Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Job Interview

Jawaban Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami - Untuk mendapatkan posisi yang diingankan, ada proses dimana setiap pencari kerja akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan saat wawancara kerja. Sebuah pertanyaan yang kemungkinan bagi sebagian orang bahkan tidak membutuhkan jawaban. Pertanyaan tersebut adalah ketika seorang HRD atau rekruter bertanya seperti ini “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan Kami?".


Dengan mereka bertanya seperti itu, mereka mencoba untuk menentukan apakah sebenarnya Kamu akan cocok di perusahaan dan apakah Kamu akan menambah nilai bagi tim mereka yang ada atau tidak.


Karyawan yang terlibat akan selaras dengan misi dan nilai perusahaan, terlihat lebih produktif dan bertahan lebih lama di perusahaan. Seorang HRD tentu menginginkan karyawan yang mempunyai kriteria seperti itu dan akan mencoba mencari tahu apakah orang itu adalah Kamu atau bukan.


Seketika mungkin Kamu akan merasa panik, mulai berpikir bagaimana cara menjawab mengenai pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan Kami?”. Dan karena Kamu ingin memberikan jawaban yang disukai oleh HRD, tentu Kamu tidak akan menjawab dengan jawaban yang sejujurnya. Ya walaupun jawaban sebenarnya yaitu karena di perusahaan tersebut menawarkan gaji yang lebih tinggi atau karena Kamu membutuhkan pekerjaan.


Hal yang perlu Kamu lakukan yaitu dengan membuktikan bahwa Kamu telah melakukan penelitian terhadap perusahaan yang Kamu lamar, sehingga visi dan misi Kamu akan sesuai dengan tujuan perusahaan, dan meyakinkan Kembali bahwa Kamu akan merasa senang jika bekerja di perusahaan tersebut.


Sebelum Kamu melakukan wawancara, cobalah untuk meriset atau mempelajari tentang perusahaan. Mulai dari perusahaan itu bergerak di bidang apa, sudah berdiri sejak kapan, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan perusahaan. Lakukan riset melalui website resmi atau akun sosial media perusahaan.


Berikut ini merupakan contoh jawaban yang bisa membantu Kamu untuk menjawab:

“Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”


Contoh jawaban 1:

"Saya telah mendengar tentang reputasi Anda di industri ini, dan saya akan bangga bekerja di perusahaan dengan rekam jejak yang sangat baik dan contoh kepemimpinan yang kuat di industri ini. Saya punya teman yang bekerja di departemen akuntansi, dan dia mengatakan kepada saya bahwa budaya di sini adalah yang terbaik dan bahwa manajemen mendukung pendidikan berkelanjutan serta pembelajaran di tempat kerja sambil menghargai kerja keras. Berdasarkan penilaian dan dorongannya, saya pikir saya akan sangat cocok dengan tim di sini untuk membuat dampak langsung."


Penjelasan: Dengan mengetahui seseorang yang bekerja di perusahaan tersebut, kandidat tersebut otomatis naik karena mereka dapat berbicara dengan tunjangan langsung yang dirujuk rekan mereka. Dengan menunjukkan bahwa ada jaringan internal, seorang HRD mungkin lebih cenderung mempekerjakan orang ini karena mereka tahu karyawan tersebut akan bahagia di perusahaan mereka.


Contoh jawaban 2:

"Sederhana saja, saya telah membaca misi dan visi perusahaan Anda. Setelah mengetahui lebih banyak informasi tentang perusahaan Anda dari media sosial, saya dapat dengan jelas melihat bagaimana tujuan saya selaras dengan tujuan perusahaan. Tidak ada yang lebih saya sukai daripada ketika saya bekerja dengan individu lain yang terlibat menuju tujuan bersama, dan itulah yang membuat saya bersemangat untuk bekerja di sini. Penelitian saya telah membawa saya ke tempat cara mendasar agar tujuan saya selaras dengan tujuan Anda."


Penjelasan: Contoh ini menunjukkan keselarasan nilai secara jelas dan langsung. Dengan mengatakan cara yang tepat bahwa misi kandidat sesuai dengan misi perusahaan, seorang HRD perusahaan akan mengenali bahwa orang ini melakukan persiapan  dengan sangat baik untuk mengembangkan lebih lanjut dan menjunjung tinggi nilai-nilai organisasi.


Contoh jawaban 3:

"Pertama kali Saya mengetahui perusahaan Anda sekitar 1 tahun yang lalu, dan saya terinspirasi oleh cara Anda memasarkan produk perusahaan ke audiens milenial, yang tentu hal tersebut dapat saya pahami dengan mudah. Setelah mengamati lowongan pekerjaan Anda, saya yakin dan siap untuk bergabung dengan tim Anda yang luar biasa, meningkatkan dan memajukan merk yang merupakan tujuan saya untuk bekerja di perusahaan ini."


Penjelasan: Contoh ini menyatukan nilai-nilai kandidat dan perusahaan dengan mulus. Dengan menunjukkan bahwa kandidat sudah hidup dalam pesan dan branding, tampaknya tidak perlu dipikirkan lagi untuk membawa mereka sebagai representasi brand dan tim yang sedang dibangun oleh perusahaan.


Contoh jawaban 4:

"Sebelum perekrut menelepon saya tentang peluang ini, saya harus mengakui bahwa saya tidak tahu banyak tentang perusahaan Anda. Saya telah melakukan beberapa penelitian dalam persiapan untuk diskusi ini, dan saya harus mengatakan bahwa saya terkesan dengan pekerjaan Anda dan visi Anda untuk masa depan. Saya benar-benar tertarik untuk lebih terlibat dalam sisi teknologi pemasaran, dan saya membaca bahwa Anda berkembang di bidang itu. Sebagai seorang pemasar yang berpengalaman dengan penekanan pada teknologi, saya tahu saya dapat memberikan banyak nilai bagi tim."


Penjelasan: Kejujuran selalu dihargai oleh HRD perusahaan, dan boleh saja mengakui jika kandidat tidak memiliki pengetahuan tentang perusahaan sebelum mereka melamar. Namun, pernyataan seperti itu harus selalu didukung oleh penelitian yang dilakukan kandidat dan apa yang menurut mereka menarik tentang perusahaan. Mereka masih perlu menunjukkan bahwa mereka ingin bekerja di perusahaan dan menjelaskan alasannya.


Terdapat beberapa cara untuk menjawab ketika seorang HRD perusahaan bertanya kepada Kamu, “Mengapa Anda ingin bekerja di Perusahaan Kami?”


Yang paling penting yaitu Kamu harus menunjukkan nilai atau informasi spesifik yang berhubungan dengan apa yang Kamu yakini terhadap tujuan Kamu bekerja dengan budaya perusahaan yang saat ini Kamu lamar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url