Skip to main content

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat interview Kerja

karir
Karir


Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat interview Kerja - Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview kerja, coba kamu pahami dulu prinsip-prinsip yang bisa kamu terapkan. Agar nantinya kamu tidak meng-copy paste terhadap kalimat yang setelah ini saya akan jelaskan, jadi kamu bisa mengimprovisasi kalimat sesuai dengan karakter kamu sendiri.

 

Prinsip yang pertama yaitu jujur.

 

Ya, kamu jangan pernah melebih-lebihkan apa yang sebenarnya tidak kamu capai. Contohnya, kamu bilang bahwa IPK kamu 4 padahal IPK kamu 2,7, terus kamu mengatakan selalu melakukan hal yang rutin, suka berkonsentrasi dalam satu hal. Jangan pernah!

 

Karena pada artikel ini kita akan sama-sama belajar untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan yang ideal bukan semata-mata yang penting mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan uang, bukan seperti itu. Tapi, kita belajar untuk mendapatkan apa yang kita mau dan apa yang cocok buat kita.

 

Prinsip yang kedua yaitu jawab dengan cerdas.

 

Setelah kita mengetahui prinsip yang pertama yaitu jujur, bukan berarti kamu menjawab dengan jawaban yang polos ya, tapi yang paling penting kamu jawabnya dengan jawaban yang cerdas. Dalam artian, kamu bisa memainkan kata-kata .

 

Prinsip yang ketiga yaitu hindari kata filler.

 

Kata-kata filler itu misalnya kamu kelihatan seperti mikirnya lama, akhirnya jadi jawab dengan memulai kata “hmmm..., euuhhhh,”. Coba untuk belajar menghindari kata-kata seperti itu! Karena, kalau misalkan kamu menjawab dengan kata-kata seperti itu, itu menunjukkan bahwa kamu ragu dengan jawaban kamu dan terlihat bahwa kamu tidak mempersiapkan jawaban.

 

Prinsip yang keempat yaitu hindari kata mungkin.

 

Yang keempat hindari kata-kata mungkin, karena jika kamu mengatakan kata mungkin, itu menunjukkan bahwa kamu ragu.

 

Prinsip yang kelima yaitu mulai dari kelebihan.

 

Karena perusahaan itu mencari suatu kelebihan bukan kekurangan dan perusahaan juga nantinya akan tahu, orang dengan kelebihan seperti ini cocoknya berada dibagian apa atau diposisi ini dengan kelebihannya apa.

 

Prinsip keenam yaitu beri 3 pilihan.

 

Dan yang terakhir coba beri minimal 3 kelebihan dan 3 kekurangan. Manfaat dengan memberikan 3 kelebihan yaitu nantinya biar ada beberapa pilihan.


Sekarang, yuk simak cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja!

 

Kelebihan:

 

Menjawab kelebihan berdasarkan sifat untuk posisi sales.

 

“Baik pak terimakasih atas kesempatannya, Saya suka sekali bersosialisasi dengan oranglain, saya juga suka membina relationship, memfollow up orang-orang yang sudah menjalin relationship dengan saya, bernegosiasi dengan orang dan yang paling saya suka adalah dari dulu saya suka dengan berjualan, saya suka sekali proses dimana terjadinya proses tawar menawar harga.”

 

Posisi programmer

 

“Kelebihan saya adalah suka sekali dengan yang namanya bahasa pemrograman, maka dari itu saya banyak belajar tentang hal tersebut. Saya dalam melakukan pekerjaan tentang bahasa pemrograman, saya bisa benar-benar fokus dan konsisten. Bahkan saya menghabiskan banyak waktu berjam-jam dalam memprogram ulang sebuah aplikasi.

 

Contohnya, dulu saya pernah mendapatkan projek dari dosen pembimbing saya untuk menyelesaikan sebuah aplikasi dan diberikan deadline selama 3 bulan. Tetapi, saya dapat menyelesaikannya dalam waktu 2,5 bulan. Karena saya fokus sekali ketika saya bertemu dengan yang namanya coding dan saya benar-benar konsisten pak.”

 

Kekurangan:

 

Tips untuk menjawab kekurangan adalah dengan memberitahu kekurangan yang tidak berkaitan dengan posisi yang kita lamar.

Misalnya, kamu melamar pada posisi programmer. Dan programmer membuatmu menjadi lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Nah kamu bisa jawab seperti ini:

“kekurangan saya adalah suka dianggap jutek oleh orang disekeliling saya,jikalau saya sedang bekerja pak.”

 

“kekurangan saya yaitu dalam berbahasa asing pak, seperti bahasa inggris. Tetapi dalam mengatasi kekurangan saya ini pak, saya belajar memahami bahasa inggris dengan menonton video tutorial di youtube yang menggunakan bahasa inggris dan menonton film luar negeri tanpa menggunakan subtitle pak.”

 

Jadi, itulah cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview kerja. Ini sesuai dengan pengalaman, dan saya mencoba untuk berbagi kepada teman-teman semuanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar