Skip to main content

Apa Penyebab Kulit Menjadi Kering?

Apa Penyebab Kulit Menjadi Kering


Apa Penyebab Kulit Menjadi Kering - Pada artikel kali ini, Saya akan membahas mengenai faktor-faktor apa saja atau penyebab kulit menjadi kering. Jadi, kulit kering ini adalah kondisi dimana lapisan kulit terluar mengalami kekurangan kelembaban. Bagian tubuh ini yang dapat mengalami kekurangan kelembaban bisa pada bagian wajah, kemudian tangan, maupun kaki. Pada beberapa orang ada yang mengalami di satu daerah saja. Misalnya ada di area wajah saja, lalu ada juga yang hanya mengalami kulit kering di daerah kaki.

Baca juga:

Apa Manfaat Air Hangat untuk Tubuh


Di dalam bahasa medis, disebut juga dengan serosis. Kemudian terdapat 2 penyebab utama, diantaranya:

1. Penyebab Eksternal

Untuk penyebab eksternal sendiri, sudah Saya rangkum seperti berikut ini.

  • Perubahan cuaca

Perubahan cuaca ini akan mempengaruhi kelembaban di udara. Contohnya pada cuaca dingin misalnya, ini akan menyebabkan kelembaban udara menurun dan dapat menyebabkan kulit Kamu menjadi kering.

  • Mandi menggunakan air panas, dengan durasi yang lama

Seperti yang sudah Kamu ketahui, bahwa di lapisan kulit itu terdapat kelenjar minyak. Manfaat dari minyak ini berguna untuk melapisi kulit agar tidak mengalami kekeringan, untuk menjaga kelembaban. Udaranya akan terperangkap disana, tidak cepat menguap. Ketika Kamu mandi menggunakan air panas dengan durasi yang cukup lama, ini yang akan mempengaruhi kelembaban pada kulit Kamu. Sehingga membuat kulit Kamu menjadi lebih cepat kering.

  • Penggunaan sabun yang tidak cocok

Penggunaan sabun, detergen, atau conditioner yang tidak cocok dengan kulit Kamu juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Terlalu sering menggosok badan

Biasanya hal ini digunakan Ketika mandi. Jika kebiasaan terlalu sering menggosok badan menggunakan spons atau batu gosok saat mandi, ini juga dapat mempengaruhi kulit menjadi kering.

  • Sinar matahari

Apabila Kamu yang terlalu lama berjemur dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya. Bahkan dapat mengalami cepat penuaan pada kulit. Sebenarnya, terkena paparan sinar matahari itu baik apabila berjemur di waktu tertentu, seperti berjemur pada waktu pagi hari sekitar jam 7 sampai dengan jam 10, karena butuh juga perlu asupan vitamin D.


Baca juga:

5 Cara Atasi Insomnia Parah


2. Faktor internal

Untuk penyebab eksternal sendiri, sudah Saya rangkum seperti berikut ini.

Bertambah usia produksi minyak juga akan mulai menurun. Kemudian beberapa obat-obatan juga dapat menyebabkan kulit kering atau tubuh mengalami dehidrasi. Contohnya seperti mereka yang menggunakan obat-obatan penurun tekanan darah tinggi, jadi itu akan membuang cairan dalam tubuh. Maka itu juga yang akan membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Kemudian kepada mereka yang mal nutrisi, kekurangan zat gizi, baik itu makro maupun mikro, atau kekurangan protein sebagai bahan pembentuk sel. Kekurangan vitamin, mineral, itu juga dapat membuat kulit menjadi kering.

Lalu bagaimana solusinya?


Solusi Mengatasi Kulit Kering

Hal ini dapat Kamu lakukan di rumah. Tapi ini bukan menjawab 100 % permasalahan Kamu, jika dengan solusi ini belum berhasil, silakan kunjungi dokter kulit.

1. Minum air yang cukup

Mungkin Kamu pernah mendengar informasi mengenai anjuran mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas dalam satu hari dan cobalah mulai dari sekarang untuk rutin minum air. Manfaatnya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, dan menjaga kulit agar tetap lembab.

2. Gunakan pelembab

Solusi yang kedua yaitu Kamu dapat menggunakan pelembab pada kulit setelah mandi. Misalnya pada bagian wajah, bisa menggunakan skincare.

3. Kurangi durasi mandi dengan air hangat atau air panas

Solusi yang ketiga, buat Kamu yang terbiasa menggunakan air hangat Ketika mandi, coba untuk membatasi waktunya. Jadi hindari terlalu lama menggunakan air hangat atau air panas pada saat mandi.

4. Perawatan kulit yang sesuai

Lalu yang keempat, gunakan perawatan tubuh yang sesuai dengan tubuh Kamu. Mulai dari sabun mandi, jangan dilanjutkan dalam penggunaannya, jika pada kulit Kamu menunjukkan sesuatu yang tidak nyaman. Karena bisa jadi, nantinya akan menyebabkan kulit menjadi kering.


Itulah penyebab dan solusi kulit menjadi kering. Informasi ini Saya dapatkan dari narasumber dr. Sungadi, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar