Skip to main content

Jawaban Interview Jika ditanya Rencana 5 Tahun Kedepan

Jawaban Interview Jika ditanya Rencana 5 Tahun Kedepan

Jawaban Interview Jika ditanya Rencana 5 Tahun kedepan – Pada tahap penerimaan karyawan atau pegawai baru dalam sebuah Perusahaan, tentunya pihak Staff HRD atau Human Resources Development akan melakukan beberapa tahapan untuk penerimaan karyawan baru.

Mulai dari persyaratan pemberkasan yang bisa dikirim secara online maupun dikirim langsung ke kantor, ini tergantung kebijakan di setiap perusahaan. Kemudian psikotest, hingga proses interview atau wawancara.

Nah, untuk proses wawancara, biasanya Staff HRD akan mempersilakan para kandidat karyawan baru untuk memperkenalkan dirinya. Setelah itu bertanya mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada dirinya sendiri, yaitu untuk calon pegawai baru.

Apa alasan HRD di setiap perusahaan bertanya mengenai kelebihan dan kekurangan dari calon pegawainya?

Karena, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah calon pegawainya ini mengenal dirinya sendiri.

Apabila Kamu belum tahu bagaimana cara memperkenalkan diri atau cara menjawab kelebihan dan kekurangan, bisa baca juga artikel dibawah ini.

Baca juga:

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja untuk Fresh Graduate

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview Kerja

4 Pertanyaan Jebakan Interview HRD


Setelah itu, nanti Kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan mengenai rencana Kamu dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Misalnya, Saya akan beri contoh dengan pertanyaan Jika ditanya apa rencana Kamu dalam waktu 5 tahun ke depan.


1. Ceritakan rencana Kamu

Misalnya seperti ini,

"Fokus saya dalam 1 sampai 2 tahun ke depan ini adalah untuk benar-benar mendalami bidang pekerjaan ini agar 2 sampai dengan 3 tahun setelahnya saya bisa memikul tanggung jawab lebih."

2. Tunjukkan ketertarikan kamu pada pekerjaan

Coba untuk tunjukkan ketertarikan Kamu terhadap pekerjaan yang saat ini Kamu lamar. Kamu bisa memberikan jawaban seperti ini,

"Saya memiliki minat besar, terutama pada industri ini dan potensi ke depannya."

3. Tekankan komitmen pada Perusahaan

Lalu ditambah dengan jawaban seperti ini,

"Dan menurut saya, perusahaan ini merupakan tempat yang tepat untuk mewujudkan hal itu. Karena ada nilai-nilai perusahaan yang terus memotivasi pegawai untuk mengembangkan diri."

Ketiga tahapan tersebut merupakan contoh kalimat yang dapat Kamu jadikan sebagai referensi dalam menjawab pertanyaan "Apa rencana Kamu dalam waktu 5 tahun ke depan?" dalam wawancaran kerja. Ilustrasinya seperti ini:

HRD:

"Apa rencana Kamu dalam waktu 5 tahun ke depan?"

Kamu: 

"Fokus saya dalam 1 sampai 2 tahun ke depan ini adalah untuk benar-benar mendalami bidang pekerjaan ini agar 2 sampai dengan 3 tahun setelahnya saya bisa memikul tanggung jawab lebih. Saya memiliki minat yang besar, terutama pada industri ini dan potensi ke depannya. Serta menurut saya, perusahaan ini merupakan tempat yang tepat untuk mewujudkan hal itu. Karena ada nilai-nilai perusahaan yang terus memotivasi pegawai untuk mengembangkan diri.


Jadi, itulah jawaban yang dapat Saya bagikan dalam artikel ini. Kamu juga dapat modifikasi lagi kalimat diatas agar lebih meyakinkan Staff HRD untuk dapat menerima kamu menjadi karyawan di Perusahaannya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar