Skip to main content

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja untuk Fresh Graduate

wanita


Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja untuk Fresh Graduate


1. Profil Diri


Nah untuk yang pertama, untuk mejelaskan diri kepada HRD. Kamu bisa langsung menceritakan tentang diri kamu. Poin-poinnya adalah: 

a. sebutkan dulu nama kamu.

b. sebutkan nama panggilan. Maksudnya, agar HRD lebih enak manggil kamu dengan nama panggilan.

c. sebutkan dimana kamu tinggal. Ini sangat penting untuk HRD. Karena, apabila dia sudah tahu dimana kamu tinggal, dia bisa menghitung jarak apabila merasa kejauhan dari tempat tinggal kamu ke kantor.

d. sebutkan juga umur. Banyak sekali para pelamar kerja yang saat memperkenalkan diri, mereka menyebutkan tempat tanggal lahir. Sebaiknya langsung saja sebutkan umur, jangan sampai membuat HRD menghitung dari tahun sekarang dikurangi tahun kamu lahir. Ini sesuai dengan pengalaman saya.

 

2. Pendidikan


Setelah kamu menjelaskan mengenai profil diri, sekarang saatnya kamu masuk ke bidang kompetensi. Yang pertama kali harus kamu beri tahu adalah pendidikan. Karena ini merupakan cara untuk memperkenalkan diri saat interview kerja khusus untuk yang fresh graduate. Jadi, satu-satunya “senjata” kamu yang paling utama itu adalah pendidikan.


Lalu bagaimana cara menjelaskannnya?

Yang pertama, apabila kamu adalah lulusan S1, kamu tidak perlu menjelaskan SMP, SD, TK. Kamu hanya bilang saja SMA kamu dimana kemudian kuliah kamu dimana.


Tetapi untuk lulusan SMA/SMK, kamu cukup menjelaskan SMA/SMK kamu dimana. Tidak perlu kamu jelaskan dari awal sampai akhir perjalanan pendidikanmu.


Terus untuk lulusan S2 tapi fresh graduate, kamu cukup menjelaskan dari S1 nya saja. Tetapi, urutan yang dijelaskan itu dimulai dari pendidikan yang paling terakhir.


Kemudian, kamu jangan lupa untuk menyebutkan jurusan dan konsentrasi yang diambil selama masa pendidikan. Kamu juga bisa menyebutkan skripsi kamu apa, dengan catatan ambil saja garis besar dari skripsi yang kamu teliti.

 

3. Pengalaman Organisasi


Setelah kamu menjelaskan tentang Pendidikan, kamu juga perlu menjelaskan mengenai pengalaman organisasi. Organisasi yang harus kamu jelaskan adalah organisasi yang sejalan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya, kamu pernah mengikuti organisasi atau komunitas fotografi, sebutkan bahwa kamu pernah mengikuti kepanitiaan dalam event yang dulu kamu ikuti. Itu contoh pengalaman organisasi apabila kamu melamar pekerjaan di bidang konten kreator.


Kelebihan dari pelamar kerja yang sebelumnya sudah mengikuti kepanitian dalam organisasinya, itu artinya si pelamar kerja sudah memiliki pengalaman untuk bekerja sama dalam tim.


Setelah itu, jangan lupa untuk menjelaskan tentang job desk kamu apa saja dalam kepanitiaan yang kamu ikuti. Terus, untuk yang lulusan SMA atau SMK yang pernah mengikuti organisasi atau pensi, bisa menyebutkan juga jobdesk dari kepanitiaan yang kamu ikuti dalam sebuah acara di sekolah.

 

4. Kelebihan dan Kekurangan


Untuk mengetahui cara menjawab kelebihan dan kekurangan, kamu bisa membaca artikel berikut ini.

Baca juga:

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat interview Kerja


5. Prestasi


Pada poin ini yang sering dilupakan oleh para pelamar kerja. Kamu wajib untuk menyebutkan prestasimu apa saja. Karena kebanyakkan mahasiswa itu kuliah pulang alias kupu-kupu. Nah kalau misalnya kamu mengikuti aktivitas perlombaan, membuat jurnal, itu juga harus kamu sebutkan dalam perkenalan saat wawancara kerja. Karena itu merupakan prestasi yang nantinya akan menjadi nilai plus.

 

6. Interest atau Hobi


Interest itu maksudnya kegiatan apa saja yang menjadi ketertarikan kamu. Misalnya kamu suka menulis cerpen di blog dan olahraga. Itu penting, karena HRD nantinya bisa melihat bahwa kamu merupakan orang yang produktif dan bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Terimakasih banyak sudah membaca artikel cara memperkenalkan diri saat interview kerja untuk fresh graduate. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat buat kamu semua, apabila kamu rasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk komen dan share artikel ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar