Sejarah Tukang Cukur Garut

tukung-cukur-garut

Sejarah Tukang Cukur Garut – Garut yang selama ini dikenal sebagai terlahirnya para seniman cukur rambut. Tidak hanya di pulau Jawa, akan tetapi Seniman cukur rambut asal Garut juga bisa Kamu temukan di berbagai kota di Indonesia.

Memang menjadi tempat sejarah terlahirnya tukang cukur. Bahkan sampai saat ini tukang cukur di kota-kota besar banyak yang berasal dari Garut.

Memang keterampilannya dalam memangkas rambut, membuat para pelanggan merasa puas dengan hasilnya.

Terbukti dengan banyaknya para pencari nafkah asli dari Garut pergi merantau yang membuka jasa untuk pangkas rambut di Jakarta dengan nama ASGAR yang berarti Asli Garut. 

Lalu, kenapa tukang cumbur rambut kebanyakkan berasal dari daerah Garut?

Jika dilihat melalui sejarah yang dikutip dari buku “Lebih Dekat Kumelihat Indonesia” tahun 2019, Achmad San mengatakan bahwa tukang cukur saat itu menjadi profesi pilihan yang utama untuk warga Garut dalam mempertahankan hidup.

Setelah terjadinya peristiwa pemberontakan dan konflik di wilayahnya mereka, sehingga hal tersebut mengharuskan mereka mengungsi ke berbagai daerah yang menurutnya lebih aman.

Nah dari situlah, dalam mempertahankan hidup, mereka lebih memilih untuk belajar dan menjadi tukang cukur sebagai pekerjaannya.

Berkat keberhasilannya, sehingga sampai saat ini, masih banyak anak muda dari Garut yang berprofesi sebagai tukang cukur rambut yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Kisah tentang seniman cukur rambut bermula dari:

Kampung : Bantar Jati

Desa          : Bagendit

Kecamatan : Banyuresmi

Kabupaten : Garut


Pada jaman Hindia Belanda, bermula dari keluarga kampung Bantarjati:

Tahun 1818 : Bapak Idi Seniman Cukur Rambut

Tahun 1924 : Bapak Indi Seniman Cukur Rambut

Tahun 1937 : Bapak Idrus Seniman Cukur Rambut

Tahun 1946 : Bapak Iyod Seniman Cukur Rambut


Demikian rangkuman sejarah tukang cukur rambut Garut yang sebagian bersumber dari catatan sejarah yang berada di Banyuresmi, Kabupaten Garut.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url