Skip to main content

Cara Perawatan PC



Cara Perawatan PC


Cara Perawatan PC - Untuk pertemuan yang pertama, Saya akan menjelaskan langkah-langkah Perawatan PC. Penjelasan ini khusus untuk materi TKJ Kelas 10. Sebelum melakukan perawatan PC, ada baiknya jika Kalian menyiapkan langkah-langkah perawatan sebagai berikut:

1. Mempersiapkan perkakas bantu.
2. Melakukan perawatan PC.
3. Memeriksa hasil perawatan PC.
4. Melakukan tindakan korektif.


1. Mempersiapkan Perkakas Bantu

Sebagaimana perawatan dan perbaikan periferal, alat bantu yang digunakan untuk perawatan PC antara lain obeng, tang, kuas, kain kering atau tisu dan cairan pembersih, mini air compressor, dan lain-lain. Disamping itu, khusus untuk membersihkan floppy disk dan CD ROM, kita perlu mempersiapkan disk cleaner dan CD Cleaner. Disk Cleaner berfungsi untuk membersihkan mata head baca tulis pada floopy disk dari debu dan kotoran dengan cara menggosoknya.

Sementara itu, CD Cleaner digunakan untuk qmembersihkan optik lensa CD drive dengan cara menggosoknya memanfaatkan putaran. Prinsip kerja CD Cleaner mirip dengan disk cleaner tetapi pada piringan pembersih CD Cleaner terdapat semacam kuas.

Catatan: Untuk keselamatan kerja, disarankan mengenakan masker penutup hidung agar debu dan kotoran yang beterbangan tidak terhirup ketika meniup-niup debu pada komponen.


2. Melakukan Perawatan PC

  • Pertama, matikan PC dan cabut semua kabel yang terhubung ke CPU. Jika kabel yang terhubung sangat banyak, disarankan memberi tanda pada kabel dan port-nya, sehingga kita tidak merasa bingung ketika akan memasangkan kembali.
  • Gelarlah koran bekas di atas meja kerja agar tidak terjadi goresan.
  • Pastikan lokasi kerja berdekatan dengan outlet catu daya.
  • Letakkan semua alat bantu pada jarak yang mudah dijangkau, sehingga tidak perlu berjalan-jalan untuk mencari peralatan yang dibutuhkan.
  • Bukalah penutup casing dengan membuka baut sekrup yang mengunci penutup casing dan simpan di tempat yang aman.
Hati-hati terhadap listrik statis yang berada pada tubuh kita, karena dapat merusak komponen-komponen PC. Sering-seringlah menyentuh logam casing. Jika memungkinkan, gunakan gelang khusus yang diikatkan pada tangan dan casing agar proses pembuangan listrik statis berjalan sempurna.


a. Casing

Casing merupakan tempat pelindung dan melekatnya komponen-komponen PC. Umumnya, permasalahan yang menimpa casing adalah berkumpulnya debu-debu yang melekat, terutama pada fan pendingin. Debu-debu tersebut dapat mengganggu ventilasi udara sehingga dapat mempengaruhi kinerja komputer.

Di samping itu, tidak menutup kemungkinan adanya sarang-sarang serangga atau bahkan bangkai serangga yang mati di dalam casing.

Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan perawatan casing.

  1. Gunakan kuas atau penyedot debu mini. Bersihkan hingga sudut-sudut casing, dengan menggunakan ujung sikat vacum cleaner yang sesuai. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan mini air compressor yang berbentuk tool.
  2. Lepaskan fan dari tempatnya, sehingga proses pembersihan menjadi lebih sempurna.
  3. Gunakan cairan pembersih jika debu pada fan melekat cukup kuat dengan menggunakan cotton buds.
  4. Masalah lainnya adalah untaian kabel-kabel yang terurai. Ikatlah dengan pengikat khusus dan aturlah sehingga rapi serta tidak menghalangi ventilasi udara.
  5. Periksa lampu indikator dan tombol sakelar di depan casing dan pastikan masih berfungsi dengan baik.
  6. Periksa juga bingkai I/O Port dan pastikan terpasang dengan baik. Jangan biarkan tidak terpasang atau lubang besar menganga guna mencegah tikus atau serangga masuk ke dalamnya.
  7. Langkah terakhir, bersihkan badan casing dengan menggunakan kain yang diberi cairan pembersih agar tampak mengilap. Hindari cairan mengenai rangkaian elektronik apapun karena akan memperburuk keadaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar