Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah


Contoh Pidato Perpisahan Sekolah – Berikut ini, Saya akan memberikan sebuah contoh Pidato ketika Perpisahan Sekolah. Narasi yang ditujukan untuk Siswa dari Guru.


Bismillahirrohmanirrohim.

Assalamu’alaikum wr.wb.


Selamat pagi kepada Bapak Kepala Sekolah beserta Wakil Kepala Sekolah yang saya hormati, rekan-rekan saya, dan siswa-siswa yang saya sayangi. 


Hari ini merupakan hari yang spesial ketika kami mempersembahkan sebuah pesta perpisahan kepada siswa kami kelas 12 angkatan 2023 .


Hari ini tanggal 10 Juli, kami berkumpul disini untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seluruh siswa yang telah menghabiskan hampir 12 tahun di sekolah ini. Mereka telah menunggu bertahun-tahun untuk pergi keluar dan masuk ke perguruan tinggi. 

Akhirnya, hari telah tiba di sini untuk menghentikan penantian panjang mereka dan meninggalkan portal sekolah untuk memberi mereka kesempatan memasuki dunia baru yaitu perguruan tinggi.


Sebagai guru kelas dari siswa kelas 12, saya ingin mengatakan sesuatu tentang apa yang saya rasakan tentang mereka selama 12 tahun. 

Murid-muridku yang Bapak Sayangi, butuh dua belas tahun yang panjang bagi kami dan kalian untuk membentuk kalian demi masa depan yang cerah. Pada suatu waktu guru juga belajar banyak hal bersama dengan murid-muridnya. Jadi Bapak juga melakukan hal yang sama; Bapak melihat masa kecil Bapak dulu yang tumbuh di dalam diri kalian. Untuk menumbuhkan dan membentuk siswa, siswa dan guru harus berusaha dan berjuang bersama dengan kekuatan yang sama.


Siswa menjadi subyek perbuatan guru, sasaran pemikiran guru, dan pujian atas jerih payah guru. Kami memang telah mengajarimu; namun, juga benar bahwa kami juga telah belajar banyak dari kalian semua. 

Namun, itu adalah perjalanan panjang yang dihabiskan dengan sangat cepat hanya karena keinginan kalian untuk melakukan sesuatu yang lebih baik di masa depan. Sekolah ini telah melihat masa kecil dan remaja kalian, dan sekarang kalian terus memasuki tahap kehidupan Dewasa. 

Itu adalah tugas yang sangat sulit bagi kami untuk berurusan dengan Kalian di masa kecil; namun, itu menjadi mudah menuju Kedewasaan kalian. 

Apa yang kami lakukan (baik atau buruk) adalah proses untuk membentuk kalian semua untuk masa depan dan menjadikan kalian manusia yang baik untuk agama, bangsa dan negara.


Itu semua tanggung jawab kami; terkadang, kami mencintai dan menyayangimu, terkadang sarat dengan tugas berat. 

Murid-muridku yang terkasih, Bapak menyarankan kalian semua untuk tidak melihat ke belakang dengan berdiri di depan pintu sekolah ini. Lihat saja ke depan dan teruskan untuk melihat dunia; doa baik kami selalu menyertaimu. Dunia membutuhkan lebih banyak anak muda cerdas seperti kalian, anakku. 

Sukses akan menghampiri kalian; simpan sesuatu dalam pikiran kalian yang selalu benar dalam setiap tindakan, dan jangan pernah lupa bahwa kebenaran menang. Gunakan kekuatan kalian untuk membuat orang lain bahagia dan tidak sedih. 

Jangan pernah menyerah pada situasi buruk apa pun dan pertahankan keyakinan kuat pada diri sendiri. Pergi dan dapatkan nama, ketenaran, dan perbanyaklah penghasilan.

Setelah itu kembalilah kepada Bapak untuk memberi tahu bahwa kami terlibat dalam kisah sukses kalian. 

Bapak ingin berbagi dengan kalian mengenai beberapa kalimat inspirasional yang dikatakan oleh seorang tokoh kelahiran India, yaitu oleh Swami Vivekananda:


“Ambil satu ide. Jadikan satu gagasan itu sebagai hidup Anda—pikirkan, impikan, dan hiduplah dengan gagasan itu. Biarkan otak, otot, saraf, dan setiap bagian tubuh Anda penuh dengan gagasan itu dan tinggalkan gagasan lainnya. Ini adalah jalan menuju kesuksesan.”


Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url