Skip to main content

Cara Mengetahui Model Komputer

Cara Mengetahui Model Komputer


Cara Mengetahui Model Komputer - Ketika Kamu mulai menyalakan laptop, Kamu pasti bisa menemukan dan melihat konfigurasi dasar yang ditampilkan di layar info PC atau Sistem pada Windows. Namun, detail ini tidak lengkap seperti yang akan Kamu dapatkan dari utilitas sistem yang menampilkan akun mendalam tentang detail laptop Kamu terkait dengan konfigurasi sistem. 

Beberapa detail terpenting yang akan Kamu dapatkan dari informasi sistem termasuk model laptop, sistem operasi yang saat ini diinstal dan dijalankan, informasi terperinci tentang komponen perangkat keras seperti drive disk dan perangkat. Semua informasi sistem yang dijalankan dapat diketahui dengan cara menggunakan perintah Windows Run.

Windows telah dilengkapi dengan perintah bawaan yang bisa digunakan untuk mengumpulkan detail konfigurasi komputer atau laptop. Sekarang Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui konfigurasi perangkat Kamu secara rinci.


Cara yang kesatu

Pertama, Kamu harus menekan tombol Windows + R (secara bersamaan) pada keyboard. Maka nanti akan tampil jendela “Run” pada desktop.

Pada jendela Run, ketik “msinfo32” kemudian tekan Enter atau bisa juga dengan klik OK. Jika berhasil, maka akan menampilkan layar seperti berikut ini.

msinfo32


Berdasarkan informasi di atas, menunjukkan semua informasi yang terdapat pada sistem perangkat Kamu. Terlihat informasi mengenai  konfigurasi sistem yang ditampilkan lebih rinci. Pada menu sebelah kiri jendela System Information terdapat daftar kategori seperti Hardware Resources, Components, dan Software Environment. Kemudian di menu sebelah kanan jendela System Information menampilkan deskripsi yang berkaitan dengan semua kategori.

Sebagai contoh, untuk mengetahui informasi mengenai tampilan yang lebih rinci, Kamu dapat klik 2 kali pada menu Components, Kemudian klik Display. Maka akan tampil semua informasi yang berkaitan dengan semua tampilan pada layar.

System Information


Cara yang kedua

Klik icon pencarian pada taskbar, kemudian ketik “system information”, lalu klik OK atau bisa menekan tombol enter pada keyboard. Maka akan langsung tampil semua informasi sistem.

System Information


Cara yang ketiga

Ketik "System summary" pada pencarian, maka akan langsung menampilkan jendela system information. Mulai dari sistem operasi dan versi yang digunakan hingga Mode BIOS yang Kamu gunakan pada laptop atau komputer.

System summary


Cara yang keempat

Klik kanan pada tombol Start, kemudian pilih System. Setelah itu, Kamu akan melihat spesifikasi dari perangkat yang digunakan. Misalnya, jenis Processor, RAM dan spesifikasi dari sistem operasi.

spesifikasi


Cara yang kelima

Gunakan pencarian pada taskbar untuk menemukan System Information. Lalu pergi ke Find What:, nah Kamu dapat langsung mengetik informasi apa yang ingin Kamu ketahui dalam sistem dengan cara lebih singkat. Setelah Kamu sudah menentukan informasi apa yang ingin dicari, klik Find.

Find What


Jadi, itulah Cara Mengetahui Model Komputer/Laptop dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar