5 Teknologi Baru Tahun 2022

5 Teknologi Baru Tahun 2022

5 Teknologi Baru Tahun 2022 - Teknologi mengakibatkan perubahan dan kemajuan yang lebih cepat. Namun, bukan hanya perkembangan teknologi saja yang berkembang, akan tetapi di tahun ini sedang dalam tahap pulihnya keadaan akibat pandemi yang sebelumnya telah membuat para profesional TI menyadari bahwa peran mereka tidak akan tetap sama. Dan seorang profesional TI harus terus belajar dan cepat adaptasi dalam mempelajari hal-hal baru.


Lalu, apa maksud dari pernyataan di atas? Ini berarti mengawasi masa depan untuk mengetahui keterampilan mana yang perlu Kamu ketahui untuk mendapatkan pekerjaan yang dapat menjamin karir dan penghasilanmu. 


Sebagian orang yang berprofesi dibidang TI lebih memilih untuk duduk santai, yaitu bekerja dari rumah. Dan apabila Kamu ingin memanfaatkan waktu sebaik-baiknya di rumah, berikut ini adalah 5 tren teknologi teratas yang harus Kamu perhatikan dan coba pada tahun 2022, dan mungkin saja dapat menjadi salah satu pekerjaan “aman” yang  akan diciptakan oleh tren teknologi baru ini.


5 Tren Teknologi Baru Tahun 2022


1. Kekuatan Komputasi 

Kekuatan komputasi telah memantapkan tempatnya di era digital, dengan hampir setiap perangkat dan peralatan terkomputerisasi. Dan di sini bahkan lebih karena para ahli ilmu data telah memperkirakan bahwa infrastruktur komputasi yang kami bangun saat ini hanya akan berkembang menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang. 


Saat ini perkembangan jaringan 5G sudah berlaku di beberapa negara bahkan di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Maka bersiaplah untuk era 6G dengan lebih banyak kekuatan di tangan dan perangkat di sekitar kita. 


Bahkan lebih baik lagi, daya komputasi menghasilkan lebih banyak pekerjaan teknologi di industri ini tetapi akan membutuhkan kualifikasi khusus untuk diperoleh kandidat.


Semakin banyak komputasi yang dibutuhkan perangkat kita, semakin banyak teknisi, tim TI, manajer hubungan, dan ekonomi layanan pelanggan akan terus berkembang juga.


Salah satu bidang teknologi yang dapat Kamu pelajari mulai hari ini adalah RPA, yaitu Robotic Process Automation. Menurut Simplilearn, RPA adalah semua tentang perangkat lunak komputasi dan otomatisasi yang bergaji tinggi di industri TI. Berikut adalah pekerjaan teratas yang mungkin Kamu tertarik untuk mencobanya: 


  • Ilmuwan Data
  • Insinyur AI
  • Peneliti Robotika
  • Arsitek AI
  • Desainer Robotika


2. Perangkat Lebih Cerdas

Kecerdasan buatan telah memainkan peran penting dalam membuat dunia lebih canggih dan pintar. Ini bukan hanya mensimulasikan manusia tetapi bekerja lebih keras untuk membuat hidup kita bebas repot dan lebih sederhana. 


Perangkat yang lebih pintar ini akan terus berkembang di tahun 2022 ini dan bahkan lebih jauh lagi, karena para ilmuwan data sedang mengerjakan robot rumah AI, peralatan, perangkat kerja, perangkat yang dapat dikenakan, dan banyak lagi lainnya! 


Hampir setiap pekerjaan membutuhkan aplikasi perangkat lunak cerdas untuk membuat kehidupan kerja menjadi lebih mudah diatur.


  • Manajer IT
  • Ilmuwan Data
  • Penguji Produk
  • Manajer Produk
  • Insinyur Otomasi
  • Peneliti TI


3. Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin

Artificial Intelligence atau lebih singkat dengan sebutan AI, terus menjadi salah satu tren teknologi baru karena efeknya yang menonjol pada cara hidup, bekerja, dan bermain hanya dalam tahap awal.


AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi perjalanan dan banyak lagi yang lainnya.


Menguasai AI dan pembelajaran mesin akan membantu Kamu dalam kemajuan karir seperti:


  • Ilmuwan Riset AI
  • Insinyur AI
  • Insinyur Pembelajaran Mesin
  • Arsitek AI


4. Internet of Things (IoT)

Tren teknologi baru yang menjanjikan lainnya adalah IoT. Sekarang sudah banyak benda yang sedang dibangun dengan konektivitas WiFi, yang berarti mereka dapat terhubung ke Internet. Oleh karena itu, Internet of Things merupakan masa depan yang telah memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, mobil, dan banyak lagi untuk terhubung dan bertukar data melalui Internet.


Dan jika Kamu ingin menginjakkan kaki dalam teknologi yang sedang tren ini, Kamu harus belajar tentang Keamanan informasi, AI dan dasar-dasar pembelajaran mesin, jaringan, antarmuka perangkat keras, analitik data, otomatisasi, pemahaman tentang sistem.


5. Keamanan Cyber

Keamanan siber mungkin tidak terlihat seperti teknologi yang baru muncul, mengingat telah ada selama beberapa waktu, tetapi keamanan cyber berkembang seperti halnya teknologi lainnya. 


Itu karena oknum peretas selalu memiliki cara baru dalam memberikan ancaman terhadap sistem. Misalnya dengan mencoba mengakses data, bahkan sampai menjualnya dengan cara illegal.

Oleh karena itu, keamanan cyber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan melawan peretas tersebut. Meskipun sebenarnya tidak ada sistem yang aman, Kalaupun ada mungkin itu dibuatnya sangat sulit.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url