Peran Guru dalam Pendidikan

Peran Guru dalam Pendidikan

Peran Guru dalam Pendidikan - Guru memainkan peran penting dalam pendidikan, terutama dalam kehidupan siswa yang mereka ajar di kelas. Apa yang mendefinisikan seorang guru adalah kemampuannya untuk mengajar siswa dan pengaruh positif pada mereka.


Secara umum, peran seorang guru dalam pendidikan lebih dari sekadar mengajar. Di dunia sekarang ini, mengajar memiliki wajah yang berbeda-beda, dan seorang guru harus menjalankan peran sebagai orang tua eksternal, konselor, pembimbing, panutan, dan seterusnya.


Peran Guru dalam Pendidikan


1. Berbagi ilmu

Pertama, tugas utama seorang guru adalah memberikan pengetahuan, dan itu berasal dari mengajar. Pengajaran biasanya perlu mengikuti kurikulum tertentu dan memastikan bahwa siswa memahami apa yang diajarkan.


Dari peran inilah semua peran guru lainnya berasal, karena jika seorang guru gagal dalam menjalankan tanggung jawab dasarnya untuk memberikan pengetahuan, maka akan sulit untuk memiliki pengaruh lain pada anak.


2. Pemodelan Peran

Meskipun guru tidak melihat diri mereka sebagai panutan, sebenarnya mereka memang demikian. Jumlah waktu yang dihabiskan siswa dengan guru setiap hari atau minggu memungkinkan mereka memiliki tingkat pengaruh tertentu terhadap siswa. Sekarang tergantung pada guru untuk membuat pengaruh ini positif atau negatif.


Menjadi seorang guru lebih dari sekadar mengajar sesuai kurikulum, ini tentang merawat anak. Guru tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi mereka juga membantu dalam pembentukan karakter.


3. Orang Tua Eksternal

Peran seorang guru melampaui rencana pelajaran dan jadwal kerja tertentu. Karena baik siswa maupun guru menghabiskan banyak waktu bersama, guru secara tidak sengaja menjadi orang tua eksternal. Guru dapat menjadi mentor untuk membantu mengarahkan anak ke jalan yang benar. Dalam peran ini, guru dapat mendorong siswa untuk menjadi yang terbaik, dan juga menjadi sumber inspirasi dan nasihat bagi siswa.


4. Mengapa Guru Penting?

Guru penting karena mereka mengubah hidup, menginspirasi mimpi, dan mendorong batas potensi manusia. Tugas seorang guru adalah mengasuh, mengajar, dan membesarkan anak agar menjadi berguna bagi masyarakat. 


Peran guru di kelas, masyarakat, dan dunia pada umumnya telah berubah dari sebelumnya. Seiring waktu, guru diberi kurikulum khusus untuk diikuti dan petunjuk tentang cara mengajarkan kurikulum. 


Saat ini, peran guru telah melampaui mengajar. Peran mereka sekarang melibatkan siswa konseling, mentoring siswa, dan mengajar mereka bagaimana menggunakan dan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan mereka. Guru sekarang mencari cara untuk memengaruhi siswa pada tingkat yang berbeda dan bahkan menginspirasi mereka untuk menjadi lebih dan berbuat lebih banyak.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url