Cara Melacak Riwayat Pengguna di WordPress

Cara Melacak Riwayat Pengguna di WordPress

Cara Melacak History Pengguna di WordPress - Pernahkah Kamu ingin melacak riwayat pengguna di WordPress? Seringkali, ada beberapa pengguna berbeda di sebuah situs web. Namun, Kamu tidak dapat melacak hal-hal yang terjadi dari pengguna ini secara default. Kamu perlu menggunakan semacam plugin yang melacak riwayat pengguna WordPress.


Nah, sekarang Kamu bisa dengan mudah melihat semua perubahan terkini suatu situs dengan menggunakan plugin bernama Simple History. Plugin ini memungkinkan Kamu melacak riwayat WordPress dengan mudah dari beberapa aspek berbeda.


Mengapa Kamu Harus Melacak Riwayat Pengguna di WordPress

Jika Kam adalah pemilik sebuah website, maka Kamu ingin melacak semua peristiwa penting yang terjadi di dashboard admin WordPress . Hal ini terutama berlaku jika Kamu menjalankan situs web yang memiliki banyak pengguna yang melakukan hal berbeda.


Melacak semua perubahan terkini memungkinkan Kamu melihat pengguna mana yang melakukan fungsi apa. Jika terjadi kesalahan, Kamu juga dapat melacak riwayat untuk melihat apa yang mungkin terjadi.


Selain itu, dengan plugin solid yang melacak riwayat pengguna, Kamu dapat melacak hampir semua hal yang terjadi di situs, tidak hanya saat pengguna masuk dan keluar.


Mari kita lihat bagaimana Kamu dapat dengan mudah melacak riwayat pengguna di WordPress.


Sejarah Sederhana


Ada plugin hebat yang saya temukan bernama Simple History . Plugin ini menampilkan riwayat pengguna lengkap di situs Kamu. Ini akan memungkinkan Kamu melacak semua peristiwa penting yang terjadi. Plugin ini dikemas penuh dengan fungsionalitas, termasuk:


  • Kemampuan untuk melihat pengguna mana yang menambahkan, memperbarui, atau menghapus postingan atau halaman
  • Lihat siapa yang menambahkan, memperbarui, atau menghapus lampiran
  • Lihat siapa yang menambahkan, memperbarui, atau menghapus taksonomi
  • Lacak pengguna mana yang mengedit komentar
  • Dapatkan info tentang widget yang ditambahkan, diperbarui, dihapus
  • Lihat info tentang plugin yang diaktifkan dan dinonaktifkan
  • Lacak perubahan profil pengguna
  • Lacak semua login pengguna
  • Lihat semua impor dan ekspor data serta pengeditan menu


Pada dasarnya, Simple History memungkinkan Kamu melacak semua perubahan terkini di WordPress untuk hampir semua hal yang bisa dibayangkan. Plugin ini ringan dan sangat mudah diatur dan digunakan.


Instal dan Aktifkan Plugin Simple History

Untuk melacak riwayat pengguna di WordPress, Kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Simple History. Kamu dapat melakukan ini dari halaman plugin di dasbord website.


Setelah plugin diinstal dan diaktifkan, klik Pengaturan > Simple History. Ini terletak di menu sebelah kiri dasbord website Kamu. Melakukannya akan membawa Kamu ke halaman pengaturan plugin dan Kamu bisa segera melakukan konfigurasi.


Lacak Riwayat Pengguna WordPress

Sekarang Kamu berada di halaman pengaturan, mari kita lihat sekilas pengaturannya. Kamu akan melihat tiga tab utama di halaman ini, diantaranya yaitu:


  • Pengaturan
  • Ekspor
  • Men-debug


Pengaturan 


Ada beberapa hal sederhana yang dapat dipilih di tab pengaturan. Silakan jalankan ini dan konfigurasikan pengaturan plugin sesuai keinginan Kamu.


Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan semua pilihan konfigurasi Kamu.


Ekspor


Tab “Ekspor” memungkinkan Kamu mengekspor riwayat pengguna WordPress secara lengkap. Kamu dapat melakukannya dalam format JSON atau CSV.


Misalnya, Kamu dapat membuat spreadsheet sendiri menggunakan data riwayat di file CSV.


Men-debug


Tab “Debug” menunjukkan kepada Kamu semua yang terjadi dengan plugin dan akan memberi Kamu saran untuk situasi debug yang mungkin timbul.


Dengan kata lain, ini bisa sangat membantu saat memecahkan masalah plugin.


Cara Melihat Riwayat Pengguna di WordPress

Kam dapat melihat riwayat pengguna WordPress dengan dua cara berdasarkan opsi yang Kamu pilih di pengaturan. Diantaranya yaitu:


  • Di dasbor
  • Sebagai halaman di bawah menu dashboard


Dalam skenario ini kita akan melihat riwayat pengguna di WordPress dari dashboard. Klik Dasbor > Simple History.


Dari sini Kamu akan melihat beberapa opsi pencarian. Kamu dapat melihat semua perubahan terkini di WordPress di sini karena perubahan tersebut akan dicantumkan di bawah opsi pencarian.


Atau, Kamu dapat menggunakan kolom pencarian untuk mempersempit fungsi tertentu ke tanggal, kata kunci, pengguna, dan tingkat log tertentu.


Sekarang, jika Kamu gulir ke bawah, Kamu akan melihat daftar semua perubahan WordPress yang terjadi, baik berdasarkan pengaturan pencarian default atau dicantumkan berdasarkan kriteria pencarian yang Kamu masukkan.


Sekarang Kamu telah berhasil melacak semua riwayat pengguna di WordPress.


Kesimpulan

Melacak perubahan WordPress adalah aspek penting dalam menjalankan situs web. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Kamu bekerja dengan WordPress, tetapi sekarang Kamu memiliki pilihan bagus untuk melacak semua riwayat pengguna WordPress. Ini akan sangat membantu kamu jika Kamu memiliki banyak pengguna di situs web Kamu.


Sudahkah Kamu mencoba melacak riwayat pengguna di WordPress menggunakan plugin ini? Atau Kamu membiarkan aktivitas apapun terjadi? Coba share di kolom komentar ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url