Cara Negosiasi Gaji

Cara negosiasi gaji


Cara Negosiasi Gaji - Pihak manajemen atau pihak Direktur yang terkait dari sebuah perusahaan sudah memiliki ketentuan atau kebijakan mengenai angka yang harus dikeluarkan untuk menggaji Karyawannya.

Mungkin ada diantara para pencari kerja yang bertanya, mengapa setiap perusahaan menerapkan sebuah kebijakan mengenai range gaji yang harus diberikan kepada calon karyawan.

Dikarenakan ini bicara tentang seluruh perusahaan, misalnya contoh dalam sebuah perusahaan memiliki 500 Karyawan, kemudian Kamu dipanggil untuk interview di perusahaan tersebut. Nah sebisa mungkin Rekruter mengatur bagaimana supaya calon Karyawan tidak merusak sebuah sistem dari 500 Karyawan tersebut. 

Karena dari 500 Karyawan tersebut, sudah dipastikan ada yang sudah bekerja lebih lama atau posisinya lebih tinggi daripada karyawan yang baru saja masuk.

Selanjutnya, dengan range gaji sekian, perusahaan atau manajemen harus memikirkan supaya antara Karyawan lama dengan karyawan baru tidak tumpang tindih.

Maksudnya adalah pihak manajemen perusahaan memiliki tugas untuk menyesuaikan gaji masing-masing karyawan, baik yang lama ataupun yang baru. Supaya terhindar dari kesenjangan sosial.

Baik, jika Kamu sudah memahami alasan kenapa manajemen perusahaan memiliki standar range gaji terhadap karyawan, Admin akan memberikan tips bagaimana cara negosiasi gaji supaya mudah diterima oleh HRD.


Cara Negosiasi Gaji

Admin akan memberikan sebuah contoh percakapan antara rekruter dengan kandidat dalam negosiasi gaji.


Rekruter:

"Baik untuk gaji, Kami bisa tawarkan di angka 5 juta per bulan. Bagaimana, apakah Kamu setuju?".


Tenang, kalau Kamu merasa gaji yang ditawarkan belum sesuai. Kamu bisa menjawab seperti ini:


Kandidat:

"Terima kasih sebelumnya atas penawarannya, Bu. Tapi mohon izin, penawaran tersebut lebih rendah dari range yang Saya ajukan sebelumnya di 6 - 7,5 juta. Melihat kompetensi yang Saya miliki serta range pasar untuk posisi ini di angka 6,5 juta apakah mungkin untuk bisa dipertimbangkan kembali?".


Rekruter:

"Karena melihat budget yang Kami miliki, penawaran terbaik yang bisa Kami ajukan di angka 5,5 juta, bagaimana?".


Nah kalau dibilang seperti itu, Kamu hanya perlu memilih dan menentukan kalau Kamu bersedia, bisa langsung setuju atau kalau kurang pas tapi tidak mau melewatkan kesempatan, Kamu juga bisa menjawab seperti ini:


Kandidat:

"Baik bu, Saya setuju. Jika memungkinkan apa boleh Saya mendapat review ulang kompensasi saat penilaian Performa dalam 6 bulan nanti? Karena Saya percara kompetensi yang Saya punya bisa berkontribusi besar untuk Perusahaan".


Rekruter:

"Baik, itu boleh juga".


Itulah sedikit tips atau cara negosiasi gaji saat interview kerja. Terimakasih yang sudah baca, semoga artikel ini bermanfaat.


Sumber:

Eza Hazami

Vina Muliana

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url