikiran pasca- trauma pasti akurat.


Selaku penduduk asli Birmingham, Knight kesimpulannya lebih tertarik pada sejarah keluarganya sendiri. Pamannya sendiri sempat jadi Peaky Blinder serta jadi bawah kreatif buat penggambaran Thomas Shelby pemenang BAFTA Award. Termotivasi oleh cerita- cerita itu, Knight tidak tertarik membiarkan kebenaran membatasi cerita yang bagus.

“Salah satu cerita yang betul- betul membuat aku mau menulis Peaky Blinders merupakan salah satu yang dikisahkan bapak aku,” katanya."

Bapaknya memberinya pesan serta mengatakan, Berangkat serta kirimkan ini ke pamanmu... Bapak aku mengetuk pintu serta terdapat meja dengan dekat 8 laki- laki, berpakaian apik, menggunakan topi serta dengan senjata di saku mereka."


Ia melanjutkan,“Meja itu ditutupi dengan duit. Cuma foto itu— asap, minuman keras, serta laki- laki berpakaian apik di wilayah kumuh di Birmingham ini— aku pikir, seperti itu mitologinya, seperti itu ceritanya, serta seperti itu foto awal yang aku mulai kerjakan.”

Jadi, itulah kisah sejarah Peaky Blinders versi Bahasa Indonesia. Kisah diatas dirangkum dari beberapa sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url