Skip to main content

Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa di Copy

microsoft-word
Microsoft Word


RENDIRIANSYAH.COM - Cara mengunci word agar tidak bisa di copy | Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk mengamankan file word kita agar tidak dapat dicopy oleh oranglain. Caranya cukup mudah. Kamu dapat mengikuti Langkah-langkah dibawah ini dengan baik dan benar.

 

Hal ini dapat kamu lakukan, supaya data word kamu tetap aman dari plagiat oranglain. Kecuali orang yang berniat untuk mencontek hasil tugasmu, dengan suka rela menulis ulang. Tentu itu akan membuatnya merasa jenuh dan memberikan motivasi bahwa daripada orang tersebut mencontek hasil tugasmu, kemungkinan besar dia akan berpikir, lebih baik mengerjakan sendiri sesuai dengan jawabannya.

 

Microsoft word yang saya gunakan menggunakan Microsoft office 2016. Meskipun begitu, Kamu dapat mengikuti Langkah-langkahnya sesuai dengan tutorial dibawah ini. Apabila ada perbedaan fitur, mungkin itu dari segi penempatan fiturnya saja. Baik, langsung saja ke tutorialnya.

 

Cara mengunci word agar tidak bisa di copy

 

Pertama, Kamu buka file word yang ingin kamu kunci, setelah itu klik tab Review.



Kedua, pilih Restrict Editing. Dengan Kamu mengklik button ini, itu artinya kamu membatasi orang lain untuk kembali melakukan perubahan pada file word yang sudah kamu kerjakan.



Ketiga, beri tanda ceklis pada poin yang kedua, yaitu Allow only this type of editing in the document: No changes (Read only). Artinya, kamu menyetujui bahwa dokumen tersebut hanya dapat dibaca saja.



Langkah keempat, klik Yes, Start Enforcing Protection pada poin ke 3. Sekarang kamu dapat memulai untuk menerapkan perlindungan terhadap isi dokumenmu.




Langkah yang kelima adalah memasukkan password, bertujuan untuk megunci dokumen dan nantinya dokumen tersebut tidak dapat disalin oleh oranglain.




Langkah yang keenam, klik Ok dan jangan lupa untuk menyimpan file dokumen tersebut.

Untuk menguji, silakan untuk mencoba copy paste dokumennya, dijamin berhasil dan dokumen kamu tidak akan disalin oleh oranglain.

 

Demikian cara mengunci file word agar tidak bisa dicopy. Tutorial tersebut sangat mudah untuk dipraktekan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mudah untuk dipahami. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar, sesuai tema yang sedang dibahas pada artikel ini. Komentar yang mengikutsertakan link, tidak akan dipublikasikan.








Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar