Tips Saat Terjebak di Kerumunan

Tips Saat Terjebak di Kerumunan

Tips Saat Terjebak di Kerumunan – Ketika Kamu terjebak dalam kerumunan, jangan panik. Begitu kerumunan berhenti bergerak, selalu tetap berdiri. Jaga agar lengan Kamu tidak terjepit disisi dan lindungi badan jika Kamu sudah terlanjur jatuh ke depan. 

Jika Kamu melihat seseorang di sekitar Kamu tersandung atau jatuh, lakukan yang terbaik untuk membantu mereka berdiri. Selain menyelamatkan hidup mereka, Kamu mungkin telah mencegah kerumunan runtuh.

Perhatikan juga lingkungan sekitar Kamu. Waspadai semua pintu keluar, baik di tempat yang ramai atau tempat terbuka. Karena Paul Wertheimer dari Crowd Management Strategies pernah berkata “Mengambil jalan keluar paling dekat dengan Anda itu tidak akan berhasil jika semua orang juga melakukannya,”


Apa pertanda kerumunan yang sudah tidak aman?

Kepadatan kerumunan dapat berubah dalam hitungan beberapa detik, dan pada situasi mulai terasa berisiko, kerumunan mungkin sudah terlalu padat sehingga tidak dapat ditinggalkan oleh seseorang. Tetapi, ada beberapa tanda bahaya yang tidak dapat terkendali, seperti:

  • Pengunjung mencapai lebih dari 5 orang per meter persegi
  • Kerumunan pengunjung bergerak lambat
  • Terdengar suara keluhan dan tangisan


Apa yang harus dilakukan jika terjebak dalam kerumunan?

Setelah kerumunan berhenti bergerak, hal pertama yang harus Kamu lakukan yaitu tetap berdiri, menjaga lengan agar tidak terjepit diantara oranglain, melindungi alat pernafasan. Jika diibaratkan, kerumunan pengunjung sama halnya seperti arus sungai. Segeralah berjalan ke pinggir dan mencari benda yang kokoh untuk berlindung. Hal yang perlu Kamu perhatikan, diantaranya:

  • Jangan berteriak dan tegakkan kepala untuk mendapatkan oksigen.
  • Jika terjebak di tengah-tengah, berdiri dengan kuda-kuda seorang petinju (lebarkan kaki dan menutup area dada dengan tangan).
  • Jika membawa anak, gendong mereka di bahu atau punggung.


Apakah aman jika membantu orang lain saat dalam kerumunan?

Peluang Kamu untuk bertahan hidup akan meningkat jika orang-orang di sekitar Kamu juga tetap berdiri. Akan tetapi, ketika ada orang yang jatuh, itu dapat memicu keruntuhan kerumunan yang berbahaya, yang merupakan efek domino ketika orang-orang terjatuh.

Jika seseorang di sekitar Kamu tersandung atau jatuh, lakukan yang terbaik dengan membantu mereka berdiri.


Di mana tempat paling aman untuk berada di tengah keramaian?

Setiap kerumunan berbeda, dan para ahli mengatakan bahwa orang-orang yang terjebak dalam tragedi Itaewon tampaknya tidak memiliki banyak pilihan karena jalan-jalan yang sempit dan kerumunan yang padat.

Tapi secara umum, lebih baik berada di pinggiran atau belakang kerumunan daripada di depan atau tengah. Pada konser, orang-orang di dekat panggung atau penghalang dapat berisiko terlindas saat kerumunan melonjak. Orang di tengah mungkin merasakan tekanan dari depan dan belakang.

Kesempatan terbaik mungkin Kamu bisa mencoba untuk tidak bergerak melawan kerumunan tetapi bergerak menuju tepinya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url