Nasihat Karir ala Vina Muliana

Vina Muliana

Nasihat Karir ala Vina Muliana - Ketika berbicara tentang karier, terkadang kita merasa bisa menggunakan semua saran yang bisa didapatkan. Dari memilih karier yang tepat hingga benar-benar unggul di dalamnya, tentu ada banyak hal yang harus dipelajari.


Menjadi percaya diri dalam apa yang Kamu lakukan dan mempelajari hal-hal baru adalah beberapa nasihat karir terbaik yang harus diketahui seorang profesional untuk menjadi lebih baik dalam apa yang dilakukan dan maju dalam karir.


Kalau kamu mau mencapai potensi terbaik dalam karier, Kamu bukan hanya harus memiliki relasi yang luas. Akan tetapi, juga harus selektif dalam memilih orang-orang di lingkaran terdekat.


Ada 3 jenis orang yang harus ada di lingkungan pertemanan Kamu


1. The Pillars

Orang-orang yang bisa memberikanmu dukungan dan jadi tempat bersandari di keadaan sulit. Mulailah untuk menjalin komunikasi baik, entah itu dengan kolega, teman, ataupun klien. Jangan pernah membatasi diri Kamu hanya untuk kehidupan profesional saja.


2. The Bridges

Orang-orang yang bisa menghubungkan Kamu dengan kesempatan baru. Karier atau pekerjaan terbaik adalah karir di mana Kamu bisa menggunakan keterampilan yang Kamu sukai. Tapi, tidak setiap pekerjaan harus menjawab semua hasrat yang Kamu inginkan. 


Gunakan setiap pekerjaan sebagai kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru dan tetap berpikiran terbuka.


Mungkin ada saat-saat ketika Kamu menemukan diri Kamu di antara pekerjaan di sepanjang karier, tetapi dengan Kamu berada dalam lingkungan ini akan menjadi penghubung sempurna antara profesi masa lalu Kamu dengan masa depan.


Karier atau pekerjaan terbaik adalah karir di mana Anda menggunakan keterampilan yang Anda sukai. Tapi, tidak setiap pekerjaan harus menjawab semua hasrat Anda. Gunakan setiap pekerjaan sebagai kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru dan tetap berpikiran terbuka; Anda mungkin menemukan bahwa Anda benar-benar menikmati sesuatu yang tidak pernah Anda bayangkan akan menarik bagi Anda.


3. The Extenders

Orang-orang yang bisa mendorong Kamu beyond extra miles melebihi zona nyaman. Contohnya yaitu dengan Kamu memiliki seorang mentor di perusahaan Kamu, itu merupakan hal yang sangat berharga.


Karena dia dapat mengidentifikasi peluang untuk kemajuan yang mungkin telah Kamu abaikan, membimbing Kamu melalui proyek yang menantang, dan membantu Kamu membangun hubungan dengan atasan.


Yang terpenting adalah jika dia berpengaruh, dia bisa memberi Kamu rekomendasi untuk proyek atau tim khusus yang mungkin tidak Kamu pertimbangkan sebelumnya. Dan inilah faktor-faktor yang akan membuka jalan menuju kesuksesan.


Sumber:

Vina Muliana

BUMN Career Professional & Education Content Creator

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url