Prosedur Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Kabupaten Tasikmalaya

Prosedur Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Kabupaten Tasikmalaya
Prosedur Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Kabupaten Tasikmalaya

    Prosedur Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Kabupaten Tasikmalaya - Perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) setiap menginjak ditahun ke 5 dan penggantian plat nomor polisi merupakan kewajiban semua pemilik kendaraan di Indonesia. Apabila Kamu dengan sengaja tidak melakukannya, maka akan dikenakan denda.

Berikut merupakan syarat untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan di Kantor Samsat Kabupaten Tasikmalaya.


Syarat Perpanjangan STNK 5 Tahunan

    Jangan khawatir, proses perpanjang STNK tidaklah rumit. Supaya tidak bolak-balik saat proses perpanjang STNK, pastikan Kamu telah menyiapkan dan membawa dokumen-dokumen penting di bawah ini:

  1. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang asli dan fotokopi.
  2. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang asli dan difotokopi.
  3. KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli pemilik dari kendaraan sesuai dengan BPKB dan STNK dan difotokopi.
  4. Formulir permohonan perpanjangan STNK yang telah diisi.


Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan di Kantor Samsat Kabupaten Tasikmalaya

    Untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan, silakan untuk langsung datang ke kantor Samsat Kabupaten Tasikmalaya, yang beralamat di Jl. Raya Papayan, Sirnajaya, Kec. Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46183

  • Sebelum berangkat, silakan pelajari terlebih dahulu langkah-langkah yang akan Saya bagikan, supaya prosesnya berjalan lancar.
  • Datang ke kantor Samsat Kabupaten Tasikmalaya. Jangan lupa untuk membawa kendaraan yang akan diperpanjang STNK nya, karena nanti akan dilakukan cek fisik.
  • Daftarkan kendaraan untuk dilakukan cek fisik.

Area Cek Fisik Ranmor

  • Kemudian tunggu legalisir hasil cek fisik kendaraan bermotor.
  • Ketika kamu sudah melakukan legalisir hasil cek fisik, silakan masuk ke kantor Samsat dan berikan semua berkas ke loket Progresif.
Loket Progresif

  • Nanti kamu akan diminta untuk mengisi formulir. 
  • Setelah formular diisi, silakan duduk di kursi depan kasir. Karena nanti kamu akan dipanggil untuk melakukan pembayaran perpanjangan STNK. Untuk pembayarannya terdapat kasir 1 dan kasir 2, yang artinya Kamu bisa melakukan pembayaran perpanjang STNK secara tunai dan non tunai.

Loket Kasir

  • Lalu, tunggu sebentar untuk penerbitan STNK dan untuk plat nomor baru, bisa didapatkan di ruang belakang, dengan menyerahkan STNK untuk melihat plat nomor.

Demikian informasi prosedur untuk perpanjangan STNK 5 tahunan di Kantor Samsat Kabupaten Tasikmalaya. Semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url